Hindari 6 Kesalahan Memasak yang Tidak Sehat

Hindari 6 Kesalahan Memasak yang Tidak Sehat
MAKANAN SEHAT 14 September 2017

Halodoc, Jakarta - Salah satu cara untuk mendapatkan menu makanan yang sehat serta bernutrisi adalah dengan menyiapkannya sendiri di rumah. Meskipun tidak mudah, namun kebiasaan memasak ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan, lho.

Jika harus memasak setiap pagi, kamu tentu akan kerepotan. Jadi agar menghemat waktu tak ada salahnya untuk merencanakan menu makanan di akhir pekan untuk satu minggu ke depan. Kamu bisa menyiapkan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk menu makan siang di kantor. Apalagi untuk kamu yang sedang menjalani diet, menu olahan salad bisa disimpan dalam lemari pendingin selama tiga hingga lima hari.

Nah sebelum kamu merencanakan menu makanan apa yang akan dimasak dalam satu minggu ke depan. Sebaiknya cari tahu dulu 6 kesalahan memasak yang tidak sehat ini agar kamu bisa menghindarinya, ya.

1.  Salah Menggabungkan Resep
Ada beberapa jenis makanan yang rasanya justru semakin lezat kalau mereka disimpan di dalam lemari pendingin selama beberapa waktu. Makanan seperti sup, rebusan, dan casserole akan terasa lebih lezat setelah dua atau tiga hari disimpan. Sedangkan, gandum putih, sayuran dan kacang-kacangan bisa tetap segar meski disimpan berhari-hari di lemari pendingin.

Kombinasi dari makanan-makanan itu bisa kamu buat di awal minggu dan disimpan untuk nantinya dipanaskan dan kamu bawa sebagai bekal. Namun hindari sayuran yang memiliki tekstur lembut dan juga memiliki banyak daun yang mudah menjadi layu. Kalau kamu ingin membuat salad selada, simpan dalam wadah tertutup setelah dicuci dan ditiriskan. Jika masih ada kandungan air justru bisa membuat sayuran layu dan tidak terlihat melezatkan lagi. Jika sudah begini tentu kandungan vitaminnya akan hilang dan tidak menyehatkan.

2.  Keliru Menyiapkan Bahan Makanan
Untuk menghemat waktu ketika memasak untuk bekal makan siang. Jangan hanya menyimpan bahan makanan yang kamu butuhkan. Aktivitas padat pagi hari bisa membuat kamu kesal jika kamu nyatanya kehabisan waktu untuk memasak. Jadi, jangan hanya menyimpan bahan makanan di lemari pendingin, kamu sebaiknya langsung memotong dan mengelompokkan setiap menu makanan yang akan dimasak.

3.  Tidak Memperhitungkan Jumlah Makanan
Pentingnya untuk menulis daftar menu makanan yang akan kamu masak di akhir minggu. Ini agar kamu tidak salah memperhitungkan jumlah bahan makanan yang kamu butuhkan. Pertimbangkan apakah kamu akan membagi bekal kamu dengan orang lain. Jika iya, berarti paling tidak kamu harus membuat menu yang cukup untuk dua porsi. Nah, jangan mengira-ngira jumlahnya namun pastikan berapa jumlah sayuran yang kamu butuhkan. Misalnya kamu butuh 3 hingga 5 wortel untuk tiga hari membuat sup. Wortel bisa cukup tahan lama di lemari pendingin, jadi tidak masalah menyimpannya untuk beberapa hari. Kamu tidak akan kehilangan vitamin dan manfaat dari wortel.

4.  Menyiapkan Terlalu Banyak Makanan
Untuk bekal sehat kamu tidak perlu membuat banyak jenis makanan. Kamu bisa membuat satu atau dua jenis makanan saja. Pilih makanan yang pas seperti kombinasi sayur dan daging, ikan, atau ayam. Misalnya kamu bisa membuat caesar salad yang ditambah dengan dada ayam dan perasan lemon segar. Atau kamu bisa membuat sup ayam dengan telur.

5.  Memilih Wadah Makanan yang Tepat
Kini sudah banyak dipasarkan wadah plastik yang aman digunakan dengan berbagai ukuran serta kedap udara. Wadah makanan ini aman digunakan dan membuat penyimpanan di lemari pendingin kamu jadi lebih praktis. Kamu pun bisa mengelompokkan tiap menu di dalam lemari pendingin dengan rapi. Untuk salad yang sudah kamu siapkan, kamu pun bisa memilih wadah kecil yang siap dibawa tanpa harus dibagi-bagi lagi jumlahnya saat dibutuhkan.

6.  Perhatikan Kandungan Vitamin
Ingat untuk mempertimbangkan setiap kandungan dari makanan yang akan kamu masak seperti protein, karbohidrat, lemak baik, vitamin dan serat. Misalnya kamu bisa memasak ikan atau ayam yang sudah di fillet dan tersimpan di dalam kulkas. Tempatkan pada satu wadah yang sudah dibumbui sehingga nanti kamu hanya butuh mengukus atau memanggangnya saja. Agar lebih sehat, kamu bisa menggunakna daun mint sebagai pengganti garam dan kayu manis sebagai pengganti gula.


Untuk menjaga kesehatan keluarga setiap hari. Juga jangan ragu untuk selalu membicarakan masalah kebutuhan gizi yang dibutuhkan dengan dokter. Gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter melalui fitur Video/Voice Call, dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang kamu butuhkan di Halodoc. Pesanan kamu akan siap diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 July 2018

Kelebihan atau kekurangan berat badan, sama-sama bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Na...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 July 2018

Daya tahan tubuh anak menjadi salah satu faktor kesehatan mereka. banyak faktor lain yang memicu datangnya pen...

Selengkapnya