25 May 2018

Bisakah Vitamin Mengatasi Hiperhidrosis?

Bisakah Vitamin Mengatasi Hiperhidrosis?

Halodoc, Jakarta — Berkeringat berlebihan atau biasa disebut dengan penyakit hiperhidrosis, menurut Harvard Medical School adalah masalah yang memengaruhi kira-kira 1 sampai 3 persen populasi dunia.  Bagian tubuh yang paling sering berkeringat adalah telapak tangan, kaki, ketiak, dan area pangkal paha. Karena produksi keringat berada di bawah kendali sistem saraf simpatik, nutrisi yang mendukung fungsi sistem saraf, seperti vitamin B, dapat membantu mengurangi gejala hiperhidrosis.

Sebagian besar kasus keringat berlebihan dapat dikaitkan dengan hiperhidrosis. Meksipun tidak berbahaya bagi kesehatan, gangguan ini bisa menimbulkan dampak emosional pada orang-orang yang hidup dengan kondisi tersebut.

Belum bisa dipastikan apa yang menjadi penyebab keringat berlebihan. Namun, kelenjar keringat diaktifkan oleh sistem saraf simpatik selama masa stres dengan menggunakan sinyal kimia. Penderita hiperhidrosis sangat peka terhadap sinyal ini, sehingga menghasilkan lebih banyak keringat daripada rata-rata orang dalam kondisi serupa.

Tahukah kamu, ternyata vitamin B kompleks memiliki fungsi penting dalam pemeliharaan dan pengaturan sistem saraf. Tingkat vitamin B kompleks yang rendah dapat memengaruhi respons tubuh terhadap stres. Tubuh menjadi peka terhadap rasa cemas dan tegang, sehingga memicu keringat berlebih. Asupan makanan yang kaya vitamin B dapat membantu mengurangi atau mengendalikan gejalanya.

Itulah sebabnya, sangat disarankan mengonsumsi makanan alami yang kaya vitamin B kompleks seperti daging, daging unggas, makanan laut, telur, dan produk susu. Sumber vitamin B ada pada sayuran meliputi biji-bijian, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan kacang polong. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan suplemen yang digunakan bersamaan dengan diet seimbang. Kamu bisa bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan rekomendasi suplemen yang tepat.

Selain bisa bertanya kepada para dokter melalui layanan video/voice call atau chat tentang suplemen yang tepat dan penyakit hiperhidrosis, di aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli suplemen dan vitamin melalui layanan Apotek Antar. Pesanan akan diantar langsung ke rumah kurang dari satu jam. Selain itu, kamu juga bisa cek lab tanpa perlu keluar rumah. Sangat praktis kan? Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.