16 July 2018

Bahaya TBC pada ibu Hamil

bahaya TBC, TBC pada Ibu Hamil, TBC mengancam Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Cuaca yang saat ini tidak menentu terkadang menjadi salah satu faktor yang membuat virus seperti tuberkulosis meningkat sangat tajam. Selain itu, penyakit TBC nyatanya juga mudah menyerang orang-orang yang memiliki imun yang rendah atau orang yang memiliki kondisi fisik dan juga kondisi kesehatan yang menurun.

Baca juga: Hati-Hati Risiko Ibu Hamil Tularkan Herpes ke Janin

Semua orang memungkinkan untuk terserang virus TBC, termasuk ibu hamil yang memiliki kondisi kesehatan kurang baik. TBC sendiri adalah penyakit menular yang menyerang paru-paru yang diakibatkan oleh infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis. Penularan bisa terjadi melalui air liur penderita yang terpapar melalui batuk melewati udara atau yang sudah menempel pada suatu benda.

Bahaya Ibu TBC untuk Janin

Banyak bahaya yang mengancam ibu hamil jika ibu hamil mengidap penyakit TBC. Jika TBC pada ibu berada di sekitar paru-paru, tentu tidaklah akan berpengaruh besar pada janin yang ibu kandung. Pengobatan TBC pada kehamilan terdiri dari jenis obat tertentu, udara segar dan sikap positif dari ibu.

Dengan rajin mengonsumsi obat yang tentu tidak membahayakan janin, penyakit TBC ibu akan berangsur membaik dan menghilang. Namun berbahaya jika TBC ibu sudah menjangkit organ tubuh lainnya, tentu ibu membutuhkan perawatan medis agar tidak berefek besar pada janin yang ibu kandung.

Jika ibu hamil mengidap TBC, bayi bisa lahir dengan berat badan yang sangat rendah. Dalam kondisi terburuk, jika TBC ibu tertular pada bayi yang sedang dikandung, pertumbuhan bayi akan menjadi lambat. Bahkan, kondisi tersebut bisa mengakibatkan keguguran.

Gejala Ibu Hamil Mengidap TBC

Biasanya, kebanyakan ibu hamil tidak akan menyadari gejala-gejala awal yang disebabkan oleh penyakit TBC, karena gejalanya yang hampir sulit untuk dibedakan dengan penyakit lainnya. Bahkan ada ibu hamil yang tidak mengalami gejala apa pun sampai akhirnya penyakit muncul dan sudah masuk pada tahap yang cukup berbahaya. Berikut adalah beberapa gejala yang perlu ibu hamil waspadai.

  1. Lemas yang berlebihan.
  2. Berat badan ibu hamil selalu menurun dan tidak ada peningkatan yang signifikan.
  3. Batuk yang tidak berhenti dalam waktu yang cukup lama.
  4. Mengalami sesak napas dan dada terasa sangat sesak.
  5. Warna kulit yang semakin pucat.

Menghindari Ibu Hamil dari Penyakit TBC

Banyak cara yang bisa dihindari ibu untuk menghindari penyakit TBC.

  1. Polusi udara dan debu bisa menjadi salah satu faktor penyebab ibu hamil mengidap penyakit TBC, sehingga ada baiknya jika ibu hamil selalu berada dalam lingkungan yang bersih dan tidak terlalu sering terpapar polusi udara. Baik itu asap dari kendaraan bermotor atau pun asap rokok dari lingkungan sekitar. Sebaiknya hindari lingkungan yang memang sekiranya memiliki udara yang kurang baik untuk ibu hamil.
  2. Jika ada anggota keluarga yang sudah terpapar penyakit TBC, sebaiknya ibu hamil tidak tinggal satu rumah atau berdekatan dengan pengidap TBC. Sebab dikhawatirkan penyakit tersebut akan mudah menular.
  3. Usahakan jangan terlalu sering keluar pada malam hari. Nyatanya angin malam tidak terlalu baik untuk kesehatan, apalagi untuk ibu hamil. Hindari aktivitas malam hari di luar rumah. Jangan lupa untuk perbanyak istirahat agar kesehatan selalu dalam kondisi yang optimal.

Baca juga: 5 Kondisi yang Membahayakan Janin

Sebaiknya jika ibu hamil merasa kurang sehat segera konsultasikan ke dokter dan jangan mengonsumsi obat sembarangan. Ibu bisa sampaikan keluhan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!