Ini 5 Gangguan Rahim Penyebab Sulit Hamil

gangguan rahim, penyebab sulit hamil, kista
KEHAMILAN 10 July 2018

Halodoc, Jakarta – Segera memiliki momongan setelah menikah adalah impian banyak pasangan suami istri. Namun, jika salah satu atau kedua pasangan ternyata mengidap infertilitas, kehamilan pun akan sulit terjadi.

Infertilitas ini bukan berarti tidak bisa diobati. Segeralah periksakan kondisi kesehatan reproduksimu ke dokter kandungan untuk memeriksa apakah terjadi kelainan pada rahim. Berikut ini terdapat beberapa gangguan rahim penyebab sulit hamil yang perlu kamu tahu:

  1. Gangguan pada Leher, Mulut, dan Bentuk Rahim

Penyebab sulit hamil yang pertama adalah terdapat gangguan pada mulut rahim, yang dipicu oleh sumbatan pada leher rahim serta lendir pada mulut rahim yang tidak normal, sehingga lendir menjadi terlalu kental atau cair yang mengakibatkan sperma terhambat menuju rahim. Selain itu, bentuk mulut rahim yang tidak normal pun dapat mengganggu perjalanan sperma menuju rahim.

Untuk mengatasi permasalahan di mulut rahim ini dapat dilakukan pengobatan apabila berkaitan dengan kondisi lendir yang bertugas mengantarkan sperma ke rahim. Namun, jika permasalahan berkaitan dengan bentuk mulut rahim yang memang sudah tidak sempurna, harus dilakukan pembedahan agar mulut rahim dapat berfungsi normal sebagai jalur sperma menuju rahim.

Baca juga: Mengenal Miom pada Rahim dan Bahayanya

  1. Fibroid Rahim

Pertumbuhan ini terjadi pada sel yang tidak normal pada rahim atau yang juga dikenal dengan nama uterus fibroid, miom, dan fibromioma. Fibroid ini biasanya tumbuh di luar dinding rahim atau di dinding otot rahim. Gejala umum seperti ini sering terjadi pada saat-saat kecil dan nyeri hebat saat menstruasi. Untuk mengetahui apakah ada masalah seperti ini pada rahim, maka kamu harus memeriksakannya menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk melihat lebih detailnya.

  1. Endometriosis

Penyakit ini terjadi akibat pertumbuhan jaringan endometrium di luar endometrium itu sendiri. Jaringan ini normalnya berada di lapis terdalam dari tiga lapis dinding rahim. Akan tetapi, akibat penyakit ini jaringan tersebut malah tumbuh di tempat yang tidak seharusnya. Banyak juga orang yang menyebutnya dengan kista endometriosis dan biasanya kista ini tumbuh tepat di ovarium wanita. Gejalanya adalah sakit yang tidak tertahankan saat wanita sedang menstruasi. Gangguan kista ini akan menghalangi proses masuknya sperma ke indung telur, sehingga menyebabkan wanita susah hamil. Cara mengobatinya ialah dengan pembedahan.

  1. Pelvic Inflammatory Disease

Nama lain dari penyakit ini adalah radang panggul. Kondisi ini terjadi apabila wanita mengalami peradangan di tuba falopi yang merupakan saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Penyebab radang panggul ini karena adanya bakteri yang masuk melalui Miss V menuju dinding rahim, sehingga menyebabkan wanita susah hamil.

  1. Hidrosalping

Penyakit ini merupakan salah satu penghambat kehamilan, karena terjadi pembengkakan pada saluran tuba falopi yang berisikan cairan toksik yang bercampur nanah. Penyakit ini terjadi lantaran infeksi kronis dari saluran indung telur, yang dalam banyak kasus disebabkan oleh infeksi menular seksual, semisal gonore yang tidak terdeteksi selama bertahun-tahun sehingga merusak saluran tuba. Penyakit ini pun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa disembuhkan, yakni sekitar 2 hingga 3 tahun.

Baca juga: 3 Masalah Rahim yang Sering Dialami oleh Wanita

Nah, tadi merupakan gangguan rahim penyebab sulit hamil. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar kesuburan dan tips agar bisa cepat hamil, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada dokter di Halodoc. Kamu bisa memanfaatkan fitur Video Call/Voice Call dan Chat untuk menghubungi dokter tepercaya yang selalu siaga 24 jam. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 July 2018

Kelebihan atau kekurangan berat badan, sama-sama bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Na...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 July 2018

Berbeda letak sakit kepala, berbeda pula penyebabnya. Oleh sebab itu, berikut adalah penyebab sakit kepala ber...

Selengkapnya