26 June 2018

Beginilah Cara Pemain Bola Menyiapkan Mental Sebelum Bertanding

cara pemain bola menyiapkan mental, piala dunia 2018

Halodoc, Jakarta –  Tanpa mental yang tenang dan sekuat baja, pemain sepak bola rasanya enggak akan bisa bermain secara maksimal ketika merumput di lapangan hijau. Mental yang kuat dan tenang ini bisa mengubah jalannya pertandingan, lho. Enggak percaya? Banyak kok buktinya.

Misalnya, pertandingan Portugal vs Spanyol beberapa hari lalu di Piala Dunia 2018. Meski Ronaldo dkk. tertinggal 3-2 dari Timnas Spanyol, di menit-menit akhir pertandingan mereka bisa mengubah kedudukan menjadi 3-3. Lihatlah betapa tenangnya Ronaldo memasukan gol ketiganya lewat tendangan bebas. Orang-orang banyak menyebutnya sebagai “mental juara”.

Masih belum percaya peran kekuatan mental dalam pertandingan? Contoh lainnya kala Liverpool vs AC Milan di final Liga Champion 2005. Meski ketinggalan 3-0, berkat mental sekeras baja pemain Liverpool, tim dari Inggris itu berhasil membawa pulang piala Champion lewat adu penalti.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara pemain bola menyiapkan mental sebelum bertanding? Nah, berikut penjelasannya.

Baca juga: Pemain Sepak Bola Ini Jauhi Alkohol, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

1. Berpikiran positif

Pertama-tama, jangan pernah meragukan akan kemampuan dirimu sendiri. Itulah yang dilakukan pesepak bola profesional. Mereka selalu mengabaikan pikiran negatif yang masuk ke dalam kepala mereka. Ketika mereka terlalu mengkhawatirkan hasil akhir pertandingan, hal itu justru yang akan mengacaukan fokus dan performa mereka selama di lapangan. Pemain yang memiliki mental baja selalu berpikir positif, mereka akan mencari sesuatu yang bisa menginspirasi dan mendorong mereka agar tidak pernah menyerah.

2. Memastikan Tubuh Prima

Melansir Telegraph, mantan pemain Arsenal yang kini merumput bersama Liverpool, Oxlade-Chamberlain mengatakan, dirinya selalu memastikan tubuhnya pulih dengan benar usai berlatih. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari pijat, melakukan peregangan, atau mandi dengan menggunakan pemandian es. Meskipun begitu, dirinya hanya akan berendam es ketika ada bagian tubuhnya yang terasa sakit atau kurang nyaman.

Selain itu, Oxlade-Chamberlain juga memastikan tubuhnya dipenuhi dengan nutrisi yang tepat. Misalnya, mengonsumsi minuman berprotein usai berlatih, mengasup makanan kaya protein dan karbohidrat, dan mengonsumsi air putih satu liter pada malam hari, serta satu liter lagi di pagi hari. Nah, ketika waktu pertandingan semakin dekat, barulah dirinya mengganti air putih dengan minuman elektrolit, untuk menambah bahan bakar bagi tubuhnya.

Baca juga: Heboh Piala Dunia, Ini Alasan Orang Rusia Menggilai Madu

3. Hilangkan Rasa Gugup dengan Bersantai

Meski statusnya sebagai atlet profesional, banyak kok pemain sepak bola yang gugup saat waktu pertandingan semakin dekat. Apalagi bila pertandingan yang akan dijalani adalah Big Match (pertandingan besar). Lalu, apa sih yang biasanya dilakukan pesepak bola untuk bersantai satu hari menjelang pertandingan?

Masih melansir Telegraph, Chamberlain biasanya akan memastikan dirinya berada di lingkungan yang santai dan tak melakukan sesuatu yang berlebihan. Selain itu, ada juga pemain lainnya yang benar-benar mengurung diri mereka di dalam kamar, alias enggak suka berada di sekitar orang-orang. Bahkan, ada juga pemain lainnya yang bermain Playstation untuk mengusir rasa gugup menghadapi pertandingan di hari esok.

4. Mendengarkan Musik

Banyak pemain sepak bola yang mendengarkan musik favoritnya untuk menghilangkan rasa tegang sebelum bertanding. Contohnya, bintang dari Timnas Portugal Cristiano Ronaldo, alias CR7. Menurut berita dari media Spanyol, Don Balon Rosa, CR7 mengaku selalu mendengarkan musik sebelum masuk ke lapangan hijau. Menurutnya, musik membuat dirinya santai.

Selain CR7, ada juga gelandang dari Barcelona dan Timnas Brazil, Philippe Coutinho, yang selalu mendengarkan musik untuk membuang rasa gugup. Dirinya mengaku selalu mendengarkan musik selama perjalanan menuju stadion.

Baca juga: 7 Camilan Sehat Untuk Nobar Piala Dunia 2018

Punya masalah kesehatan dan ingin berdiskusi langsung dengan dokter? Gampang kok caranya. Kamu bisa bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!