• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini 4 Cara Menurunkan Berat Badan Sambil Ibadah

Begini 4 Cara Menurunkan Berat Badan Sambil Ibadah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Jika kamu sudah lama memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan tapi belum sempat terlaksana, mungkin kamu bisa menurunkan berat badan sambil menjalankan ibadah puasa. Saat menjalankan ibadah puasa, kamu diwajibkan untuk menahan hawa nafsu termasuk menahan rasa lapar dan haus, sehingga kamu tidak akan mengonsumsi apapun selama waktu setelah sahur hingga waktu berbuka puasa. Hal ini tentu bisa membantu kamu ketika kamu ingin menurunkan berat badan. Namun, bagi beberapa orang saat puasa malah membuat berat badan naik karena makan yang berlebihan saat berbuka puasa.

Nah, tentu ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar berat badan kamu bisa turun saat kamu menjalankan ibadah puasa.

 

  • Hindari Berbuka Puasa dengan Makan Gorengan

 

Biasanya saat berbuka puasa, setelah menikmati minuman yang manis, banyak orang yang memilih makan gorengan karena dirasa sangat praktis dan bisa membuat kenyang. Namun nyatanya, jika kamu mengonsumsi gorengan secara berlebihan akan menimbulkan beberapa penyakit dan tentu akan menggagalkan diet kamu karena kandungan gorengan yang tidak sehat.

Sebaiknya hindari menu berbuka puasa yang digoreng, karena pada saat bulan puasa pola makan kamu tentu berubah. Selain itu, kandungan lemak pada gorengan akan membuat kita malah cepat ngantuk dan yang paling parah akan menumpuk dan membuat berat badan kamu akan naik.

(Baca juga: Gorengan saat Puasa, Kenapa Harus Dibatasi?)

 

  • Tingkatkan Asupan Serat dan Protein saat Berbuka dan Sahur

 

Saat kamu menikmati makanan sahur atau berbuka, sebaiknya perhatikan asupan gizi dan nutrisi yang masuk kedalam tubuh kamu. Pastikan asupan serat dan protein tercukupi. Dengan mengonsumsi serat yang cukup, maka kamu bisa merasakan kenyang lebih lama. Selain itu, kebutuhan serat yang tercukupi dalam tubuh akan membuat sistem pencernaan kamu baik dan lancar. Dengan mengganti makanan yang memiliki lemak tinggi dengan makanan yang mengandung protein tinggi, kamu juga bisa menahan hawa nafsu untuk makan berlebih saat berbuka, sehingga kamu bisa mengontrol makanan yang akan kamu nikmati saat berbuka nanti.

 

  • Lakukan Olahraga

 

Saat menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya kamu tetap melakukan olahraga. Pilihlah olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga, seperti berjalan santai atau yoga. Jangan terlalu memaksa tubuh kamu untuk melakukan olahraga dalam waktu yang lama. Sesuaikan kondisi tubuh kamu saat akan melakukan olahraga di bulan puasa.

Pilihlah waktu sebelum berbuka jika kamu ingin olahraga di bulan puasa. Selain cuaca yang tidak terlalu terik, nutrisi yang hilang saat berolahraga akan langsung digantikan saat berbuka. Namun ingat, jangan makan berlebihan saat berbuka, ya.

(Baca juga: 5 Tips Olahraga Saat Puasa)

 

  • Banyak Nikmati Sayur dan Buah sebagai Camilan

 

Jika setelah makan berbuka kamu masih merasakan lapar dan ingin makan, pilihlah sayur atau buah sebagai makanan pendamping kamu saat bulan puasa. Pilihlah buah-buahan yang segar atau yang memiliki manis alami. Buah semangka dan melon baik kamu konsumsi saat bulan puasa untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Buah kurma juga sangat baik karena banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Nah, jika kamu memiliki pertanyaan mengenai kebutuhan nutrisi dan gizi selama menjalankan ibadah puasa, kamu bisa bertanya pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor, kamu bisa bertanya dengan dokter melalui Voice Call, Video Call atau Chat untuk mendapatkan jawaban langsung. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!