• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Makanan Pedas Baik untuk Kecantikan Kulit?

Benarkah Makanan Pedas Baik untuk Kecantikan Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Makanan Pedas Baik untuk Kecantikan Kulit?

“Makanan pedas bagi orang Indonesia terasa seperti teman. Tak lengkap rasanya apabila menikmati makanan tanpa adanya sambal atau cita rasa pedas. Selain menambah rasa, kabarnya makanan pedas juga memiliki manfaat baik untuk kecantikan kulit. Benarkah demikian?”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu termasuk orang yang menyukai makanan pedas? Memang seperti ada sensasi tersendiri saat mengonsumsi makanan pedas, ya? Lidah yang terasa panas, keluar keringat dari tubuh, dan cita rasa makanan yang tak tergantikan saat kamu makan pedas. 

Memang, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dengan mengonsumsi makanan pedas. Tidak hanya menambah rasa lezat pada makanan, kandungan capsaicin pada cabai juga membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh, membantu memerangi peradangan, mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker, dan membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Namun, apakah manfaat ini juga dirasakan untuk kecantikan kulit? 

Baca juga: Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan

Benarkah Makanan Pedas Baik untuk Kecantikan Kulit?

Makanan pedas memang sangat baik untuk metabolisme tubuh, tetapi tidak memberikan manfaat yang sama untuk kulit pada beberapa orang. Mengonsumsi makanan pedas dapat melebarkan pembuluh darah pada orang-orang yang rentan terhadap rosaceae atau baru mulai memasuki masa menopause. 

Pelebaran pada pembuluh darah ini akan membuat kulit terlihat kurang bersih dan tampak seperti mengalami penuaan dini. Sebaliknya, menghindari asupan makanan pedas bisa membuat pengidap rosaceae memiliki kulit yang tampak awet muda. Namun, jika kamu tidak memiliki riwayat gangguan kesehatan tersebut dan tidak sedang memasuki masa menopause untuk wanita, efek flush yang disebabkan saat mengonsumsi makanan pedas cenderung ringan dan bersifat sementara. 

Bahkan, mengonsumsi makanan pedas diduga menjadi salah satu pemicu masalah jerawat pada kulit muka. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Eastern Mediterranean Health Journal menyimpulkan bahwa makanan pedas bisa menjadi pemicu masalah jerawat pada kulit. Ini karena kandungan likopen asam pada makanan pedas yang bisa mengiritasi kulit, mengganggu keseimbangan tingkat pH, dan memicu munculnya jerawat

Baca juga: Alami 7 Gangguan Ini, Saatnya Berhenti Makan Makanan Pedas

Akan tetapi, setiap orang tentu akan bereaksi berbeda saat mengonsumsi makanan pedas dan terhadap kandungan likopen asam ini. Jadi, jika kamu termasuk salah satu yang rentan mengalami jerawat, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mengurangi konsumsi makanan pedas. 

Jika kamu ingin mengetahui pendapat langsung dari ahli kulit, kamu bisa bertanya menggunakan aplikasi Halodoc. Tinggal download saja aplikasi Halodoc di ponselmu untuk bisa bertanya jawab dengan dokter spesialis setiap kali kamu punya masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan medis. 

Makanan Lain yang Sebaiknya Dihindari untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Selain makanan pedas, ada pula beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari atau kurangi asupannya untuk menjaga kecantikan kulitmu, yaitu: 

  • Makanan siap saji. Makanan berminyak menjadi penyebab peradangan pada kulit yang paling sering terjadi, termasuk menjadi penyebab munculnya jerawat. Tak hanya itu, makanan ini juga meningkatkan risiko terjadinya gangguan kardiovaskular.
  • Makanan tinggi gula. Makanan dan minuman tinggi gula juga bisa menimbulkan dampak negatif pada kesehatan dan kecantikan kulit, terlebih coklat dan minuman bersoda. 
  • Gluten. Semua jenis makanan dengan indeks glikemik yang tinggi telah dikaitkan dengan penyebab jerawat. Ini kemungkinan disebabkan karena tingkat insulin yang tinggi yang dihasilkan semua makanan tersebut yang mendorong terjadinya peradangan dan pelepasan hormon yang memicu jerawat. 

Baca juga: Kenali Bahaya Bubuk Cabai bagi Pencernaan

Jadi, alih-alih mengonsumsi terlalu banyak makanan pedas, tinggi gula, dan lemak, lebih baik kamu mengganti semua menu diet dengan asupan makanan yang lebih menyehatkan. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat, protein, dan jangan lupa untuk meningkatkan asupan cairan harian tubuh. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Marque Medical. Diakses pada 2021. 5 Foods that Cause Breakouts.
Woman’s Day. Diakses pada 2021. 10 Foods and Drinks That Make You Look Older Than You Are.
El Akawi, Z., et al. 2006. Diakses pada 2021. Factors believed by Jordanian acne patients to affect their acne condition. Eastern Mediterranean Health Journal 12(‎6)‎: 840-846.