26 January 2018

Bikin Halusinasi, Hati-Hati 6 Makanan Ini

Bikin Halusinasi, Hati-Hati 6 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Apa yang kamu pikirkan saat mendengar tentang narkoba? Obat-obatan terlarang yang mengandung zat adiktif serta memberikan efek samping halusinasi. Biasanya, orang mengonsumsi narkoba karena “coba-coba” namun akhirnya jadi terlena dan ketagihan. Akhirnya, sulit lepas dan terus menerus merasa butuh.

Tak cuma narkoba saja yang bisa menimbulkan halusinasi jika dikonsumsi berlebihan. Daun ganja, yang juga termasuk dalam daftar barang illegal, pun bisa memberikan efek yang sama. Oleh karena itu, kalau kamu ingin sehat dan terhindar dari dampak negatif obat-obatan terlarang sebaiknya sekali pun mencoba.

Daripada manfaat baik, lebih banyak dampak negatif yang dirasakan. Misalnya, kondisi kesehatan menurun, kecerdasan menurun, emosi tidak stabil, dan halusinasi. Nah, tahukah kamu jika selain narkoba dan daun ganja, ada beberapa makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari yang bisa menimbulkan halusinasi, lho.

Kamu tentu sudah akrab dengan cabai, kopi, dan pala. Siapa sangka, bahwa makanan tersebut ternyata bisa memberikan efek halusinasi pada seseorang yang mengonsumsinya. Membatasi konsumsi makanan tersebut dapat menekan risiko yang menyebabkan kamu berhalusinasi. Apalagi, makanan-makanan itu jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan sulit tidur.

Dilansir dari Boldsky, inilah enam jenis makanan yang bisa menimbulkan halusinasi jika dikonsumsi berlebihan. Yuk cari tahu selengkapnya!

1. Pala

Tahukan kamu jika biji pala mengandung senyawa organik yang disebut myristicin? Senyawa ini jika dikonsumsi berlebihan bisa membuat kamu merasa pusing hingga paranoid. Jadi, kalau pun kamu perlu menggunakan pala sebagai campuran masakan sebaiknya dalam jumlah kecil saja. Apalagi kalau kamu merasakan keanehan setelah mengonsumsi pala, sebaiknya langsung berhenti menggunakannya, ya.

2. Cabai

Kandungan dalam cabai bisa merangsang hormon endorfin dengan cepat. Jadi kalau kamu mengonsumsi cabai berlebihan bisa merangsang perasaan euforia berlebihan. Bahkan jika perasaan ini terlalu menggebu, bisa membuat seseorang jadi pingsan, lho.

3. Mulberry

Buah mulberry memang memiliki rasa yang cukup banyak disukai. Namun di balik rasa yang menggoda ini, ia bisa menimbulkan halusinasi pada yang mencicipinya. Dikutip dari Boldsky, mulberry  bisa memberikan kamu pengalaman trippy dan bisa merangsang sistem saraf.

4. Jamur

Ada banyak sekali jenis jamur yang biasa dikonsumsi dan dimasak. Namun, ada banyak juga jamur yang beracun dan mengandung senyawa psychedelic seperti psilocybin dan psilocin. Jamur jenis ini bisa memicu halusinasi jika kamu konsumsi. Agar tak salah pilih, sebaiknya hindari konsumsi jamur yang tidak tidak kamu ketahui jenisnya karena bisa menyebabkan keracunan makanan.

5. Roti Berjamur

Meski baik untuk jadi pilihan menu diet, namun roti gandum yang sudah berjamur juga mengandung bahan kimia yang bisa membuat kamu merasa aneh. Ini karena jamur ergot yang muncul di atas roti gandum ini mengandung zat kimia psikoaktif. Jadi kalau kamu menemukan roti kamu berjamur, langsung buang dan jangan memilah-milah mana bagian yang tidak berjamur, ya.

6. Kopi

Sudah akrab memang kalau kopi menjadi “teman” bekerja saat kamu lembur. Kandungan kafein dalam kopi disebut-sebut bisa membuat mata jadi lebih segar sehingga kamu lebih fokus bekerja. Namun, perlu diingat bahwa kafein juga bisa meningkatkan risiko berhalusinasi. Dan jika dikonsumsi berlebihan, kafein juga bisa menyebabkan keracunan. Apalagi bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan, kopi bisa meningkatkan asam lambung.

 

Perhatikan selalu asupan makanan yang kamu konsumsi. Sebaiknya, tidak berlebihan agar tidak terkena dampak negatifnya, ya. Sedia selalu aplikasi Halodoc di smartphone kamu. Dengan Halodoc kamu jadi bisa bicara langsung dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Jadi kalau kondisi kesehatan kamu terganggu, kamu tetap bisa menghubungi dokter kapan saja, dimana. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan saran dokter jika diperlukan. Selain itu, kamu juga bisa membeli vitamin dan suplemen yang dibutuhkan dan pesanan akan diantar dalam satu jam, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.