18 May 2018

Bisakah Ibu Membantu Meningkatkan Perkembangan Otak Janin?

Bisakah Ibu Membantu Meningkatkan Perkembangan Otak Janin?

Halodoc, Jakarta — Apakah ada cara khusus yang bisa ibu dan ayah lakukan untuk membantu meningkatkan perkembangan otak janin agar Si Kecil bisa tumbuh menjadi anak yang pintar? Menurut pendapat beberapa ahli, bisa saja. Meskipun kecerdasan lahir secara genetik, lingkungan tempatnya berkembang juga berpengaruh, lho!

Seorang ahli nutrisi dari California State University mengatakan bahwa cara terbaik meningkatkan perkembangan otak janin adalah menjaga agar janin bisa tumbuh tanpa halangan. Artinya, sebelum merencanakan kehamilan, ayah dan ibu perlu menjauhi hal-hal yang bisa berpengaruh negatif seperti alkohol, rokok, atau kafein. Kandungan kimia yang berasal dari luar tubuh bisa mengganggu proses pembentukan kecerdasan janin.

Ibu bisa membantu perkembangan otak janin dengan memilih makanan yang tepat. Karena sekarang ibu makan untuk dua orang, ibu membutuhkan nutrisi yang bisa mencukupi kebutuhan dua orang. Suplemen vitamin bisa ibu makan sebagai tambahan nutrisi. Namun, jangan sampai suplemen ini menggantikan nutrisi dari makanan alami, ya.

Kalau ibu mau tahu suplemen vitamin apa yang baik untuk wanita hamil, ibu bisa langsung hubungi dokter. Fitur-fitur ini bisa ibu manfaatkan di aplikasi Halodoc, kok! Enggak perlu repot-repot lagi, deh. Di aplikasi Halodoc, ibu juga bisa buat janji cek lab dan nanti petugas lab yang akan datang ke tempat ibu.

Selain vitamin, para ahli juga menyarankan wanita hamil untuk mengonsumsi lima atau enam porsi sayuran dan buah, serta lima porsi makanan yang mengandung gandum. Lemak dan protein yang diberikan makanan ini sangat penting untuk pembentukan otak. 12 persen dari total kalori ibu sebaiknya adalah protein, 30 persennya lemak baik dan 10 persennya gula.

Kalau ibu mau makan makanan laut, perhatikan pilihan makanan lautnya karena beberapa makanan laut mengandung merkuri yang jahat bagi janin. Di awal kehamilan, janin masih sangat rapuh dan beberapa infeksi bisa menyebar lewat beberapa media, termasuk kotoran hewan peliharaan. Toxoplasmosis, parasit di dalam kotoran kucing, dapat merusak otak janin. Makanya, saat sedang hamil, sebisa mungkin ibu jangan dekat-dekat dengan tempat peliharaan buang air, ya. Minta tolong suami atau orang lain untuk mengganti tempat buang air yang sudah kotor.

Apa ibu masih penasaran dengan tips lainnya? Download langsung aplikasi Halodoc supaya ibu bisa bertanya langsung pada dokter ahli. Aplikasinya tersedia di App Store dan Google Play.