4 Minuman Segar untuk Berbuka yang Enggak Bikin Perut Kaget

minuman untuk berbuka
MAKANAN SEHAT 13 June 2018

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang mengindamkan minuman segar sebagai menu berbuka puasa. Setelah berpuasa selama lebih dari 12 jam, melepas dahaga menjadi satu hal yang seolah ingin disegerakan. Tapi hati-hati, sebaiknya kamu lebih cermat dalam memilih jenis minuman segar untuk berbuka puasa.

Alih-alih membuat segar, salah memilih asupan saat berbuka puasa malah bisa menyebabkan perut “kaget” dan memicu terjadinya masalah lambung. Sebab ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat perut berada dalam keadaan kosong, misalnya setelah puasa.

Jenis minuman yang sebaiknya dihindari adalah minuman yang memiliki suhu dingin. Nyatanya langsung menenggak minuman dingin saat berbuka puasa malah bisa membuat kembung dan masalah perut lainnya. Lantas, apa saja minuman segar untuk berbuka puasa yang enggak bikin perut kaget?

1. Air putih

Saat sedang haus, bahkan segelas air putih pun akan terasa menyegarkan. Dan jangan salah, minum air putih saat berbuka puasa juga bisa memberi sejumlah manfaat baik bagi tubuh.

(Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Air Putih yang Cukup saat Bulan Puasa)

Mengonsumsi air putih juga bisa membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Sehingga kamu  akan terhindar dari dehidrasi yang bisa memicu berbagai penyakit lainnya. Sebaiknya, biasakanlah untuk minum setidaknya segelas air putih yang memiliki suhu normal, artinya bukan air dingin. Sebagai pendampingnya, kamu bisa menyantap beberapa butir kurma.

2. Air kelapa muda

Satu gelas es kelapa memang menggoda untuk berbuka puasa. Tapi, air kelapa murni ternyata jauh lebih dianjurkan. Tak hanya sebagai pelepas dahaga, mengonsumsi air kelapa muda saat berbuka puasa pun bisa memberi banyak kebaikan dari kandungan nutrisi yang dimiliknya.

Air kelapa terdiri dari 90 persen lebih cairan yang bisa menghidrasi tubuh dengan  luar biasa. Selain itu, air kelapa murni juga mengandung sejumlah mineral yang dibutuhkan tubuh.

(Baca juga: 9 Buah yang Baik untuk Menghidrasi Tubuh Saat Puasa)

3. Jus buah

Salah satu minuman segar yang juga baik untuk berbuka puasa adalah satu gelas jus buah. Pilihlah jenis buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Nah, agar manfaatnya maksimal, pastikan untuk tidak mencampur es batu atau gula tambahan secara berlebih ke dalam jus.

4. Teh manis hangat

Agar perut tidak kaget, biasakanlah untuk selalu mengawali buka puasa dengan segelas teh manis hangat. Minuman manis dibutuhkan untuk membantu menormalkan kembali kadar gula darah setelah berpuasa. Yang perlu diingat, mengonsumsi minuman manis saat berbuka puasa sebaiknya secukupnya saja.

Mengonsumsi minuman hangat telah terbukti memiliki sederet manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adakah meningkatkan sirkulasi darah serta melindungi organ dalam tubuh dari kerusakan.

Yang tak kalah menakjubkan, minum air hangat saat berbuka puasa ternyata bisa memberi manfaat tersendiri. Air hangat bisa membuat suhu tubuh lebih cepat kembali normal. Sehingga lambung akan lebih mudah menyesuaikan setelah lama tidak makan dan minum.

(Baca juga: Hati-Hati! Buka Puasa Pakai Es Bikin Perut Kaget)

Segelas air hangat saat berbuka puasa juga dapat menghindari gangguan pencernaan dan akan melancarkan aliran darah menuju usus sehingga mencegah terjadinya sembelit selama bulan puasa.

Selain mengatur jenis makanan yang dikonsumi, menjaga kesehatan selama puasa juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi suplemen untuk melengkapi zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Kini lebih mudah  belanja suplemen vitamin atau produk kesehatan lain dengan aplikasi Halodoc. Pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download  sekarang di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya