• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Kanker Payudara Sembuh tanpa Pengangkatan?

Bisakah Kanker Payudara Sembuh tanpa Pengangkatan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Orang yang mengidap kanker payudara stadium dini berisiko rendah untuk mengalami komplikasi, sehingga terkadang pada situasi tertentu kemoterapi tidak diperlukan. Kanker payudara stadium awal, artinya kanker belum menyebar ke luar area payudara, seperti kelenjar getah bening dan sekitarnya.

Jika selama ini kita memandang kalau penyembuhan kanker payudara dapat semata dilakukan dengan pengangkatan ternyata tidak sepenuhnya benar demikian. Simak pembahasan mengenai proses penyembuhan kanker payudara di bawah ini!

Memahami Proses Pengangkatan Payudara

Operasi kanker payudara adalah komponen kunci dari perawatan kanker payudara yang melibatkan pengangkatan kanker dengan operasi. Operasi dapat digunakan secara independen ataupun dikombinasikan dengan perawatan lain, seperti kemoterapi, terapi hormon, maupun terapi radiasi.

Baca juga: Kenali Lebih Dalam 3 Jenis Kanker Payudara yang Bisa Menyerang

Bagi orang-orang dengan risiko kanker payudara yang sangat tinggi, operasi kanker payudara dapat menjadi pilihan untuk mengurangi risiko kanker payudara di masa depan. Operasi kanker payudara mencakup berbagai prosedur, seperti:

  1. Operasi untuk mengangkat seluruh payudara (mastektomi).

  2. Pembedahan untuk mengangkat sebagian jaringan payudara (lumpektomi).

  3. Pembedahan untuk mengangkat kelenjar getah bening di sekitarnya.

  4. Pembedahan untuk merekonstruksi payudara setelah mastektomi.

Operasi kanker payudara mana yang terbaik untuk pengidap kanker payudara tergantung pada ukuran dan stadium kanker yang dimiliki. Pilihan perawatan sebaik-baiknya dikonsultasikan kepada dokter.

Informasi lebih lanjut mengenai kanker payudara dengan pengangkatan ataupun non pengangkatan bisa kamu dapatkan melalui kontak Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orang tua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Baca juga: 3 Langkah Deteksi Kanker Payudara

Bisa Kumat Lagi?

Ternyata sel kanker payudara bisa kambuh lagi alias tumbuh, bahkan setelah pengangkatan. Ini bisa terjadi dalam hitungan bulan, bahkan bisa jadi tahun. Ada banyak penjelasan kenapa sel kanker bisa kambuh, bisa jadi ketika proses pengobatan sel kanker malah bersembunyi di area lain. 

Sel kanker ternyata juga bisa tidur alias tidak aktif, sehingga tidak terdeteksi saat proses pengangkatan. Sebagai informasi ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kanker payudara kambuh lagi meski sudah dilakukan pengangkatan. Faktor risiko tersebut adalah:

  1. Memiliki tumor kanker payudara yang besar.

  2. Usia muda 35 tahun ke bawah cenderung mengalami kekambuhan kanker payudara.

  3. Sel kanker yang ada memiliki sifat karakteristik tertentu.

  4. Tidak menerima terapi radiasi yang maksimal, sehingga ada area yang tidak sengaja tidak terkena paparan radiasi yang menyebabkan pertumbuhan spontan yang memicu kanker kembali

Pola Makan Sehat untuk Penyintas Kanker Payudara

Setelah menjalani pengobatan dan perawatan setelah penyintas kanker payudara harus mengevaluasi kembali penerapan pola gizi dan kesehatannya. Diet sehat hanyalah satu dari beberapa faktor yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, olahraga, dan manajemen stres sama pentingnya dalam meningkatkan kesehatan dan pemulihan secara keseluruhan.

Tidak ada makanan atau suplemen makanan yang akan bertindak sebagai penyembuh untuk mencegah kanker payudara datang kembali. Menurut National Cancer Institute untuk mencegah kanker payudara muncul kembali, ada beberapa pedoman hidup sehat yang perlu diikuti, yaitu:

  1. Meningkatkan asupan buah, sayuran, dan biji-bijian.

  2. Mengurangi asupan lemak.

  3. Meminimalkan asupan makanan yang diasamkan dan diasap.

  4. Mempertahankan berat badan yang sehat.

  5. Konsumsi alkohol sebaiknya dihentikan untuk selamanya.

Referensi:

MD Anderson Cancer Center. Diakses pada 2019. Breast Cancer Treatment without Surgery.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Breast Cancer Surgery.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2019.  Nutrition for Breast Cancer Patients and Survivors.