Baru 19 Tahun, Ini Tips Lincah ala Kylian Mbappe

kylian mbappe, piala dunia, lincah seperti pemain bola
OLAHRAGA 09 July 2018

Halodoc, Jakarta – Selain pemain-pemain kenamaan dari timnas raksasa seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo, piala dunia 2018 di Rusia juga menyimpan cerita lain. Pasalnya, pada ajang ini, seorang bintan muda juga ikut menjadi sorotan dunia. Yaitu pemain dari kesebelasan Prancis, Kylian Mbappe.

Di usianya yang masih sangat muda, yaitu 19 tahun, Mbappe sukses menunjukkan kemampuannya bermain sepak bola. Bahkan kabarnya, kelincahan dan bakat pemain muda ini sudah mulai menarik perhatian sejumlah klub sepak bola besar, salah satu yang paling santer diberitakan mengincar Mbappe adalah Real Madrid.

Banyak pemberitaan yang menyebut bahwa Real Madrid sudah mulai membuka tawaran untuk Mbappe. Namun pemberitaan tersebut dibantah oleh pihak klub. Kendati demikian, pesona dan kelincahan Mbappe sama sekali tidak pudar. Apalagi setelah perannya dalam mencetak gol kemenangan saat melawan Argentina.

Nyatanya kelincahan adalah salah satu nilai plus yang sebaiknya dimiliki oleh atlet, terutama pemain bola. Dan ternyata, tidak dibutuhkan latihan yang terlalu sulit untuk mendapatkan kaki yang lincah, lho. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk simak jenis olahraga yang bisa membuat kaki lebih lincah!

Baca juga: Makanan Peningkat Stamina biar Kuat Seperti Pemain Bola

Coba Latihan Interval

Salah satu cara meningkatkan kelincahan adalah dengan melakukan latihan interval. Yaitu sebuah metode fisik yang mengutamakan pergantian intensitas olahraga. Maksudnya, saat melakukan satu sesi olahraga, gerakan yang dilakukan adalah kombinasi dari intensitas berat, sedang, dan ringan. Seluruh gerakan olahraga tersebut dilakukan bergantian dalam waktu yang sama.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dikategorikan sebagai latihan interval. Yaitu lari, berenang, hingga bersepeda. Terbiasa melakukan latihan interval berguna untuk mengganti intensitas fisik selama mengejar bola di lapangan. Pemain bola harus bisa menyesuaikan kecepatan lari saat mengejar bola atau saat akan melakukan tembakan ke arah gawang.

Tak hanya itu, latihan interval juga bisa menjaga stamina dan melatih ketahanan otot. Terutama otot pada bagian kaki, sehingga risiko cedera saat bermain pun lebih kecil. Apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk melatih kelincahan kaki?

Baca juga: Intip 3 Menu Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Profesional

 

  • Jogging dan Sprint

 

Latihan ini dimulai dengan melakukan jogging seperti biasa selama kurang lebih dua sampai tiga menit. Kemudian, secara perlahan tingkatkan kecepatan lari. Tingkatkan terus sampai berubah menjadi lari sprint, pertahankan selama 30 detik. Setelah itu, turunkan kembali kecepatan sampai seperti jogging dan tahan 30 detik sebelum kembali meningkatkan kecepatan. Ulangi hingga sepuluh sampai lima belas menit.

 

  • Lari Zig-zag

 

Salah satu yang bisa dicoba adalah berlari dengan rintangan. Cobalah untuk menaruh rintangan kemudian berlari zig-zag sambil menggiring bola. Buatlah batasan jarak yang ingin dilewati kemudian susun rintangan dalam jarak yang konsisten. Misalnya, letakkan 10 cone atau tiang dengan jarak masing-masing sekitar setengah meter.

Latihan ini bertujuan untuk melatih ketangkasan dan kelincahan kaki dalam berlari. Agar lebih menantang, lakukanlah sambil menggiring bola.

 

  • Bersepeda

 

Selain baik untuk jantung, bersepeda ternyata juga bisa membantu melatih kelincahan. Caranya adalah dengan menyesuaikan medan atau tempat bersepeda. Untuk melakukan latihan interval dengan sepeda, salah satu tempat terbaik adalah perbukitan.

Baca juga: Ini Alasan Sehatnya Bersepeda bagi Tubuh

Sebab jalan yang naik dan turun bisa membantu melatih keseimbangan dan kepekaan dalam mengubah intensitas fisik. Misalnya, saat tanjakan tentu dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk mengayuh sepeda dibanding saat turunan. Tapi sebaiknya latihan ini tidak dilakukan secara berlebihan dan disesuaikan dengan kemampuan tubuh.

Sambil berolahraga, jangan lupa untuk melengkapinya dengan suplemen atau vitamin tambahan. Selain baik untuk stamina, asupan vitamin juga bisa mencegah tubuh mudah sakit. Lebih mudah beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya

KECANTIKAN

17 September 2018

Masih bingung dengan tipe kepribadian? Berikut pengertian introvert, ekstrovert, dan ambivert. ...

Selengkapnya

KECANTIKAN

17 September 2018

Menemukan sebuah jerawat yang baru, muncul di wajah pada pagi hari adalah hal yang menyebalkan bagi siapa saja...

Selengkapnya