Benarkah Kunyit Ampuh untuk Atasi Dismenore?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Kunyit Ampuh untuk Atasi Dismenore?

Halodoc, Jakarta – Dismenore adalah kram perut bagian bawah yang muncul sebelum atau sewaktu menstruasi. Sebagian wanita mengalami gejala dismenore ringan, sebagian lainnya cenderung parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, benarkah kunyit mampu mengatasi gejala dismenore? Ketahui faktanya di sini.

Baca Juga: Nyeri di Perut Bagian Bawah saat Haid, Ini Dismenore

Khasiat Kunyit untuk Mengatasi Dismenore

Kunyit terbukti ampuh dalam mengatasi gejala dismenore, seperti kram perut dan nyeri haid. Ini khasiat kunyit untuk mengatasi dismenore yang perlu diketahui:

1. Melawan Sindrom Pramenstruasi (PMS)

PMS adalah sindrom gejala fisik yang muncul menjelang menstruasi, meliputi sakit kepala, kram perut, dan perubahan suasana hati. Jika gejala PMS yang dialami cukup mengganggu, kamu bisa konsumsi kunyit untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya daya tahan tubuh yang baik ampuh mencegah pilek dan infeksi bakteri penyebab jerawat. Kondisi ini juga membuat kamu terhindar dari risiko sakit kepala dan rasa lemas menjelang haid.

2. Mengatasi Kram Perut

Kunyit mengandung bahan aktif kurkumin yang berfungsi sebagai agen anti peradangan. Bahan ini mampu menenangkan kontraksi yang terjadi pada otot rahim dan usus, sehingga mengurangi gejala kram perut saat PMS.

3. Mengatasi Nyeri Haid

Selain kram perut, PMS ditandai dengan nyeri punggung bawah, panggul, dan payudara. Kandungan kurkumin pada kunyit menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon penyebab peradangan dan rasa nyeri, sehingga nyeri haid saat PMS menjadi berkurang.

Baca Juga: Datang Bulan Tanpa Alami Dismenore, Wajarkah?

4. Mengurangi Mood Swing

Alias suasana hati yang berubah-ubah saat menstruasi. Kunyit berkhasiat sebagai anti depresi alami yang mampu mengendalikan emosi saat haid. Pasalnya, kurkumin pada kunyit mampu menyeimbangkan berbagai zat kimia di dalam otak, sehingga kamu terhindar dari perubahan suasana hati saat PMS.

5. Meredakan Perut Kembung dan Sembelit

Kunyit bisa meredakan perut kembung dan sembelit yang sering dialami saat haid. Alasannya karena kunyit memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antimikroba, antioksidan, dan anti peradangan.

6. Melancarkan Siklus Haid

Siklus haid setiap wanita berbeda-beda, tapi umumnya berlangsung selama 21-35 hari. Sebagian wanita memiliki siklus haid teratur, tapi sebagian lainnya tidak. Siklus haid yang tidak teratur inilah yang memicu nyeri parah dan volume darah lebih banyak ketimbang biasanya. Untuk melancarkan siklus haid, kamu bisa konsumsi kunyit karena termasuk sumber hormon estrogen yang baik bagi wanita haid.

7. Mencegah Infeksi

Saat haid, wanita rentan mengalami berbagai jenis infeksi jamur atau bakteri pada vagina. Untuk mengurangi risiko ini, kamu bisa konsumsi kunyit yang bisa menghentikan dan mencegah pertumbuhan jamur ataupun bakteri. Alasannya karena kunyit berfungsi sebagai antijamur dan antiseptik alami yang mampu menjaga kesehatan vagina.

Baca Juga: Inilah yang Termasuk Dismenore yang Tidak Wajar

Itulah fakta mengenai manfaat kunyit untuk mengatasi dismenore. Kalau nyeri yang dialami saat menstruasi tak kunjung membaik, jangan ragu berbicara dengan dokter ahli. Sekarang, kamu bisa membuat janji dengan dokter secara online di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab sama dokter terkait keluhan saat menstruasi via fitur Tanya Dokter dengan download aplikasi Halodoc.