4 Tips Hubungan Bebas Perselingkuhan

July 10, 2017 4 Tips Hubungan Bebas Perselingkuhan

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu jika selingkuh dapat memberikan “penyegaran” dalam sebuah hubungan? Bukan berarti harus atau boleh dilakukan, namun dengan adanya selingkuh itu menandakan adanya hubungan yang tidak sehat antara kamu dan si Dia. Tidak jarang sebuah hubungan hancur karena salah satu pasangan melakukan perselingkuhan.

Saat seseorang selingkuh, secara tidak langsung beberapa masalah yang selama ini tidak disadari pun akhirnya muncul. Misalnya rasa tidak puas terhadap pasangan atau rasa kesal yang lama tidak diungkapkan. Ada dua kemungkinan, pertama hubungan jadi renggang atau justru membuat masing-masing individu berusaha untuk memperbaiki hubungan menjadi lebih baik lagi saat terjadi perselingkuhan.

Oleh karena itu dalam sebuah hubungan sebaiknya saling menjaga perasaan masing-masing dan juga komitmen. Tidak mudah memang, namun apabila dijalani bersama hubungan asmara kamu dan si Dia pun dapat selalu langgeng. Nah berikut ini adalah 4 tips bebas perselingkuhan yang perlu kamu ketahui:

1.  Memberikan Kepercayaan
Apabila pasangan menunjukkan tanda-tanda kedekatan dengan orang lain sebaiknya tidak langsung cemburu. Berikan kepercayaan pada si Dia untuk menjalani kehidupannya sedangkan kamu sendiri berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik (dari orang yang dekat dengan Dia).

Selingkuh biasanya dilakukan dengan orang yang berada di lingkungan pasangan. Misalnya lingkungan kerja atau teman sepermainan. Cemburu boleh saja namun jangan tunjukan dengan emosi yang menggebu, namun tunjukan pada pasangan kamu jika kamu lebih baik dari orang lain.

Berikan pasangan kepercayaan untuk melakukan hal-hal yang ia suka namun juga bicarakan mengenai rasa tidak nyaman kamu jika ia terlalu dekat dengan orang lain. Ungkapkan jika sikapnya dekat orang lain itu bisa menyakiti kamu atau membuat kamu bersedih. Tapi di sisi lain kamu juga tidak ingin pasangan merasa terkekang dan kamu memberikan kepercayaan sepenuhnya pada si Dia untuk bertindak. Jadi si Dia pun mengerti dan berusaha untuk tetap menjaga komitmen bersama kamu.

2.  Memahami Perasaan
Menurut Yourtango, pria berselingkuh justru karena ia ingin menyelamatkan hubungannya. Seorang pria bisa menjalani kehidupan baik-baik saja dengan pasangannya namun karena merasa tidak puas akan sesuatu maka ia pun mencari orang lain. Meski demikian, umumnya pria berselingkuh bukan karena ingin mengakhiri hubungannya dengan pasangan, namun justru melampiaskan emosi dengan cara yang “salah”.

Oleh karena itu, memahami pasangan kamu adalah hal yang penting. Seperti permukaan air yang tenang, tak ada yang meyadari arus deras yang ada di dalamnya. Sebuah hubungan asmara bukan cuma urusan cinta dan perasaan, namun juga memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pasangan.

Perhatikan apakah pasangan kamu sedang mengalami masalah di kantor atau mengalami stres. Bantu ia untuk melalui masa-masa sulit dengan menjadi teman bicara yang baik. Jika kamu bisa menjadi orang yang paling mengerti dirinya, dia tentu tidak bisa menemukan alasan untuk merasa tidak puas dengan kehadiran kamu yang selalu berada di sisinya.

3.  Menerima Perubahan
Seiring dengan berjalannya waktu, diri seseorang dapat berubah. Sama seperti pasangan kamu yang mungkin saja berubah setelah sekian lama bersama. Perubahan ini tidak selalu dapat diterima namun bukannya tidak mungkin dipahami. Misalnya seperti kebiasaan mendengkur yang muncul karena usia atau bentuk tubuh yang melebar karena pola makan.

Perubahan-perubahan fisik ini bukannya tidak mungkin membuat pasangan jadi terganggu. Namun tidak benar jika mencari pengalihan karena perubahan fisik seseorang. Ketika mencintai seseorang, maka kamu pun harus menerima diri pasangan seutuhnya. Baik karakter maupun bentuk fisiknya. Apabila kamu sudah memahami ini, tentu setiap perubahan dalam diri pasangan akan bisa kamu terima tanpa mengeluh atau terpaksa.

4.  Melakukan Konseling
Selain menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan, menerima konseling adalah cara terbaik untuk menjaga hubungan asmara tetap adem ayem. Tak ada salahnya untuk bersama pasangan menemui psikolog untuk membicarakan masalah hubungan kamu. Tidak perlu rutin tapi sesekali menerima saran dari orang yang ahli di bidang asmara dapat membuat hubungan kamu dan si Dia menjadi lebih dekat.


Nah, apabila kamu membutuhkan saran dari ahli psikologi saat menghadapi masalah dengan pasangan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Ada dokter ahli psikologi dan kejiwaan yang siap memberikan saran terbaik untuk setiap masalah yang dihadapi. Yuk, hubungi dokter pilihan kamu dan mulai diskusi dengan Chat, Video Call, atau Voice Call. Download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang.