• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Macam Obat Alami untuk Atasi Bisul

Berbagai Macam Obat Alami untuk Atasi Bisul

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Berbagai Macam Obat Alami untuk Atasi Bisul

Halodoc, Jakarta - Meski umumnya tidak berbahaya, keberadaan bisul di kulit dapat sangat mengganggu dan menyakitkan. Hal ini membuat banyak orang ingin tahu obat alami untuk mengatasi bisul, alih-alih bersabar menanti bisul matang dan pecah dengan sendirinya. 

Sebenarnya, untuk membantu meredakan nyeri dan mempercepat proses pematangan bisul, ada beberapa cara atau bahan alami yang bisa dicoba di rumah. Ingin tahu apa saja obat alami untuk mengatasi bisul? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga: Mengenal Hidradenitis Suppurativa alias Bisul

Obat dan Cara Mengatasi Bisul Secara Alami di Rumah

Bisul terjadi akibat infeksi bakteri pada folikel rambut, yang menyebabkan kemerahan dan nyeri saat disentuh. Tak hanya itu, bisul juga dapat membesar, dan berisi cairan nanah, yang akan pecah ketika sudah cukup matang. Barulah setelah pecah, proses penyembuhan bisul secara alami terjadi. 

Beberapa obat dan cara alami berikut ini bisa dicoba untuk bisul yang baru tumbuh atau belum matang. Tujuannya agar bisul tidak tumbuh terlalu besar, cepat matang, atau mungkin menghilang tanpa harus matang dan pecah. Berikut ini obat dan cara alami yang bisa dicoba:

1.Kompres Hangat

Cara ini membantu meningkatkan aliran darah di area bisul, sehingga sel darah putih dan antibodi dapat mengalir lancar untuk melawan infeksi. Jadi, cobalah tempelkan handuk yang sudah dicelup ke air hangat di area bisul selama 20 menit. Pastikan suhu tidak terlalu panas ataupun dingin. 

2.Bubuk Kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat membantu penyembuhan bisul secara alami. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara merebus kunyit dengan susu, atau mengoleskan bubuk kunyit yang dicampur dengan sedikit air pada area bisul dua kali sehari. 

3.Tea Tree Oil (Minyak Pohon Teh)

Tak hanya mengatasi jerawat, tea tree oil juga bisa membantu mengatasi bisul, karena sifat antibakteri dan antiseptiknya. Namun, minyak ini tidak boleh langsung dioleskan ke kulit, ya. Campurkan lima tetes tea tree oil dan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, oleskan ke area bisul dengan menggunakan kapas.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Sering Makan Telur Bikin Bisulan

4.Garam Epsom

Garam epsom terkenal dapat membuat tubuh rileks jika dicampurkan ke air mandi. Selain itu, garam ini juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi bisul, karena bisa membantu mengeringkan nanah dalam bisul. Cara menggunakannya mudah, yaitu cukup larutkan garam epsom ke air hangat, lalu celupkan handuk dan tempelkan ke area bisul selama 20 menit.

5.Minyak Kastor (Minyak Jarak)

Minyak kastor, dikenal juga dengan nama minyak jarak, mengandung asam risinolet yang bersifat antiradang. Selain itu, minyak ini juga memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi bisul. Untuk menggunakannya, kamu cukup mengoleskan minyak ini ke bisul tiga kali sehari hingga membaik. 

6.Minyak Mimba (Neem Oil)

Minyak mimba memiliki kandungan antiseptik, antibakteri, dan antimikroba, sehingga juga bisa digunakan untuk mengatasi bisul dan jerawat. Kamu bisa mencoba minyak ini dengan cara mengoleskannya pada area bisul, setidaknya 3 kali sehari.

Baca juga: Ketahui 3 Cara Ampuh Mengatasi Bisul pada Bayi

Itulah beberapa cara dan obat alami untuk mengatasi bisul. Jika setelah mencoba berbagai cara tersebut, bisul tak kunjung sembuh, gunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakannya pada dokter lewat chat, dan beli obat yang diresepkan dokter dengan mudah. 

Sebenarnya, bisul bukan kondisi yang berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Jadi, sebenarnya menjaga kebersihan kulit dan mencoba cara alami saja biasanya sudah cukup untuk mengatasi bisul. Namun, jika bisul benar-benar mengganggu, tidak ada salahnya juga untuk memeriksakannya ke dokter.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. 10 natural and home remedies for ulcers. 
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Science-Backed Home Remedies for Ulcers. 
WebMD. Diakses pada 2021. Ulcer Treatment & Surgery.