31 May 2018

Berapa sih Durasi Ideal untuk Olahraga saat Puasa?

Berapa sih Durasi Ideal untuk Olahraga saat Puasa?

Halodoc, Jakarta – Sangat penting untuk menjaga kesehatan dan ketahanan fisik saat menjalankan puasa. Tentunya ini tidak hanya melalui asupan makanan yang sehat, tetapi juga olahraga. Sering menjadi pertanyaan, berapa sih durasi ideal untuk olahraga saat puasa? Sebelum mengetahui durasi ideal untuk olahraga saat puasa, ada baiknya kamu tahu dulu manfaat puasa.

Sejatinya, puasa adalah cara yang ampuh untuk membersihkan tubuh dari racun berlebih yang telah terakumulasi dari lingkungan dan makanan. Puasa juga menjadi salah satu metode paling sehat mengontrol nafsu makan dan mengembalikan bentuk tubuh ke berat ideal. (Baca juga: Tujuh Tanda Kamu Olahraga Berlebihan)

Kombinasi puasa dan olahraga akan membuat berat badan ideal yang sudah tercapai bisa bertahan lebih lama alias stabil. Sedangkan, durasi ideal untuk olahraga tentunya tidak ada kesepakatan minimal dan maksimalnya, selama tidak mengganggu daya tahan tubuh.

30-45 menit adalah waktu yang disarankan untuk melakukan olahraga saat puasa dengan catatan tetap memperhatikan kondisi ketahanan tubuh. Beberapa hal yang harus diperhatikan lainnya selain durasi ideal untuk olahraga adalah:

  1. Kondisi Tubuh

Kamu wajib memperhatikan kondisi tubuh sebelum melakukan olahraga. Apakah tubuh terasa fit dan segar untuk diajak mengolah fisik atau justru badan terasa lemas. Bila badan terasa lemas, jangan dipaksakan, bisa-bisa puasa jadi batal atau malahan tidak bisa melanjutkan puasa di hari-hari selanjutnya. (Baca juga: Pilihan Olahraga Keluarga yang Bisa Dilakukan Usai Sahur)

  1. Pola Makan dan Minum

Aturan lainnya yang tidak boleh dianggap sepele adalah pola makan dan minum selama menjalani puasa. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat dan menghindari gorengan saat berbuka. Kalau kamu tetap menjalani pola makan yang tidak sehat saat puasa, latihan fisik yang kamu jalani selama puasa bisa saja sia-sia dan tidak bermanfaat. Ini yang penting harus dipahami dan dijalani.

  1. Jenis Latihan

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jenis latihan yang kamu lakukan. Pilihlah latihan yang tidak terlalu menguras energimu bila waktu yang kamu pilih untuk berolahraga adalah sebelum berbuka puasa. Beberapa jenis latihan yang bisa dilakoni misalnya adalah yoga atau pun renang.

  1. Waktu Berolahraga

Pilih waktu berolahraga yang senyamannya dan tidak mengganggu aktivitas harianmu. Alangkah lebih baik bila kamu berolahraga beberapa jam sebelum berbuka puasa atau setelah berbuka. Pada waktu ini kamu tidak akan begitu merasa lemas karena akan segera mendapatkan energi pengganti. Pastikan saja kamu tidak terlalu lemas sehingga membuat jadwal puasamu terganggu.

  1. Tidur yang Cukup

Bukan hanya durasi ideal untuk olahraga saja yang perlu diperhatikan, melainkan juga tidur yang cukup dan berkualitas. Selama masa puasa, kamu mesti membagi waktu dengan efisien antara bangun tidur untuk sahur dan berolahraga. Pastikan tidurmu cukup dengan memenuhi kuota 8 jam setiap harinya. Tidak hanya karena puasa, tubuh juga bisa lemas karena kurang tidur. Apalagi seharian kamu bakal memiliki aktvitas yang padat. Istirahat yang cukup termasuk salah satu kunci hidup sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. (Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Otot Hilang)

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai durasi ideal untuk olahraga, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa meminta saran ataupun informasi seputar nutrisi sehat dan tubuh bugar selama menjalankan ibadah puasa. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.