Bahaya Maskara yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Bahaya Maskara yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Tampil sempurna dengan makeup sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan kaum hawa. Riasan wajah, mata, dan bibir memerlukan treatment masing-masing agar dapat menonjolkan kelebihan wajah sehingga makeup terlihat sempurna.

Nah, biasanya dalam makeup wanita punya pilihan sendiri untuk menonjolkan bagian wajah yang paling dianggap menarik. Bagian mata misalnya, seringkali menjadi fokus riasan agar membentuk wajah jadi terlihat lebih menarik.

Riasan mata terdiri dari alis, kelopak mata, hingga bulu mata. Pemilihan warna yang tepat bisa membuat mata menjadi lebih hidup. Membentuk alis sesuai bentuk wajah dapat membuat bentuk wajah terlihat lebih ideal. Sedangkan untuk kelopak mata, pemilihan warna biasanya disesuaikan dengan acara yang yang akan dihadiri. Misalnya warna-warna nude untuk gaya kasual atau formal harian. Atau warna-warna bold yang cocok untuk acara pesta agar menampilkan makeup yang lebih hidup. Sedangkan untuk membuat mata terlihat lebih besar bisa menggunakan eyeliner.  Ada banyak bentuk eyeliner dan ini bisa disesuaikan dengan bentuk asli mata kamu.  Sentuhan terakhir pada riasan mata adalah menggunakan maskara untuk membuat bulu mata terlihat lebih panjang dan lentik.

Tampil sempurna dengan riasan mata memang penting, namun tahukah kamu jika sebenarnya riasan berlebihan pada mata dapat membuat penuaan dini? Kulit di sekitar mata lebih lembut dan rentan, sehingga jika tidak dirawat dengan baik bisa menimbulkan garis halus.

Salah satu yang disarankan untuk tidak digunakan dalam riasan mata setiap hari adalah maskara. Ternyata penggunaan alat makeup yang satu ini bisa berdampak negatif, lho.

1.  Bulu Mata Rontok
Bulu mata cukup rentan rontok sehingga penggunaan maskara setiap hari juga tidak baik untuk kesehatan bulu mata. Terutama untuk maskara waterproof, maskara ini mengandung bahan yang kurang lembab sehingga membuat bulu mata jadi kaku dan mudah rontok. Apalagi momen ketika kamu membersihkan sisa maskara dari bulu mata. Kamu perlu pembersih khusus yang lembut digunakan agar tidak perlu menggosok mata dengan keras. Bisa jadi, kamu mengalami kerontokan bulu mata jika rutinitas ini terjadi terus menerus.

2.  Warna Bulu Mata
Kamu mungkin enggak sadar kalau penggunaan maskara bisa membuat warna bulu mata tidak sehitam biasanya. Efek bahan kimia pada maskara membuat bulu mata kehilangan warna alaminya.

3.  Bakteri
Kalau kamu menggunakan maskara, jangan melewatkan kebiasaan membersihkan wajah secara rutin. Kalau ini terjadi, kamu bisa membuat mata infeksi lantaran bakteri dari debu polusi yang menempel di maskara bisa masuk ke mata. Akibatnya, kelopak mata jadi  mudah gatal dan kering. Bahkan dalam beberapa kasus bisa muncul benjolan atau alergi di kelopak mata.

Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara kamu membersihkan makeup. Untuk acara sehari-hari gunakan makeup yang ringan sehingga kamu enggak perlu ribet membersihkan wajah setiap kali usai menggunakan makeup, ya.

Jika ada masalah kesehatan yang mengganggu kamu, sebaiknya langsung hubungi dokter atau ahli yang bisa membantu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter jika kamu mengalami masalah kesehatan. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan di Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.