• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Kerja Jantung Memompa Darah ke Seluruh Tubuh

Begini Cara Kerja Jantung Memompa Darah ke Seluruh Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Kerja Jantung Memompa Darah ke Seluruh Tubuh

“Jantung memiliki fungsi yang sangat vital, yaitu menyebarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh agar organ lainnya berfungsi dengan baik. Namun, bagaimana sih cara kerja jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh?”

Halodoc, Jakarta – Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk menjaga tubuh tetap berfungsi dengan normal. Fungsi dari jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Di dalam darah mengandung oksigen yang dapat membuat seluruh bagian tubuh berjalan dengan normal. Namun, bagaimana sih cara kerja jantung saat memompa darah? Berikut jawabannya!

Memahami Cara Kerja Jantung untuk Memompa Darah

Jantung adalah bagian penting dari sistem kardiovaskular di dalam tubuh yang menyebarkan darah ke seluruh tubuh dan akhirnya kembali lagi ke jantung. Oksigen yang terkandung di dalam darah sangat penting untuk memastikan nutrisi tubuh tercukupi agar dapat terus hidup. Jika tubuh tidak mendapatkan oksigen, kerusakan dapat terjadi yang mungkin saja berakhir dengan kematian.

Di tubuh, ada tiga jenis utama pembuluh darah, yaitu:

  • Arteri: Bagian ini membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh jaringan di tubuh. Bagian ini dapat terus bercabang menjadi lebih kecil dan terus mengecil, karena perlu membawa darah lebih jauh dari jantung ke organ lainnya di seluruh tubuh.
  • Kapiler: Pembuluh darah ini kecil dan tipis yang menghubungkan antara arteri dan vena. Dinding tipis ini dapat menjadi jalan oksigen, nutrisi, karbon dioksida, dan produk limbah untuk diserap atau dibuang dari organ tubuh.
  • Vena: Bagian ini membawa darah kembali ke jantung. Darah yang kembali ke jantung memiliki oksigen yang rendah dan kaya akan produk limbah yang perlu dibuang dari tubuh. Vena ukurannya lebih besar saat semakin dekat dengan jantung.

Lalu, bagaimana cara kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh? Sisi kanan dan kiri jantung saling bekerja sama satu sama lain. Pola ini dilakukan agar dapat menyebabkan darah mengalir terus-menerus ke jantung, paru-paru, dan seluruh tubuh.

Sisi Kanan Jantung

Darah memasuki jantung melalui dua vena besar, yaitu vena cava inferior dan superior, mengosongkan darah yang minim oksigen dari tubuh ke atrium kanan jantung. Setelah itu, atrium berkontraksi dan darah mengalir dari atrium kanan ke ventrikel kanan melalui katup trikuspid yang terbuka.

Saat ventrikel penuh, katup trikuspid menutup untuk mencegah darah mengalir mundur ke atrium saat ventrikel berkontraksi. Setelah itu, darah meninggalkan jantung melalui katup pulmonal ke dalam arteri pulmonalis dan ke paru-paru agar dapat diisi oksigen lalu dikembalikan ke atrium kiri melalui vena pulmonalis.

Intinya, sisi kanan jantung menerima darah yang kekurangan oksigen dari pembuluh darah dan memompanya ke paru-paru. Hal ini berhubungan dengan pengambilan oksigen dan pembuangan karbon dioksida.

Sisi Kiri Jantung

Vena pulmonalis mengosongkan darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke atrium kiri jantung. Saat atrium berkontraksi, darah mengalir dari atrium kiri ke ventrikel kiri melalui katup mitral yang terbuka.

Saat ventrikel penuh, katup mitral menutup. Hal ini dapat mencegah darah mengalir mundur ke atrium saat kontraksi pada ventrikel terjadi. Setelah itu, darah meninggalkan jantung melalui katup aorta, masuk ke aorta dan ke seluruh tubuh.

Kesimpulannya, sisi kiri jantung menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru dan memompanya melalui arteri hingga ke seluruh tubuh.

Nah itulah penjelasan tentang cara kerja jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan mengetahui cara kerjanya, kamu sadar jika fungsinya sangat vital untuk menjaga tubuh tetap berfungsi dengan normal. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan organ tubuh ini untuk kesehatan diri sendiri.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait semua hal yang berhubungan dengan jantung, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan penjelasan lengkap. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan dokter bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja sesuai keinginan.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. How the Heart Works.
University of Michigan Health. Diakses pada 2021. How the Heart Works