Cara Cuci Bra Pengaruhi Kesehatan

Cara Cuci Bra Pengaruhi Kesehatan
SEKS 06 November 2017

Halodoc, Jakarta – Bentuk bra yang tidak sesuai bisa memengaruhi bentuk payudara, lho. Jika kamu perhatikan, bisa saja bra yang kamu miliki telah berubah bentuk sheingga menjadikannya tidak lagi memiliki bentuk tali atau cup sesempurna pertama kali kamu membelinya.

Bisa jadi, cara kamu mencuci bra ini adalah penyebab mengapa bra yang kamu miliki tak lagi berbentuk seperti semula. Tahukah kamu jika selain memengaruhi bentuk payudara, bra yang tidak sesuai juga bisa menimbulkan masalah kesehatan? Beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul karena bra yang tidak sesuai adalah rasa tidak nyaman dan sakit pada payudara hingga menjadikan payudara menjadi kendur.

Nah agar tak salah mencuci bra, yuk cari tahu dulu cara cuci bra yang tepat dilansir dari Prevention berikut ini:

1.  Tak ada batasan berapa kali kamu harus mencuci bra
Beberapa ahli menyatakan bahwa tidak terlalu sering mencuci bra dapat membuatnya lebih awet dan membuat bentuknya tetap seperti semula. Namun tidak semuanya setuju, menurut Jene Luciani, penulis The Bra Book, mencuci bra setiap kali setelah digunakan sangatlah penting. Menurutnya, meski bra tidak terlihat kotor setelah sekali pakai namun keringat dan kotoran tubuh menempel pada bra dan bisa menyebabkan material bra jadi rusak. Terutama jika kamu berkeringat, ujarnya.

Yang terpenting adalah memutuskan kapan kamu harus mencuci bra. Pertimbangkan aktivitas harian kamu, seperti apakah kamu lebih banyak berkeringat atau apakah kamu lebih banyak diam di dalam ruangan.

2.  Tidak deterjen aman digunakan
Sebaiknya pilih deterjen berbahan lembut untuk mencuci bra. Ini penting, karena kandungan deterjen yang keras justru bisa merusak material bra sehingga membuat bentuknya berubah. Kalau sudah begini, tentu bra jadi tidak nyaman digunakan setiap hari.

3.  Cuci dengan tangan
Sebenarnya, sesering apapun kamu mencuci bra itu tidak masalah namun yang terbaik adalah dengan mencucinya dengan tangan. Para ahli setuju jika mencuci bra dengan tangan bisa menjaga bentuknya tetap sepertu semula. Selain itu, mencuci dengan tangan juga bisa membersihkan kotoran dari bra dengan lebih seksama. Jika mencuci dengan mesin, kemungkinan bra menjadi rusak jadi lebih besar. Jadi kalau kamu ingin bra kamu awet, mulai sekarang cuci bra kamu dengan tangan, ya. Untuk menjemur bra, sebaiknya tidak memeras air atau mengeringkannya di mesin. Jika memeras air, dapat merusak material di dalam bra. Triknya, kamu bisa meletakkan bra di permukaan datar atau meletakannya di handuk lalu gulung dan gantung. Sedangkan mengeringkan di mesin dapat menghilangkan elasititas bra, jadi sebaiknya letakkan saja di permukaan datar dan biar mengering dengan sendirinya.


Mempertahankan bentuk bra seperti saat kamu membelinya adalah cara tepat untuk menjaga kesehatan payudara. Bentuk bra yang sempurna akan nyaman digunakan sehingga menurunkan risiko rasa tidak nyaman saat digunakan. Yang terpenting adalah menjaga kebersihkan bra yang digunakan dan mencuci dengan cara yang benar.

Jika kamu membutuhkan saran dari dokter mengenai masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Semua dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan, seperti vitamin dan suplemen di Halodoc. Lebih mudah karena pesanan kamu akan diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

SEKS

17 July 2018

Perasaan cinta memang bisa menciptakan ‘pertempuran’ hormon di dalam tubuh, terutama otak. Namun, benarkah pe...

Selengkapnya

KEHAMILAN

17 July 2018

Umumnya pada kehamilan 36 minggu kepala bayi sudah berada di bawah, bukannya berada dalam posisi sungsang. Lal...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 July 2018

1000 kehidupan ini dimulai dari fase kehamilan (270) hari hingga Si Kecil berusia dua tahun (730) hari. Lalu, ...

Selengkapnya