07 November 2017

Bingung Pilih yang Terbaik, Ini Cara Tepat Pilih Popok Bayi

Bingung Pilih yang Terbaik, Ini Cara Tepat Pilih Popok Bayi

Halodoc, Jakarta – Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, mulai dari pakaian, sepatu, produk perawatan tubuh, perlengkapan bayi termasuk popok.  Namun, karena popok bersentuhan langsung dengan kulit bayi, jadi pilihlah popok yang berkualitas baik ya. Berikut cara memilih popok bayi yang terbaik.  

Kenali Dua Jenis Pokok yang Ada
Ada dua jenis popok yang bisa ibu pililh untuk si kecil, yaitu popok kain dan popok sekali pakai. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kenali dulu kedua jenis popok ini, agar ibu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan si kecil.

1.  Popok Kain
Orangtua yang memilih popok kain biasanya karena faktor harga yang lebih murah. Popok kain yang sudah kotor dapat dicuci, sehingga dapat digunakan berulang kali. Popok kain juga dapat disimpan dan digunakan kembali untuk anak kedua, sehingga ibu dapat menghemat pengeluaran untuk membeli popok. Hanya dibutuhkan sekitar 15-20 popok kain untuk memenuhi kebutuhan seorang bayi. Kini popok kain pun sudah tersedia dalam berbagai model dan pilihan warna yang menarik.  Bahkan sudah ada popok kain yang menggunakan perekat atau kancing.

Namun, popok kain juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu mudah bocor, tidak praktis karena harus dicuci dulu, dikeringkan baru bisa dipakai lagi, sedangkan popok kain juga harus sering diganti.

Jika ibu memutuskan untuk menggunakan popok kain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Popok kain yang terkena pipis bayi bisa langsung dicampurkan menjadi satu dengan pakaian kotor. Tapi popok kain yang terkena feses harus dibersihkan terlebih dahulu. Ibu bisa menyemprotkan campuran air dan baking soda pada popok agar tidak terlalu bau.
  • Perhatikan juga ketika mencuci popok kain. Pisahkan popok kain dari pakaian lain, lalu gunakan detergen serta pelembut pakaian yang aman digunakan untuk kulit bayi yang sensitif dan tidak menimbulkan reaksi alergi atau ruam.


2.  Popok Sekali Pakai
Kebanyakan orangtua lebih memilih popok sekali pakai karena lebih mudah dan praktis untuk digunakan. Popok jenis ini juga tidak perlu sering diganti karena mengandung gel peresap cairan yang mampu menahan cairan dalam jumlah yang banyak. Gel peresap tersebut juga berfungsi untuk membuat kulit bayi tetap kering sehingga bayi dapat merasa nyaman. Kini, popok sekali pakai juga sudah ada yang terbuat dari bahan yang memungkinkan adanya aliran udara ke kulit bayi.

Kekurangan dari popok sekali pakai adalah membutuhkan biaya yang lebih besar, karena popok sekali pakai tidak bisa digunakan kembali sehingga ibu harus membeli popok dalam jumlah yang sangat banyak.   

Jika ibu memutuskan untuk menggunakan popok sekali pakai, ini hal-hal yang harus ibu perhatikan:

  • Pilih popok sesuai ukuran bayi. Jika kulit bayi di pangkal paha dan pinggang memerah atau ada tanda karet, bisa jadi itu karena popok terlalu ketat. Ibu bisa melonggarkannya sedikit atau membeli popok dengan ukuran yang lebih besar.
  • Pilih popok berdaya serap tinggi dan berbahan lembut. Karena saat ini banyak sekali popok yang mengunggulkan daya serap tinggi, namun ternyata tidak berbahan lembut. Jika timbul ruam di sekitar selangkangan dan pinggang, mungkin kulit bayi sensitif terhadap popok merek tersebut. Jadi segera ganti dengan yang berbahan lebih lembut. Sedangkan daya serap tinggi dapat membuat kulit bayi tetap kering, sehingga dapat tidur lebih nyaman.
  • Biasakan selalu mencuci tangan setelah menganti popok bayi untuk mencegah penyebaran kuman.
  • Kosongkan tempat sampah secara teratur, minimal sekali sehari agar tidak menimbulkan bau tidak sedap dan pertumbuhan bakteri.


Kulit bayi lebih sensitif dibanding orang dewasa, karena itu orangtua perlu memberi perhatian khusus kepada bahan dan jenis popok agar si kecil tetap sehat dan nyaman sepanjang waktu. Jika timbul masalah pada kulit bayi, ibu dapat langsung menanyakannya kepada dokter melalui aplikasi
Halodoc. Dokter di Halodoc siap membantu dan memberikan saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Hanya tinggal order dan pesanan akan diantar dalam waktu satu jam. Ayo, download Haodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.