Bahayakah Polip Hidung Bagi Pernapasan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Bahayakah Polip Hidung Bagi Pernapasan?

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar istilah polip hidung? Kondisi ini merupakan timbulnya jaringan baru di bagian dalam hidung yang menjadi bagian dari saluran pernapasan. Daging ini umumnya memiliki tekstur lunak dan cenderung tidak menimbulkan bahaya serius. Polip hidung terbentuk karena alergi dan bisa tumbuh pada salah satu atau kedua lubang hidung.

Polip bisa dialami oleh siapa saja, terlebih jika kamu termasuk salah satu orang yang berisiko dan rentan mengalaminya. Laki-laki lebih sering terserang gangguan kesehatan ini dibandingkan dengan perempuan, dengan rentang usia mulai dari 40 tahun. Tetapi, beberapa kondisi juga menyebabkan masalah pernapasan ini menyerang usia muda.

Apakah Berbahaya Bagi Pernapasan?

Pada umumnya, polip hidung berukuran kecil cenderung tidak membahayakan dan bersifat jinak. Namun, polip ini bisa berbahaya jika ukurannya lebih besar. Pasalnya, ini menyumbat saluran pernapasan dan mengakibatkan sejumlah masalah lainnya, seperti infeksi pada sinus atau gangguan napas ketika kamu tidur yang bisa disebut sleep apnea.

Baca juga: Inilah 3 Jenis Polip Hidung yang Perlu Diketahui

Sayangnya, belum diketahui dengan penyebab timbulnya jaringan baru dalam lubang hidung kamu. Namun, diyakini mereka yang mengidap asma, cystic fibrosis, dan sensitif terhadap kondisi tertentu rentan mengalami masalah pernapasan ini. Kamu harus tahu polip hidung merupakan penyakit yang diwariskan, sama halnya dengan sinusitis.

Polip hidung sangat mudah menyerang orang-orang yang memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah. Beberapa kondisi menyatakan polip lebih sering terjadi pada pengidap asma dan alergi. Pada sebagian besar kasus, polip hidung akan menyebabkan terjadinya bersin dan pilek sepanjang waktu. Bahkan, sebanyak 75 persen pengidap menyatakan mengalami penurunan indera penciuman dan tidak mampu mencium adanya bau.

Baca juga: Inilah 3 Obat untuk Tangani Polip Hidung Tanpa Operasi

Gejala polip hidung yang mudah dikenali adalah pilek dan bersin sepanjang waktu, hidung berair, tersumbat, sakit kepala, wajah nyeri, gatal pada mata bagian bawah, mendengkur ketika tidur, dan terasa adanya penekanan pada dahi. Jadi, jangan sepelekan gangguan pernapasan ini, karena jika tidak segera ditangani atau mendapatkan perawatan bisa berbahaya bagi saluran pernapasan.

Tindakan Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Nah, jika kamu adalah salah satu yang berisiko mengalami polip hidung, tentu kamu harus segera memeriksakan kondisi ke dokter. Namun, jika kamu ingin mencegah terjadinya masalah napas ini, kamu bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut:

  • Gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan di dalam rumah atau kamar.

  • Cuci tangan menggunakan sabun setiap kali selesai beraktivitas, selesai menggunakan toilet, atau sebelum makan. Jangan lupa, selalu jaga kebersihan rumah dan diri. Ini membantu mencegah infeksi virus maupun bakteri pada tubuh.

  • Jika kamu mudah atau memiliki riwayat alergi, sebisa mungkin hindari semua hal yang menjadi pemicunya, seperti zat kimia tertentu atau debu.

  • Jika kamu memiliki asma atau alergi, segera lakukan pengobatan untuk mencegah terjadinya peradangan yang lebih membahayakan.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Operasi Polip Hidung

Kamu bisa membeli obat asma atau alergi tanpa harus mengunjungi dan mengantre di apotek, terlebih jika apotek lokasinya jauh dari rumah kamu. Bagaimana caranya? Buka saja ponsel kamu dan download aplikasi Halodoc. Aplikasi ini memiliki layanan Beli Obat yang bisa kamu pakai kapan saja, baik membeli obat resep maupun obat generik biasa. Pakai Halodoc yuk!