• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara yang Tepat Diet Anemia

Begini Cara yang Tepat Diet Anemia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Begini Cara yang Tepat Diet Anemia

Halodoc, Jakarta – Jika kamu mengidap anemia, kamu membutuhkan diet khusus. Soalnya, kekurangan folat dan vitamin B12 dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk membuat sel darah merah. Diet kaya zat besi, vitamin B, dan vitamin C direkomendasikan untuk mereka yang mengidap anemia. 

Diet anemia penting untuk produksi hemoglobin, sel darah merah serta membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik. Bisa dibilang diet anemia mencakup makanan kaya zat besi yang seimbang, seperti sayuran berdaun, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Informasi selengkapnya mengenai diet tepat untuk pengidap anemia bisa dibaca di sini!

Baca juga: Kekurangan Makanan Ini Bisa Sebabkan Anemia

Anjuran Pola Diet Pengidap Anemia

Makanan memiliki peranan penting untuk mereka yang mengidap anemia. Tadi sudah disebutkan bahwa orang dengan anemia membutuhkan makanan dengan kandungan zat besi. Ada dua jenis zat besi dalam makanan yaitu zat besi heme dan zat besi non-heme.

Zat besi heme ditemukan dalam daging, unggas, dan makanan laut. Sedangkan zat besi non-heme ditemukan dalam makanan nabati dan makanan yang diperkaya dengan zat besi. Tubuh dapat menyerap kedua jenis zat besi tersebut, tetapi zat besi heme lebih mudah diserap.

Pola diet pengidap anemia sangat personal, tergantung kondisi anemia dari masing-masing orang. Pada dasarnya kamu membutuhkan 150 sampai 200 miligram zat besi setiap hari. Ini bisa kamu dapatkan dari makanan, dan terkadang bisa juga dari suplemen zat besi. 

Berikut ini adalah jenis makanan untuk pengidap anemia yang dianjurkan, yaitu:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, terutama yang gelap, adalah salah satu sumber terbaik zat besi non-heme. ini termasuk bayam, kangkung, kubis, sawi, dan sayuran dandelion. Beberapa sayuran hijau seperti Swiss chard dan collard greens juga mengandung folat. 

Jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber folat yang baik. Vitamin C membantu perut menyerap zat besi. Makan sayuran hijau dengan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, paprika merah, dan stroberi dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Beberapa sayuran hijau merupakan sumber zat besi dan vitamin C yang baik, seperti collard greens dan Swiss chard.

Baca juga: 5 Jenis Asupan Makanan untuk Pengidap Anemia

2. Daging 

Semua jenis daging mengandung zat besi heme. Daging merah, domba, dan daging rusa adalah sumber terbaik sedangkan unggas dan ayam memiliki jumlah yang lebih rendah. 

3. Hati

Banyak orang menghindari jeroan, tetapi faktanya jeroan adalah sumber zat besi yang tinggi. Hati kaya akan zat besi dan folat. Beberapa jeroan kaya zat besi lainnya adalah jantung, ginjal, dan lidah sapi.

Baca juga: Anemia Bikin Lesu dan Pucat, Atasi dengan 5 Makanan Ini

4. Seafood

Beberapa makanan laut menyediakan zat besi heme. Kerang, tiram, kerang, scallop, kepiting, dan udang adalah beberapa di antaranya. Sebagian besar ikan juga mengandung zat besi. Ikan dengan kadar zat besi terbaik antara lain:

  • Tuna kalengan atau tuna segar.
  • Ikan kembung.
  • Ikan mahi-mahi.
  • Ikan cuwe.
  • Salmon segar atau kalengan.
  • Sarden.

Makanan tinggi kalsium sebaiknya tidak dimakan bersamaan dengan makanan dengan kandungan zat besi. Kalsium dapat mengikat zat besi dan mengurangi penyerapannya. Contoh makanan yang kaya kalsium adalah susu, susu nabati, yoghurt, kefir, keju, dan tahu.

Ini hanyalah gambaran umum penerapan diet untuk pengidap anemia. Informasi selengkapnya mengenai diet tepat untuk pengidap anemia bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc. Kamu bisa menanyakan masalah kesehatan apapun dan dokter terbaik di bidangnya akan memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bahkan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Foods and meal plans for iron deficiency.
Healthline. Diakses pada 2020. Best Diet Plan for Anemia.