10 July 2018

Begini Cara Mudah Mengajari Si Kecil Menggosok Gigi

Cara mengajari anak menggosok gigi,menggosok gigi anak

Halodoc, Jakarta – Berdasarkan data yang dihimpun para ahli, penyakit gigi berlubang pada anak di Indonesia ternyata masih cukup tinggi. Menurut data survei Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2015, prevalansi karies gigi pada anak usia enam tahun sebanyak 74,44 persen. Karies gigi sendiri merupakan penyakit infeksi yang merusak struktur gigi yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Andaikan tak ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa menyebabkan nyeri, infeksi, hingga penanggalan gigi.

Nah, oleh sebab itu ibu mesti peduli terhadap kesehatan gigi Si Kecil, karena mungkin ia belum terlalu tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi bagi dirinya. Ibu perlu mengajari si Kecil Menggosok gigi agar kesehatan giginya tetap terjaga. Nah, berikut cara tips mengajari Si Kecil menggosok gigi.

1. Biarkan Dirinya yang Memilih

Bila ingin mengajarkan anak sesuatu hal, rasanya akan lebih mudah untuk kedepannya bila tahap awal dimulai dengan sesuatu yang mereka sukai. Di tahap awal ini, biarkanlah Si Kecil memilih sikat dan pasti gigi yang mereka sukai. Misalnya, menawarkan anak dengan beragam pilihan bentuk dan warna-warni sikat gigi yang lucu.

Baca juga:  6 Kesalahan Orang Saat Menggosok Gigi

Selain sikat gigi, biarkan pula anak memilih pasta gigi yang mereka sukai. Kini banyak kok pasta gigi anak yang dilengkapi rasa buah-buahan yang mungkin disukai anak-anak. Ketika telah menemukan sikat dan pasta gigi yang cocok, rutinitas menggosok gigi akan lebih menyenangkan untuk Si Kecil.

2. Gosok Gigi Bersama-sama

Namanya juga anak-anak, pasti dirinya masih sering meniru-niru apa yang dilakukan orang terdekatnya. Nah, agar gigi anak semakin sehat dan berkilau, kamu pun perlu menunjukkan bahwa dirimu juga rajin menggosok gigi. Ibu bisa mengajak anak menyikat gigi bersama-sama ketika waktu mandi tiba.

Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan anak untuk menggosok gigi sebelum tidur. Agar kebiasaan ini lebih menyenangkan bagi anak, cobalah jadikan kesempatan tersebut sebagai waktu menggosok gigi bersama keluarga. Nah, yang tak boleh terlewatkan, ibu juga harus mengajari anak teknik menggosok gigi yang benar.

3. Lakukan di Depan Cermin

Kata ahli, mengajari anak menyikat gigi di depan cermin cukup efektif. Dengan begitu, anak bisa melihat cara menyikat gigi yang benar. Lalu, bagaimana teknik mengajari anak menggosok gigi dengan benar?

Gampak kok, pertama ajari ia untuk menyikat seluruh permukaan gigi dengan menggerakkan sikat pada bagian gigi depan yang dilakukan dengan gerakan menyapu ke atas-bawah. Nah, untuk bagian luar gigi yang kiri dan kanan dengan gerakan memutar. Selain itu, jangan sampai lupa untuk menyikat bagian dalam gigi.

Baca Juga: Mulai Tumbuh Gigi, Ini Makanan Sehat Padat Pilihan Untuk Si Kecil

4. Ajari Lewat Cerita

Agar kegiatan menggosok gigi tak membosankan, ibu bisa kok mengajari anak dengan mengarang cerita mengenai kesehatan gigi dan mulut sebelum Si Kecil tertidur. Misalnya, kisah peri gigi yang memberi hadiah pada anak yang memiliki gigi bersih dan putih.

Cara lainnya, juga bisa melalui visualisasi dari video atau gambar akibat tidak rutin menggosok gigi. Contohnya, gambar gigi berlubang, gusi bengkak, atau gigi yang membusuk. Dengan cara ini, mungkin dirinya akan berpikir dua kali untuk tidak menggosok gigi karena merasa takut.

5. Ajari Secara Bertahap

Meski ibu sudah mengajarkan anak berkali-kali mengenai teknik menyikat gigi yang tepat, tapi adakalanya anak masih menggosok gigi dengan asal-asalan. Yang perlu dipahami, janganlah terlalu mempermasalahkan hal ini. Apalagi bila menggosok gigi merupakan kegiatan yang sangat baru bagi mereka.

Baca juga: 4 Tips Merawat Kawat Gigi

Nah, yang perlu ibu ajarkan adalah cara membangun kebiasaan menggosok gigi secara rutin. Jika kebiasaan ini sudah terbentuk, barulah ibu bisa mengajarkan teknik menggosok gigi yang tepat secara bertahap. Mudah, kan?

Si Kecil punya masalah kesehatan pada gigi dan mulutnya? Ibu enggak perlu panik, ibu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, ibu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!