• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Prosedur Operasi untuk Mengatasi Hernia?

Begini Prosedur Operasi untuk Mengatasi Hernia?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Prosedur Operasi untuk Mengatasi Hernia?

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu merasakan ada suatu tonjolan di beberapa bagian tubuh dan mampu menimbulkan rasa nyeri, mungkin saja hal ini disebabkan oleh hernia. Penyakit yang disebut juga dengan turun berok ini dapat terjadi pada pria dan wanita, bahkan juga anak kecil. Seseorang yang mengidapnya perlu mendapatkan penanganan agar rasa tidak nyaman yang timbul dapat hilang, salah satunya dengan operasi. Lalu, bagaimana prosedur operasinya? Ketahui selengkapnya di sini!

Prosedur Operasi untuk Mengatasi Penyakit Hernia

Hernia adalah gangguan yang disebabkan jaringan lemak atau organ mendorong area yang lemah pada jaringan ikat atau dinding otot di sekitarnya. Hal ini menimbulkan tonjolan di dalam tubuh yang dapat terjadi pada perut, pusar, paha, serta selangkangan. Penyakit ini biasanya tidak dapat membaik dengan sendirinya, sehingga membutuhkan pengobatan yang tepat, salah satunya adalah dengan operasi.

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Hernia

Dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi yang dapat mengancam nyawa. Maka dari itu, banyak dokter yang sering merekomendasikan untuk tindakan operasi. Namun, tidak semua hernia membutuhkan perawatan segera, semua ini bergantung pada ukuran dan gejalanya. Jika tidak ada gejala yang timbul, mungkin tidak perlu dilakukan pengobatan sama sekali.

Lalu, apakah kamu membutuhkan operasi untuk mengatasi hernia?

Dokter akan merekomendasikan untuk mendapatkan perawatan ini jika seseorang mengalami salah satu dari beberapa hal berikut ini:

Jaringan di dalam tubuh yang terperangkap di dinding perut atau disebut pengurungan. Jika tidak diobati, jaringan tersebut dapat tercekik sehingga suplai darah ke area tersebut terputus.

Hernia menjadi tercekik yang dapat menyebabkan kerusakan permanen dan merupakan keadaan darurat bedah. Organ yang tercekik, seperti usus, dapat mati jika tidak segera diangkat bahkan menimbulkan gangguan yang parah. Jika kamu mengalami beberapa gejala turun berok, seperti rasa sakit atau benjolan pada beberapa bagian tubuh, ada baiknya segera memeriksakan diri.

Baca juga: Hernia Tidak Ditangani, Waspada Komplikasi Ini

Apabila kamu mengalami beberapa gejala yang berhubungan dengan penyakit hernia, ada baiknya untuk memeriksakan diri di rumah sakit. Beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc dapat dipesan melalui aplikasinya sehingga kamu tidak perlu datang langsung. Maka dari itu, download aplikasinya sekarang juga!

Setelah dipastikan jika hernia yang terjadi perlu mendapatkan tindakan operasi, ada beberapa metode yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Operasi Terbuka

Tindakan medis ini awalnya dilakukan dengan memberikan anestesi umum sebelum operasi. Dokter bedah mulai membuat sayatan untuk membuka kulit. Dengan perlahan dan lembut, hernia didorong kembali ke tempatnya, mengikatnya atau melepaskannya tergantung situasi yang ada. Setelah itu, ahli medis akan menutup area otot yang lemah dengan jahitan. Jika hernia yang terjadi lebih besar, dokter akan menambahkan sepotong jaring fleksibel untuk mencegah gangguan ini kambuh.

2. Operasi Laparoskopi

Untuk tindakan ini, perut kamu akan dipompa dengan gas yang tidak berbahaya. Cara ini dapat memberi ahli bedah tampilan organ menjadi lebih baik. Setelah itu, sayatan kecil dibuat di dekat lokasi hernia dan memasukkan laparoskop. Dokter bedah menggunakan gambar yang dihasilkan dari alat tersebut sebagai panduan untuk memperbaiki hernia. Sama seperti operasi terbuka, penerimanya tetap harus mendapatkan anestesi umum.

Baca juga: Cari Tahu 4 Gejala Hernia Berdasarkan Jenisnya

3. Operasi Hernia Robotik

Operasi untuk mengatasi turun berok ini kurang lebih seperti operasi laparoskopi, menggunakan metode yang sama pada semua tindakannya. Perbedaannya, ahli bedah melakukan operasi dan instrumen bedah melalui konsol di ruang tersendiri. Sementara itu, operasi hernia dengan metode robotik dapat digunakan untuk beberapa hernia yang kecil atau area yang lemah. Namun, sekarang ini juga dapat digunakan untuk merekonstruksi dinding perut.

Keunggulan dari operasi laparoskopi dengan robot adalah metode ini dapat memberikan gambar tiga dimensi dengan sangat baik pada bagian dalam perut. Bedah robotik juga dapat memungkinkan ahli bedah untuk dengan mudah membuat jahitan pada jaringan dan jerat di dalam perut. Meski begitu, ahli medis tetap harus menentukan metode yang paling tepat untuk mengatasi penyakit hernia. 

Itulah beberapa operasi dan prosedurnya yang dapat diketahui untuk mengatasi penyakit hernia. Hal paling utama yang perlu dilakukan adalah memeriksakan diri jika kamu mengalami benjolan di dalam tubuh, bahkan jika menimbulkan rasa sakit. Penanganan dini sangat perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih besar kelak.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Do I Need Surgery for Hernia?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Hernia Repair Surgery.