23 April 2019

Benarkah Amputasi Menjadi Prosedur Medis Pengobatan Osteosarcoma?

pengobatan osteosarcoma

Halodoc, Jakarta - Osteosarcoma merupakan suatu kondisi yang biasanya berkembang saat masa remaja. Hal ini dikarenakan pada periode ini pertumbuhan tulang berada dalam fase paling cepat. Risiko seseorang mengidap osteosarcoma meningkat saat masa pertumbuhan tulang. Jika kondisi ini terjadi, apakah amputasi merupakan prosedur medis dalam menangani osteosarcoma? Yuk, ketahui penjelasannya di sini.

Baca juga: Penanganan yang Bisa Dilakukan pada Pengidap Osteosarcoma

Osteosarcoma, Salah Satu Jenis Kanker pada Tulang

Osteosarcoma merupakan salah satu jenis kanker pada tulang yang umum terjadi. Kondisi ini banyak menyerang seseorang di usia produktif, terutama bagi remaja yang gemar mengonsumsi obat-obatan peninggi badan.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Osteosarcoma

Beberapa gejala yang menandakan seseorang mengidap osteosarcoma, yaitu:

  • Terbatasnya gerak tubuh.
  • Bagian tertentu akan terasa sakit ketika disentuh karena mengalami pembengkakan.
  • Adanya benjolan di sekitar tulang atau atau pada ujung tulang.
  • Sensasi rasa nyeri pada tulang atau persendian.
  • Jika benjolan berada di daerah tangan, akan  terasa nyeri ketika mengangkat sesuatu.

Tulang kering, tulang paha, dan tulang lutut merupakan tulang yang biasanya terkena osteosarcoma. Kondisi ini juga bisa memengaruhi tulang panggul, tulang bahu, dan tulang rahang.

Penyebab Terjadinya Osteosarcoma

Osteosarcoma disebabkan oleh sel abnormal yang terus membelah dan bertahan hidup lebih lama dari biasanya. Sel abnormal ini akan membentuk jaringan yang menjadi tumor dan mengakibatkan osteosarcoma.

Selain sel abnormal, osteosarcoma juga bisa disebabkan oleh kesalahan dalam DNA, yang disebut dengan kode genetik. Kesalahan ini membuat sel yang tumbuh akan membelah diri secara tidak terkendali, dan terbentuklah tumor osteosarcoma.

Baca juga: Benarkah Osteosarcoma Paling Sering Menyerang Tulang Lutut?

Apakah Amputasi Bisa Jadi Prosedur Pengobatan Osteosarcoma?

Prosedur amputasi ini bisa dijalani jika kanker sudah menyebar hingga saraf, pembuluh darah, dan kulit. Selain amputasi, prosedur yang biasanya dipakai sebagai langkah pengobatan osteosarcoma, yaitu teknik pengobatan dengan menyambungkan tulang yang diambil dari seseorang yang telah meninggal dunia. Teknik ini bisa dilakukan dengan mengangkat seluruh tulang dan membunuh sel abnormal dengan radiasi.

Sama halnya dengan penyakit lain, risiko terkena osteosarcoma juga bisa dihindari. Kamu bisa mengubah gaya hidup untuk mencegah terjadinya kondisi ini. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Mengonsumsi vitamin yang kaya akan nutrisi untuk tulang.
  • Jika kamu mengetahui gejalanya pada dirimu, sebaiknya langsung diskusikan dengan dokter agar langsung mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Kamu bisa melakukan pijat dan akupuntur untuk meringankan gejala osteosarcoma yang kamu alami.

Sebelum dilakukan pembedahan, biasanya dokter akan merujuk pengidap kondisi ini untuk menjalani kemoterapi. Dalam hal ini, kemoterapi bertujuan untuk membuat tumor mengecil dan membunuh sel-sel kanker yang sudah mulai menyebar ke area tubuh lainnya.

Baca juga: Ketahui 4 Gejala Osteosarcoma yang Dapat Menyerang Anak

Nah, jika kamu tertarik untuk melakukan prosedur di atas, pastikan kamu sudah mengetahui dengan jelas apa saja tahapan-tahapan yang harus kamu jalani. Kamu bisa bertanya seputar prosedur ini dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc, melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!