23 April 2019

Biar Kuat Seharian, Penuhi Asupan Ini Saat Sahur

Biar Kuat Seharian, Penuhi Asupan Ini Saat Sahur

Halodoc, Jakarta – Mengawali puasa dengan sahur dianjurkan saat berpuasa. Sayangnya, kebanyakan orang sulit bangun sahur karena mengharuskan bangun lebih pagi dibandingkan hari biasa. Itu mengapa banyak orang bangun sahur mendekati waktu imsak dan makan ala kadarnya. Padahal, sahur bukan sekadar aktivitas mengenyangkan perut sebelum berpuasa. Ada banyak manfaat dan aturan saat sahur demi kelancaran berpuasa.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Sahur

Sahur Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Sahur dianjurkan bukan tanpa alasan. Berikut beberapa manfaat sahur bagi tubuh yang perlu diketahui:

  • Memberikan kekuatan dan daya tahan tubuh untuk menjalani puasa. Sahur menjadi sumber energi utama dan memberikan nutrisi penting agar organ tubuh berfungsi optimal selama berpuasa.
  • Mencegah tubuh lemas dan dehidrasi selama berpuasa. Pastikan kamu konsumsi makanan sehat saat sahur agar tubuh kuat selama berpuasa. Sebab, ada beberapa asupan yang justru membuat tubuh mudah lapar dan haus.

Baca Juga: Tidur Setelah Sahur, Bolehkah?

Makanan dan Minuman yang Dibutuhkan Saat Sahur

Sahur bukan sekadar agar perut kenyang, tapi harus diperhatikan tiap asupan yang dikonsumsi. Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur agar puasa berjalan lancar:

1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Saat sahur, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks karena lebih lama dicerna tubuh, sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Asupan ini bisa diperoleh dari nasi merah, roti gandum, dan oatmeal.

2. Protein

Protein diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Asupan ini bisa diperoleh dari daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, susu, yogurt, keju, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik bagi metabolisme dan saluran cerna tubuh. Serat membuat kenyang lebih lama selama berpuasa. Buah yang cocok untuk dikonsumsi saat sahur antara lain kurma, pisang, pepaya, mangga, apel, pir, dan alpukat. Sedangkan sayur yang cocok untuk menu sahur antara lain sayur bening bayam, sup ayam jahe, dan capcay kuah.

4. Air Putih

Air putih berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga kamu terhindar dari risiko dehidrasi selama berpuasa. Aturan minum air putih saat puasa dikenal dengan pola 2-4-2, yakni dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Selain air putih, kamu juga dianjurkan untuk konsumsi minuman elektrolit. Kandungan ion dalam minuman elektrolit membantu mengikat cairan sehingga bertahan lebih lama dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Cara Bangunkan Si Kecil Saat Sahur

Itulah beberapa manfaat sahur bagi tubuh. Kalau kamu termasuk orang yang malas sahur, sebaiknya pertimbangkan kembali karena bagaimanapun, sahur membantu memenuhi nutrisi tubuh selama berpuasa. Kalau kamu punya keluhan sakit saat puasa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!