Jangan Dilewatkan, Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Jangan Dilewatkan, Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari
KECANTIKAN 27 February 2018

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Saat kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, bisa terjadi kekurangan cairan alias dehidrasi. Maka penting untuk selalu  memenuhi kebutuhan air minum harian, terutama saat bangun tidur di pagi hari.

Minum setidaknya satu gelas air putih saat bangun tidur dapat membantu memulihkan cairan tubuh setelah semalaman  tidak mengonsumsi air. Minum air setelah bangun tidur disebut sebagai cara paling sehat dan terbukti baik untuk kesehatan. Seperti mencegah penyakit atau kelainan tubuh, masalah menstruasi, bahkan menghindari berat badan berlebih.

Nyatanya minum air putih setelah bangun tidur juga bagus untuk merawat kelembaban kulit, dan masih banyak khasiat lainnya. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rutin mengonsumsi air putih di pagi hari:

  1. Lebih Sehat

Minum air putih dapat mengganti cairan tubuh sehingga kamu akan terhindar dari dehidrasi. Sebab dehidrasi bisa menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit lain menyerang tubuh. Selain itu, minum air putih dalam keadaan perut kosong pun dapat membantu meningkatkan sistem imunitas seseorang. Jadi artinya, semakin terpenuhinya kebutuhan air maka tubuh akan semakin terlindung dari serangan penyakit.

  1. Metabolisme Lancar

Minum air putih setelah bangun tidur bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 24 persen lebih cepat. Metabolisme yang lancar adalah salah satu hal yang sangat penting pada seseorang yang tengah menjalankan program penurunan berat badan.

Sistem metabolisme yang lancar tentu akan membantu tubuh lebih mudah dalam mengeluarkan racun. Selain itu, hal ini juga bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik.

  1. Anti Gangguan Pencernaan

Minum air putih setelah bangun tidur sangat disarankan pada seseorang yang mengidap penyakit mag. Sebab saat bangun tidur, keasaman dalam perut akan meningkat dan dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan. Untuk menetralisasi asam, air putih adalah hal yang paling baik.

Minum air putih saat bangun tidur bisa menekan asam dan mencegah naiknya asam lambung. Dan masuknya air ke dalam saluran cerna pun akan membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

  1. Kulit Lebih Cantik

Kurang minum air putih, apalagi jika sampai dehidrasi bisa memicu terjadinya keriput  dan masalah pada kulit. Bahkan beberapa kerutan bisa ditemukan pada seseorang yang masih muda, saat ia kurang mengonsumsi cairan yaitu air putih. Minum hingga 500 ml air saat perut kosong pun dapat meningkatkan aliran darah di kulit. Saat hal ini terjadi, kulit akan menjadi lebih bersinar dan terlihat lebih muda.

  1. Langsing dengan Kebiasaan Minum Air di Pagi Hari

Minum air di pagi hari juga dianjurkan untuk diterapkan selama diet. Pasalnya, minum cukup air putih ternyata bisa membantu mengontrol bahkan menurunkan berat badan. Hal ini berkaitan dengan menurunnya nafsu makan setelah minum air putih.

Selain itu, minum air sebelum memasukkan apapun ke dalam tubuh dapat membantu melepaskan racun dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Sejumlah penelitian menemukan bahwa rutin minum air putih membuat seseorang memiliki berat badan yang cenderung menurun dari waktu ke waktu. Artinya tidak ada kenaikan berat badan yang bisa menyebabkan obesitas alias kelebihan berat badan.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Obesity menemukan saat seseorang yang mengalami kelebihan bobot rutin minum air putih dapat menurunkan berat badan. Bahkan kehilangan hampir 44 persen bobot tubuh hanya dengan minum dua gelas air sekitar 30 menit sebelum makan.

Selain minum air, penuhi juga kebutuhan tubuh dengan vitamin. Beli di aplikasi Halodoc biar lebih mudah, karena ada layanan pesan antar. Pesanan obat kamu akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download sekarang!


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

13 July 2018

Cuaca ‘ekstrem’ di Rusia bisa memengaruhi performa pemain di lapangan. Lalu, bagaimana cara pemain menyesuaik...

Selengkapnya

OLAHRAGA

13 July 2018

Membahas fisik dan skill, kira-kira menu latihan seperti apa sih yang bisa membuat otot bagian bawah tubuh pem...

Selengkapnya

IBU & ANAK

13 July 2018

Bagaimana dampak suplemen anak jika diberikan dengan cara yang kurang tepat? Berikut ulasannya....

Selengkapnya