Bukan Cuma Tambah Subur, Makan Tauge Beri Manfaat Besar

Bukan Cuma Tambah Subur, Makan Tauge Beri Manfaat Besar
DIET & NUTRISI 23 January 2018

Halodoc, Jakarta – Tauge telah lama dikenal sebagai makanan yang dapat menambah tingkat kesuburan. Pada pria, kandungan vitamin E yang ada pada tauge dapat menjaga kesuburuan dengan cara melindungi sel-sel telur dan sperma dari serangan radikal bebas.

Namun ternyata tauge tak hanya berkhasiat bagi kesuburan. Lebih dari itu, rutin mengonsumsi tauge nyatanya membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mau tahu apa saja manfaat makan tauge?

  1. Baik untuk Pencernaan

Tauge disebut sebagai makanan yang mengandung vitamin C, zat besi dan zinc. Dan sejumlah ahli meyakini bahwa makanan dengan zat gizi tersebut cukup mudah untuk dicerna oleh tubuh. Hal inilah yang kemudian menjadikan tauge sebagai pilihan makanan saat seseorang tengah mengalami masalah pencernaan.

Selain itu, tauge juga banyak mengandung enzim yang dapat melancarkan proses metabolisme. Hal ini tentu akan berpengaruh juga pada kesehatan pencernaan. Maka tak salah jika tauge disebut sebagai makanan yang baik untuk pencernaan.

  1. Melancarkan Darah

Rutin mengonsumsi tauge disebut dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Pasalnya nutrisi yang ada pada tauge dapat membantu mempertahankan dan membuat seimbang jumlah sel dalam darah. Sehingga kamu pun  akan terhindar dari anemia.

Anemia penyakit yang terjadi saat tubuh kekurangan zat besi yang menyebabkan menurunnya kadar sel darah merah dalam tubuh. Kondisi ini cukup mengganggu karena gejala yang sering ditimbulkan adalah rasa lelah berlebih, mual, pusing, kurang konsentrasi dan rasa nyeri pada bagian perut.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi tauge secara konsisten pun disebut mampu menjaga kesehatan jantung. Sebab tauge termasuk jenis makanan yang banyak mengandung lemak omega-3. Lemak baik ini dapat membantu “memerangi” lemak jahat dalam tubuh, dan menjadikannya lebih sehat dan bugar.

Bahkan tauge  juga disebut mampu mencegah terjadinya stroke. Karena kandungan kalium dalam tumbuhan ini dapat memberi efek tenang pada arteri pembuluh darah. Itu akan membuat sirkulasi dan peredaran oksigen dalam tubuh menjadi lebih lancar. sehingga risiko penyempitan pembuluh darah, serangan jantung dan stroke pun akan  menurun.

  1. Kekebalan Tubuh

Tauge mengandung vitamin C yang bisa menjadi “booster” bagi sistem imun alias kekebalan tubuh. Saat seseorang memiliki sistem imun yang baik, biasanya dia akan memiliki risiko terserang penyakit lebih rendah.

Selain  itu, vitamin C juga dapat membantu melengkapi sel-sel darah putih dalam tubuh dalam menjalankan tugasnya yaitu melawan infeksi atau penularan penyakit tertentu. Tauge juga memiliki sejumlah kandungan vitamin lainnya, termasuk vitamin A. Seluruh kandungan ini tentunya penting untuk membuat tubuh lebih bugar dan segar.

Jangan Mengonsumsi Tauge Mentah

Meski baik bagi kesehatan, namun sebaiknya kamu menghindari konsumsi tauge dalam keadaan mentah. Karena hal ini malah bisa menyebabkan masalah yang tak diinginkan.

Tauge mentah biasanya memiliki kemungkinan mengandung bakteri salmonella. Yaitu satu  jenis bakteri yang dapat menyebabkan terjadinnya penyakit seperti diare, sakit kepala hingga demam. Agar aman, tauge bisa diolah dengan cara ditumis sebelum dimakan.

Meski ukurannya kecil, ternyata tauge memiliki banyak khasiat serta manfaat  bagi tubuh, ya. Namun jangan hanya menggantungkan soal kesehatan dengan pola makan semata. Lengkapi  dengan aplikasi Halodoc di ponsel kamu. Halodoc dapat membantu kamu di saat sakit, atau butuh bantuan dan saran seputar masalah kesehatan. Menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, serta membeli obat dan merencanakan pemeriksaan laboratorium semakin mudah dengan Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya