Ini Bahaya Pakai Lipstik Kedaluwarsa

Lipstik kedaluwarsa, makeup kedaluwarsa, tips membeli lipstik, lipstik
KECANTIKAN 06 August 2018

Halodoc, Jakarta – Old fashion memang keren, tapi tidak dengan old makeup. Menggunakan makeup kedaluwarsa akan membahayakan kesehatanmu. Misalnya kamu merasa tidak ada masalah dengan lipstik kedaluwarsamu dengan alasan warnanya masih bagus, nggak lembek, dan tidak berbau mencurigakan. Padahal, bisa jadi lipstik kedaluwarsa mengandung bakteri yang berbahaya.

Menurut Dr. Susan Blakeney, ahli kecantikan dari Hattiesburg Clinic, mengatakan ada banyak wanita yang menggunakan makeup tapi tidak terlalu memperhatikan masa kedaluwarsanya. Alasannya bisa karena sayang masih tertinggal banyak atau juga tidak begitu peduli dengan masa kedaluwarsanya.

Banyak wanita yang tertarik bereksperimen dengan lipstik baru tapi mereka tidak membuang lipstiknya yang lama. Bahkan, satu dari lima wanita berusia akhir tiga puluhan masih sering menggunakan lipstik yang berusia lima tahunan.

Makanan saja punya tanggal kedaluwarsa, demikian juga seharusnya dengan lipstik. Wanita cenderung menggunakan lipstik selama bertahun-tahun, bahkan berbagi lipstik dengan teman-temannya. Tanpa disadari, kebiasaan ini akan berpotensi buruk terhadap kesehatan. Baca juga: 6 Tips Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

Menggunakan lipstik yang kedaluwarsa bisa menyebabkan alergi pada bibir. Tidak hanya sekadar alergi, tetapi penggunaan lipstik kedaluwarsa juga bisa menyebabkan kerusakan dan bahaya kesehatan yang permanen. Bisa jadi ini tidak secara langsung kamu alami. Perubahan fisik yang biasanya dialami saat mengenakan lipstik kedaluwarsa adalah bibir menjadi kering, warna lipstik yang melekat ke bibir susah dihapus membuat bibir tampak gelap, sampai timbulnya bintik-bintik di bibir.

Selain lebih awas pada masa kedaluwarsa, kurang memperhatikan cara penyimpanan juga bisa membuat usia lipstik lebih cepat rusak. Meninggalkannya di mobil atau di tempat bersuhu panas dapat merusak kelembapan, kandungan, serta manfaat yang terdapat di dalam lipstik.

Kalau tekstur lipstikmu sudah terlalu lembek dan warnanya berubah, ada baiknya kamu membuang lipstik tersebut walaupun masa kedaluwarsanya masih lama. Ada baiknya sebelum mengaplikasikan lipstik ke bibir, kamu memastikan kalau bibirmu sudah bersih dan siap untuk menerima sapuan lipstik. Baca juga: 4 Alasan Perlu Beralih ke Produk Skincare Organik

Bibir yang tidak bersih, kulit-kulit kering, menyapukan lipstik sehabis makan, serta beraktivitas di luar ruangan yang penuh dengan paparan debu dapat meningkatkan perpindahan polusi, debu, dan bakteri dari bibir ke lipstik. Makanya, yang paling baik adalah membersihkan dulu bibirmu sebelum menyapukan lipstik.

Jangan juga membiasakan untuk bertukar lipstik dengan teman.  Kebiasaan tersebut hanya akan mempertinggi risiko penularan penyakit atau menempelnya bakteri di lipstikmu. Simpan lipstik di wadah terpisah atau di tempat khusus, supaya kondisi lipstikmu tetap higienis dan tidak terkena paparan bakteri atau kuman.

Menggunakan lipstik yang berbeda-beda memang akan membuat hari-harimu lebih berwarna. Namun, ada baiknya sebelum membeli lipstik, kamu mempertimbangkan seberapa sering kamu akan menggunakannya serta kecocokan dengan produk makeup lain. Ini dilakukan supaya kamu tidak membeli barang dengan percuma yang pada akhirnya berakhir di tong sampah karena sudah kedaluwarsa.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai bahaya menggunakan lipstik kedaluwarsa ataupun tips memilih produk kecantikan yang tepat dan tidak mengganggu kesehatan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.






Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 August 2018

Cacat lahir yang sering dijumpai di Indonesia adalah bibir sumbing atau cleft lip. Simak penjelasan dari Halod...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Memilih menjadi seorang vegetarian bukan berarti kamu bisa terhindar dari penyakit asam urat. Ada beberapa fak...

Selengkapnya