• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Usir Stres, Ini 4 Cara Meditasi yang Benar
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Usir Stres, Ini 4 Cara Meditasi yang Benar

Bantu Usir Stres, Ini 4 Cara Meditasi yang Benar

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 November 2022

“Meditasi dapat membantu kamu mengurangi stres yang mengganggu. Namun, kamu perlu melakukannya dengan benar.”

Bantu Usir Stres, Ini 4 Cara Meditasi yang BenarBantu Usir Stres, Ini 4 Cara Meditasi yang Benar

Halodoc, Jakarta – Bagi banyak orang, konsep meditasi menarik, tetapi melakukannya dengan benar mungkin sulit. Meski begitu, ini bisa jadi sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Bermeditasi artinya terlibat dalam pemikiran atau kontemplasi atau merenung. Jadi, kamu bisa saja selama ini sering melakukannya tanpa menyadarinya. Namun, agar hasilnya maksimal, yuk simak tipsnya!

Cara Meditasi yang Benar

Sebenarnya, tidak ada aturan baku dalam melakukan meditasi. Kamu bisa melakukannya dengan duduk bersila, ataupun dalam posisi lainnya. Sebab, pada dasarnya ada banyak metode untuk bermeditasi. 

Namun, jika kamu baru ingin mencoba meditasi untuk atasi stres, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Atur Timer

atur timer

Langkah pertama, aturlah timer untuk satu atau dua menit. Bagi pemula, pastikan kamu tidak mengatur waktu lebih dari 5 menit.

2. Duduk dengan Tenang

Duduk dengan tenang

Temukan tempat yang nyaman untuk duduk. Bisa di kursi atau sofa, di lantai, atau di atas bantal. Jika kamu sedang duduk di atas kursi atau sofa yang memiliki sandaran, geser tubuh ke depan sehingga punggung tidak menyentuhnya. 

Ini akan membantu kamu tetap duduk dengan tegak selama meditasi. Meski bebas di mana saja dan dalam posisi apa saja, jangan berbaring, karena kamu mungkin tertidur.

3. Tutup Mata dan Atur Napas

tutup mata dan atur napas

Setelah menemukan posisi duduk yang nyaman dan berhasil menenangkan diri, tutuplah kedua mata. Lalu, fokus dan perhatikan pernapasan kamu. Perhatikan bagaimana rasanya menghirup dan menghembuskan napas.

Dalam beberapa menit, pikiran mungkin akan mulai mengembara. Ketika kamu menyadarinya, kembalikan fokus dan perhatian pada pernapasan.

4. Meditasi Selesai

meditasi selesai

Setelah timer berbunyi, sesi meditasi selesai. Bukalah mata secara perlahan. Luangkan waktu sejenak dan perhatikan suara apa pun di sekitar. Perhatikan bagaimana perasaan dan tubuh, serta pikiran dan emosi kamu saat ini.

Itulah pembahasan mengenai cara melakukan meditasi. Jika kamu membutuhkan bantuan ahlinya terkait masalah kesehatan mental, download Halodoc saja untuk berbicara dengan psikolog atau psikiater melalui chat.

Baca Juga:

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Mindful. Diakses pada 2022. How to Meditate.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. How to Do Meditation.