30 July 2018

Begini Cara Menjaga Kehamilan Bagi Ibu yang Super Sibuk

menjaga kehamilan wanita bekerja, resiko masa kehamilan, kesehatan ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Beberapa wanita memilih untuk meninggalkan pekerjaan saat diketahui dirinya tengah mengandung. Namun, tidak sedikit wanita yang memilih untuk tetap bekerja selama menjalani masa kehamilan. Dengan banyaknya perubahan dalam dirinya, bekerja saat masa kehamilan memang tidak mudah untuk dijalani. Perubahaan mood dan pola makan serta rasa lelah rasanya selalu dirasakan oleh ibu hamil yang masih aktif bekerja.

Baca juga: 5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Masih Bekerja

Menjaga kehamilan memang kewajiban seorang ibu apalagi jika usia kehamilan masih sangat muda. Aktivitas ibu yang begitu padat menjadi perhatian yang harus benar-benar diperhatikan oleh ibu untuk kesehatan ibu dan juga bayi dalam kandungan. Banyak risiko yang dikhawatirkan akan dirasakan ibu saat menjalani masa kehamilan sambal bekerja. Namun jangan khawatir, ibu bisa melakukan ini untuk menjaga kehamilan bagi ibu yang masih bekerja dan memiliki aktivitas yang sangat padat.

1. Perhatikan Asupan Nutrisi

 Kebutuhan nutrisi pada ibu hamil tentu akan berbeda dengan kebutuhan ibu saat tidak hamil. Asupan nutrisi dan gizi yang cukup sangat diperlukan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Kandungan protein, karbohidrat, kalsium, folat, dan zat besi adalah asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil saat masa kehamilan. Usahakan dalam satu hari tetap mengonsumsi makanan yang menjadi sumber nutrisi untuk kebutuhan janin.

2. Sediakan Camilan Sehat

Selama masa kehamilan, ibu pasti akan merasakan lapar terus menerus. Untuk menghindari mengonsumsi makanan yang kurang sehat, sebaiknya ibu selalu siapkan camilan sehat di atas meja kerja agar lebih mudah saat ibu tiba-tiba merasa lapar. Banyak yang bisa dijadikan camilan sehat saat bekerja, ibu bisa mengonsumsi buah atau sayuran kukus. Tidak hanya itu, biskuit juga bisa menjadi alternatif untuk dijadikan camilan sehat saat ibu hamil sedang sibuk bekerja. Hal yang paling penting, jangan pernah lewatkan waktu makan, ya.

3. Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Jika saat bekerja ibu merasa lelah, sebaiknya ibu menghentikan pekerjaan terlebih dahulu dan ambil waktu untuk beristirahat sejenak. Sebaiknya jangan paksakan untuk terus melakukan kegiatan jika sudah merasa lelah. Kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan adalah hal yang perlu dijaga. Beristirahat akan membuat energi ibu semakin bertambah untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

4. Cukup Air Minum

Minumlah air putih minimal 3 liter sehari selama masa kehamilan. Air sangat diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan ibu. Pastikan air yang ibu konsumsi bersih agar tidak mendatangkan penyakit. Tidak hanya mengonsumsi air putih, air kelapa, atau jus buah juga bisa menjadi pilihan ibu untuk mencukupi kebutuhan air selama satu hari. Selain kebutuhan air tercukupi, dengan mengonsumsi jus buah atau air kelapa ibu hamil akan mendapatkan banyak manfaat dari minuman tersebut.

5. Konsumsi Vitamin

Sesibuk apa pun ibu hamil yang bekerja, sebaiknya jangan lewatkan konsumsi vitamin yang dianjurkan oleh dokter saat pemeriksaan kandungan. Vitamin tersebut nyatanya dapat membantu kesehatan janin dalam kandungan dan ibu. Sebaiknya rutin dalam konsumsi vitamin agar ibu dan janin selalu sehat.

Baca juga: Tips Cepat Hamil untuk Wanita Super Sibuk

Jika kamu memiliki keluhan seputar kehamilan, kamu bisa tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ayo, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!