20 April 2018

Bantu Anak Down Syndrome Tidur Nyenyak dengan Cara Ini!

Bantu Anak Down Syndrome Tidur Nyenyak dengan Cara Ini!

Halodoc, Jakarta — Anak dengan down syndrome biasanya lebih sering mengalami masalah tidur dibandingkan dengan anak-anak lain. Penyebabnya bisa secara fisik maupun psikologis. Secara fisik misalnya karena pembesaran lidah dengan kemampuan otot lemah sehingga memicu sleep apnea dan membuat anak berhenti bernafas sesaat. Kondisi ini membuat merawat anak down syndrome lebih membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra. Agar anak dengan down syndrome bisa tidur nyenyak, bantu mereka dengan cara ini.

  1. Ketahui Penyebab Gangguan Tidurnya

Jika penyebabnya adalah masalah fisik seperti infeksi telinga atau lainnya, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

  1. Tangani Penyebab Gangguan Tidurnya

Setelah tahu penyebab gangguan tidur pada anak, diskusikan dengan dokter langkah yang perlu diambil untuk mengatasinya.

  1. Buat Pola Tidur Rutin

Buatlah pola tidur secara rutin untuk anak dan lakukanlah secara konsisten. Membiasakan anak tidur tepat waktu setiap hari membantu anak mengatasi masalah gangguan tidurnya.

  1. Perhatikan Pola Makan Anak

Makan dan minum terlalu dekat dengan jam tidur akan memengaruhi kualitas tidur si kecil. Hindari juga soft drink yang mengandung kafein dan makanan manis di malam hari agar si kecil bisa tidur dengan nyaman.

  1. Mengatur Aktivitas 

Seperti halnya anak lain, anak dengan down syndrome juga akan mudah tertidur bila lelah. Buatlah aktivitas rutin yang cukup melelahkan, seperti mendongeng, memakai baju tidur, atau menyikat gigi. Lakukan secara konsisten agar anak juga mengenalnya sebagai kegiatan menjelang tidur.

  1. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Buatlah lingkungan tidur yang nyaman bagi anak. Jika anak terlalu sering terbangun, mungkin ruangan tidurnya terlalu dingin, terlalu banyak cahaya, atau ada suara yang mengganggu lainnya.

Nah, jika ibu masih punya pertanyaan tentang merawat anak down syndrome, ibu bisa bertanya kepada para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, ibu juga bisa membeli berbagai kebutuhan medis seperti vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.