• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Merawat Organ Vital Wanita yang Tepat

Begini Cara Merawat Organ Vital Wanita yang Tepat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Kesehatan alat vital wanita berpengaruh pada banyak aspek, seperti kesuburan dan soal hubungan intim. Selain itu masalah pada alat vital wanita memungkinkan munculnya berbagai penyakit, yang juga memengaruhi kehidupan sosial, seperti kehilangan rasa percaya diri dan memicu timbulnya stres.

Memang kelihatannya alat vital wanita hanya seperti organ kecil yang mudah dirawat. Namun, kenyataannya, alat vital wanita berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim. Maka dari itu, perawatan tepat untuk merawat alat vital wanita harus dilakukan. Kamu bisa melakukan cara di bawah ini untuk merawat alat vitalmu:

1.  Setelah Buang Air Kecil (BAK) atau Buang Air Besar (BAB), basuhlah dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Hal ini berguna untuk menghindari bakteri dari anus yang masuk ke alat kelamin. Kamu juga bisa membasuh dengan air hangat bila memungkinkan. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk agar area tersebut tidak lembab.

2.  Jangan membersihkan alat vital wanita menggunakan sabun yang mengandung pewangi. Karena pewangi bisa memicu iritasi pada alat vital pada sebagian wanita.

3.  Bila dalam merawat alat vital, gunakan tisu yang lembut untuk mengeringkan alat vital. Jangan menggunakan tisu makan yang kasar karena bisa menyebabkan iritasi kulit di area tersebut. Perlu diperhatikan juga agar serat-serat tisu tidak tersisa dan menempel di permukaan alat vital wanita, karena hal tersebut akan mengakibatkan gatal.

4.  Bila sedang menstruasi, pilih pembalut yang tidak memiliki kandungan pewangi. Dan segera ganti pembalut setiap 3-4 jam sekali.

5.  Perlu juga memperhatikan penggunaan dan perawatan pakaian dalam. Sebaiknya pakailah pakaian dalam yang terbuat dari katun agar menyerap keringat dan nyaman. Selain itu Cucilah pakaian dalam yang baru dibeli, sebelum memakainya.

6.  Selain itu pakaian dalam wanita yang bermodel thongs atau g-strings sering dianggap bisa  membuat kamu merasa seksi. Namun, pada kenyataannya, bahan pakaian dalam ini tidak memiliki daya serap yang baik dan bisa mengiritasi alat vital. Maka dari itu sebaiknya hindari memakai model ini agar kesehatan alat vital kamu lebih terlindungi.

7.  Jangan memakai pakaian dalam yang ketat karena bisa mengganggu sirkulasi udara pada area alat vital kamu.

8.  Ketika mencuci pakaian dalam, sebaiknya gunakan sabun yang lembut, dan tidak mengandung deterjen. Setelah itu bilas dengan bersih agar tidak ada sisa-sisa sabun pada pakaian dalam yang berpotensi membuat alat vital wanita bermasalah.


Merawat alat kelamin dengan cara yang benar sesuai penjelasan di atas, akan membantu menghindarkan kamu dari beragam keluhan yang sering mengganggu. Jika kamu memiliki keluhan pada alat vital kamu, atau masalah kesehatan lainnya kamu bisa segera menanyakannya pada dokter spesialis kandungan melalui aplikasi Halodoc. Dengan hadirnya aplikasi Halodoc tentu sangat memudahkan siapapun berinteraksi dengan beragam pilihan spesialisasi dokter di Indonesia. Apapun pertanyaanmu seputar kesehatan, Halodoc siap menjadi sahabat setia selama 24/7. Nikmati fitur Contact Doctor dan Pharmacy Delivery tanpa batas, download aplikasinya di Google Play dan App Store sekarang juga!

BACA JUGA: 6 Tips Merawat Kebersihan Alat Kelamin Wanita Saat Menstruasi