5 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   04 Juni 2018
5 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan5 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Blewah adalah salah satu buah unik, karena umumnya hanya disajikan selama Ramadan saja. Buah ini sepintas mirip melon atau labu. Di antara kamu, pasti ada yang sangat gemar mengonsumsi es buah saat berbuka puasa kan? Nah, biasanya kamu pasti tidak asing dengan buah satu ini. Buah ini biasanya disandingkan dengan buah melon, semangka, dan pacar cina dalam sajian es buah untuk berbuka puasa yang rasanya manis dan pastinya menyegarkan.

Selain nikmat dan menyegarkan, buah ini ternyata juga menyimpan banyak sekali manfaat, lho. Sebelum beranjak lebih jauh membahas manfaat buah blewah untuk kesehatan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah blewah, yaitu vitamin A, vitamin C, kalium, folat, magnesium, mangan, tembaga, seng, kobalt, dan krom. Sudah terbayang kan betapa bermanfaatnya buah blewah untuk tubuhmu? Nah, berikut ulasannya:

  1. Menurunkan Berat Badan

Kabar baik untuk kalian yang sedang memanfaatkan puasa di bulan Ramadan ini sebagai ajang menurunkan berat badan. Sebab, manfaat buah blewah untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menurunkan berat badan. Kandungan rendah gula dan kalorinya cocok untuk kamu santap saat berbuka puasa. Selain itu, buah ini juga dapat membuatmu merasa kenyang, sehingga terhindar dari makan berlebihan saat berbuka puasa.

  1. Menurunkan Kolesterol

Saat berbuka puasa, orang Indonesia biasanya cenderung mengonsumsi gorengan. Nah, ada baiknya kamu juga mengonsumsinya bersamaan dengan buah blewah karena buah ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Hal ini disebabkan karena buah blewah mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yakni 36,7 miligram atau setara dengan 61 persen kebutuhan vitamin C harian. Dengan rajin mengonsumsi buah blewah saat buka puasa, maka kesehatan kardiovaskulermu akan lebih terjaga. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat membuat dinding kapilermu menjadi lebih kuat.

(Baca juga: Makan Malam Sehat untuk Pengidap Kolesterol)

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang cukup banyak pada buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kedua matamu. Buah ini mampu memenuhi 68 persen kebutuhan vitamin A harianmu. Selain itu, vitamin A juga berguna untuk mencegah efek radikal bebas akibat polusi udara yang kamu terima saat beraktivitas di perkotaan.

  1. Membuat Janin Sehat

Buah blewah juga ternyata sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Pasalnya, buah blewah mengandung asam folat yang sangat tinggi. Asam folat ini berguna untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi ibu hamil demi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

(Baca juga: Makanan Sehat untuk Pertumbuhan Otak Janin)

  1. Merawat Kulit

Kulit yang sehat dan terawat adalah impian semua wanita. Nah, kamu pun dapat menjaga kesehatan kulit tersebut dengan mengonsumsi makanan yang tepat, salah satunya adalah buah blewah. Kenapa buah blewah? Karena buah ini mengandung vitamin A dan C yang sangat banyak seperti yang disebutkan sebelumnya. Vitamin C akan membantu sintesis kolagen dan menangkal radikal bebas yang terus menyerang kulit kita. Sementara, vitamin A akan mambantu mencerahkan warna kulit, mencegah penuaan dini, dan membuat kulit terasa kencang.

Kini kamu dapat mencampur buah blewah ke dalam sajian buka puasamu karena manfaat buah blewah untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Nah, kalau kamu punya masalah kesehatan lainnya, bicarakan saja langsung dengan dokter ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa meminta saran kesehatan dan rekomendasi obat kepada dokter kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan