Begini Cara Kerja Antioksidan Cegah Penyakit Berbahaya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
begini-cara-kerja-antioksidan-cegah-penyakit-berbahaya-halodoc

Halodoc, Jakarta - Antioksidan merupakan bahan yang dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari efek samping paparan radikal bebas yang terus-menerus. Radikal bebas sendiri merupakan zat berbahaya yang dapat terbentuk secara alami dari dalam tubuh. Tak hanya itu, paparan radikal bebas dari luar tubuh juga bisa diakibatkan oleh sejumlah hal, seperti terpapar asap rokok, asap kendaraan, serta radiasi.

Ketika tubuh terus-menerus terpapar radikal bebas, tubuh akan mengalami efek jangka panjang bagi kesehatan akibatnya kamu jadi sulit beraktivitas secara all out. Radikal bebas yang menumpuk pada tubuh dapat menjadi pemicu jadi sejumlah penyakit kronis pada tubuh, seperti penyakit jantung dan kanker. Selain pola hidup sehat yang harus dijalani, menghindari paparan radikal bebas juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen antioksidan, seperti suplemen Astria.

 

Bagaimana Antioksidan Bekerja dalam Tubuh?

Antioksidan merupakan molekul yang berada dalam sel. Molekul ini bekerja dengan mengambil elektron, sehingga radikal bebas tidak mengakibatkan adanya kerusakan sel. Dengan adanya kandungan antioksidan dalam tubuh, radikal bebas akan aman terkendali. Ini karena perannya yang sangat penting, kamu perlu memperbanyak jumlahnya untuk mencegah bahaya dari radikal bebas.

Nah, agar bisa all out dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan, kamu dapat mengonsumsi suplemen Astria. Suplemen Astria merupakan antioksidan tambahan untuk mencukupi jumlah antioksidan dalam tubuh yang digunakan tubuh untuk mengimbangi jumlah radikal bebas. Sebenarnya, tubuh sendiri menghasilkan antioksidan alami, tetapi jumlahnya tidak akan mencukupi untuk menangkal kandungan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Untuk itulah suplemen antioksidan tambahan diperlukan.

Suplemen Astria akan bekerja dengan menjaga tubuh agar tetap sehat dari dalam, serta memastikan tubuh terhindar dari paparan radikal bebas. Suplemen yang satu ini mengandung antioksidan alami 110 kali lebih kuat dari vitamin E, dan 6.000 kali lipat lebih kuat dari vitamin C. Jangan khawatir, karena suplemen antioksidan yang satu ini terbuat dari berbagai macam bahan alami yang berkualitas, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Dengan kandungan astaxanthin, yaitu jenis karotenoid (pigmen warna merah) yang ditemukan pada salmon dan sayuran, Astria menjadi suplemen antioksidan yang ampuh guna menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kamu dapat memperoleh suplemen antioksidan Astria Astaxanthin dengan mudah melalui aplikasi Halodoc. Tanpa repot, pesanan kamu akan diantara sampai ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Segera download aplikasinya, ya!

 

Makanan Penunjang Nutrisi Penting dalam Tubuh

Mengonsumsi suplemen antioksidan sangat baik dilakukan untuk menunjang kesehatan dari dalam. Namun, kamu juga perlu memerhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Dengan mengonsumsi suplemen antioksidan yang diimbangi dengan sejumlah makanan berikut, kamu akan terhindari dari segala macam penyakit kronis yang berbahaya.

  • Stroberi. Buah yang satu ini mengandung vitamin C tinggi yang dapat menjaga daya tahan tubuh, kulit, hingga anemia. Selain itu, stroberi mengandung antosianin yang dapat mencegah penyakit jantung dengan banyak memproduksi kolesterol baik dalam tubuh.

  • Blueberry. Buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. Blueberry juga diperkaya dengan kandungan vitamin K dan vitamin C yang rendah kalori. Buah ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah.

  • Raspberry. Buah yang satu ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang baik bagi tubuh. Kandungan didalamnya juga berguna sebagai pembunuh sel kanker dalam usus besar, lambung, dan payudara.

  • Coklat hitam. Coklat jenis ini mengandung antioksidan dan mineral yang baik dalam menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko terjadinya diabetes.

Selain mengonsumsi suplemen antioksidan dan makanan tersebut, upayakan kesehatanmu dengan melakukan olahraga secara teratur, tidak merokok, dan lakukan istirahat yang cukup. Jadi, jaga selalu kesehatanmu dengan pola hidup sehat, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 12 Healthy Foods High in Antioxidants.
Medical News Today. Diakses pada 2019. How can antioxidants benefit our health?