• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Perubahan Hormon Sebabkan Ketiak Hitam saat Hamil?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Perubahan Hormon Sebabkan Ketiak Hitam saat Hamil?

Benarkah Perubahan Hormon Sebabkan Ketiak Hitam saat Hamil?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 November 2022

“Peningkatan hormon dapat menjadi penyebab ketiak hitam saat hamil. Meski tidak berbahaya, ini bisa menurunkan rasa percaya diri.”

Benarkah Perubahan Hormon Sebabkan Ketiak Hitam saat Hamil?Benarkah Perubahan Hormon Sebabkan Ketiak Hitam saat Hamil?

Halodoc, Jakarta – Ketiak hitam saat hamil hanyalah salah satu dari banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita selama kehamilan. Penggelapan kulit ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada ketiak.  Ini juga bisa terjadi pada bagian tubuh lain, termasuk wajah, perut, dan lipatan kulit lainnya.

Lantas, apakah benar penyebab dari kondisi ini adalah perubahan hormon? Yuk simak pembahasannya!

Penyebab Ketiak Gelap saat Hamil

Ketiak gelap saat hamil cukup umum bagi kebanyakan wanita selama kehamilan. Penggelapan ketiak saat hamil adalah kondisi di mana kulit di area ketiak tiba-tiba menjadi lebih gelap dari sebelum hamil. Fenomena ini dapat membaik setelah melahirkan.

Ketiak yang menghitam saat hamil tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. Kondisi ini hanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu dalam beraktivitas sehari-hari sehingga membuat ibu merasa minder karena ada area kulit yang menggelap.

Selama kehamilan, hormon seperti estrogen atau progesteron dalam tubuh wanita mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini merangsang pembentukan pigmen melanin sehingga menyebabkan permukaan kulit menjadi tipis dan berubah warna. Tak heran ketiak menjadi hitam saat hamil.

Selain itu, tidak hanya di ketiak, lipatan-lipatan tubuh ibu lainnya juga rentan mengalami penggelapan seperti leher dan selangkangan Terutama di area leher yang sering terpapar sinar matahari, area ini mudah menjadi lebih gelap dan terlihat jelas. 

Pada beberapa ibu, plasenta akan mengeluarkan hormon yang juga meningkatkan pigmentasi kulit, sehingga membuat kulit di seluruh tubuh menjadi lebih gelap.

Cara Mengurangi Pigmentasi selama Kehamilan

Ketiak hitam saat hamil tidak akan berlangsung selamanya. Karena berbagai perubahan kulit biasanya hilang setelah melahirkan. Namun, kamu dapat mengambil beberapa langkah untuk meminimalkan penggelapan kulit selama kehamilan, yaitu:

  • Lindungi diri dari sinar matahari yang kuat. Paparan sinar matahari adalah salah satu faktor paling signifikan yang memicu pigmentasi. Gunakan tabir surya spektrum luas yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi sebagai bagian dari rutinitas kulit harian. Saat keluar rumah, tutupi diri dengan baju lengan panjang dan topi bertepi lebar.
  • Konsumsi asam folat yang cukup. Perubahan kulit juga dapat terjadi karena kekurangan folat. Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan asupan yang cukup baik dari pola makan atau suplemen.
  • Jangan melakukan waxing. Meskipun waxing mungkin aman selama kehamilan, hal ini dapat menyebabkan peradangan kulit yang dapat memperburuk ketiak hitam saat hamil. 
  • Gunakan produk perawatan kulit hipoalergenik. Pilih pembersih, pelembap, atau krim wajah yang tidak akan membakar atau mengiritasi kulit dan memperburuk penggelapan kulit.

Selain itu, ada beberapa bahan alami yang juga bisa kamu gunakan sebagai perawatan rumahan untuk mengurangi pigmentasi, yaitu:

  • Campuran kunyit, yoghurt, dan susu. Oleskan campuran ini pada ketiak, biarkan hingga benar-benar kering dan tunggu lagi 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Jus lemon dan mentimun. Campur jus lemon dan jus mentimun dengan perbandingan 1:1, lalu oleskan pada kulit ketiak, tunggu sekitar 25 menit lalu bersihkan dengan air dingin. 
  • Tomat. Potong tomat menjadi irisan tipis lalu oleskan ke ketiak sekitar 10 menit, bilas dengan air hangat.
  • Kentang. Oleskan jus kentang pada kulit ketiak sekitar 30 menit sebelum mandi, pori-pori di area ketiak akan mengencang dan menjadi lebih putih.

Kamu mungkin tidak dapat mencegah ketiak hitam saat hamil secara total. Namun, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit jika sudah parah. Menggunakan pelembap selama kehamilan di area ketiak juga dapat mengurangi masalah ini.

Jika merasa terganggu dan ingin mendapat perawatan dari ahlinya, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter spesialis kulit.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Baby Centre. Diakses pada 2022. Skin Changes During Pregnancy.
Mom Junction. Diakses pada 2022. 9 Home Remedies To Deal With Skin Darkening During Pregnancy.
Vinmec. Diakses pada 2022. Why Are Armpits Dark During Pregnancy?