• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Buah Pisang Dapat Mengurangi Risiko Stroke?

Benarkah Buah Pisang Dapat Mengurangi Risiko Stroke?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Buah Pisang Dapat Mengurangi Risiko Stroke?

“Buah pisang memiliki banyak kandungan nutrisi, salah satunya potassium. Katanya, rutin mengonsumsi buah ini bisa membantu menurunkan risiko penyakit stroke. Selain itu, pisang juga disebut memiliki banyak manfaat sehat untuk tubuh, termasuk sebagai sumber energi hingga menjaga kesehatan pencernaan.

Halodoc, Jakarta – Buah pisang dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, rutin mengonsumsi buah ini disebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit stroke. Benarkah demikian? Jawabannya iya. 

Kabar baik bagi para pencinta buah pisang. Pasalnya, buah yang kaya akan kandungan potasium ini disebut bisa membantu menurunkan risiko stroke. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari WHO dan sudah dipublish di sejumlah jurnal kesehatan menunjukkan bahwa mengonsumsi buah pisang bisa membantu menurunkan risiko stroke hingga 24 persen.

Beragam Manfaat Buah Pisang yang Sayang Dilewatkan 

Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada pembuluh darah, yaitu penyumbatan pembuluh darah (stroke iskemik) dan pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Kondisi ini kemudian memicu berkurangnya pasokan darah ke otak. Hal ini bisa menyebabkan kondisi yang serius karena tanpa darah otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi. 

Jika hal itu dibiarkan begitu saja, sel-sel pada area otak akan terdampak dan bisa menyebabkan kematian sel. Nah, risiko penyakit ini ternyata bisa diturunkan dengan rutin mengonsumsi buah pisang. Manfaat ini didapat dari kandungan potassium yang bisa menurunkan risiko hipertensi dan stroke. Selain membantu menghindari stroke, buah pisang juga disebut memiliki manfaat sehat lain. 

Manfaat Sehat Bagi Tubuh 

Berikut ini beberapa manfaat sehat dari mengonsumsi pisang secara rutin: 

  1. Sumber Energi 

Untuk bisa beraktivitas dengan baik, tubuh membutuhkan asupan energi. Nah, mengonsumsi buah pisang bisa membantu menambah energi, karena dalam satu buah ini terdapat sekitar 27 gram karbohidrat yang akan dipecah menjadi glukosa di dalam tubuh. Glukosa merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh. 

  1. Mencegah Kerusakan Sel dan Jaringan 

Menjaga kesehatan sel dan jaringan adalah hal yang penting dilakukan. Nah, kandungan antioksidan yang ada di dalam buah pisang disebut bisa membantu mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang dapat terjadi akibat radikal bebas. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko kanker. 

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan kalium dalam buah ini disebut bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Katanya, jumlah asupan kalium tubuh yang terpenuhi bisa membantu menurunkan risiko penyakit batu ginjal. 

  1. Pencernaan Lebih Sehat 

Rutin mengonsumsi buah pisang bisa membantu memenuhi kebutuhkan prebiotik yang sangat penting bagi saluran pencernaan. Artinya, mengonsumsi buah ini bisa membantu menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan. Selain itu, kandungan prebiotik dalam pisang juga bisa membantu mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, parasit, dan bakteri. 

  1. Bisa Membantu Diet

Bagi orang yang tengah menjalani program diet untuk penurunan berat badan, mengonsumsi pisang bisa menjadi salah satu pilihan. Buah ini kaya akan kandungan serat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, mengonsumsi pisang juga bisa membantu menurunkan nafsu makan sehingga terhindar dari risiko makan berlebihan yang bisa meningkatkan berat badan. Itulah alasan mengapa buah ini baik untuk dikonsumsi saat diet.

Sederet manfaat buah pisang di atas sangat sayang untuk dilewatkan, bukan? Mau tahu manfaat lain dari buah ini dan bagaimana cara sehat mengonsumsinya? Atau punya pertanyaan lain seputar kondisi kesehatan? Coba Chat atau hubungi dokter melalui Video/Voice Call di aplikasi Halodoc. Sampaikan pertanyaan pada ahlinya dan dapatkan jawaban terbaik. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Acemind.net. Diakses pada 2021. Stroke: one banana a day can reduce the risk.
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 11 Banana Health Benefits You Might Not Know About.
WebMD. Diakses pada 2021. Stroke Signs and Symptoms.