Lakukan Ini Jika Anak Malas Bangun Pagi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Maret 2022
Lakukan Ini Jika Anak Malas Bangun PagiLakukan Ini Jika Anak Malas Bangun Pagi

“Membangunkan anak bangun pagi bisa jadi hal yang menantang bagi orang tua. Terutama jika anak malas bangun pagi. Namun, daripada menciptakan suasana tegang di pagi hari, coba lakukan beberapa tips agar anak tidak malas bangun pagi. Salah satunya perhatikan pola tidur anak.”

Halodoc, Jakarta – Membangunkan anak yang sedang tidur mungkin gampang-gampang susah. Ada anak yang mudah dibangunkan, tetapi ada juga yang sulit untuk dibangunkan. Untuk mengatasinya, orang tua perlu memperhatikan pola tidur Si Kecil, apakah tidurnya cukup atau tidak. 

Bergulat dengan “drama” anak malas bangun pagi tentu akan melelahkan. Maka itu orang tua harus mencari cara agar anak tidak malas bangun pagi lagi. Karena menjadikan anak tertib bangun pagi merupakan salah satu pola asuh anak. Lantas, apa yang perlu dilakukan? Coba intip beberapa tips berikut ini:

1.Perhatikan Pola Tidur Si Kecil

Untuk beberapa anak, tidur larut bisa membuatnya susah dibangunkan. Karena itu, ibu bisa memperhatikan pola tidur Si Kecil, mulai dari kapan Si Kecil tidur di siang dan malam hari, serta perhatikan apakah Si Kecil mengalami kesulitan tidur di malam harinya. Jika iya, usahakan agar Si Kecil tidak makan malam berlebihan, mengonsumsi minuman bersoda dan berkafein, atau bermain gadget sebelum tidur agar mereka lebih mudah terlelap.

2.Buat Suasana agar Nyaman

Selain pola tidur yang tepat, anak-anak juga harus mendapatkan kualitas tidur yang cukup baik. Hal tersebut supaya mereka dapat bangun tepat waktu tanpa kesulitan. Terlalu banyak suara bising, cahaya terang, tidur terlalu larut, dan suhu kamar yang tidak nyaman dapat membuat tidur Si Kecil tidak berkualitas. Pastikan lingkungan tidur Si Kecil terasa aman dan nyaman. 

3.Atur Jam Tidur Si Kecil Secara Konsisten

Agar Si Kecil mudah dibangunkan di pagi hari, ibu bisa mengatur jam tidur anak sesuai dengan kebutuhan tidurnya. Untuk anak usia sekolah, waktu tidur idealnya adalah 8 hingga 10 jam. Jadi, misalnya ibu ingin anak bangun jam 6 pagi, maka jam tidurnya ada di antara jam 8 hingga 10 malam.

4.Putar Musik yang Membuat Semangat

Memutar musik untuk anak-anak adalah cara yang bagus untuk membangunkan mereka. Musik juga bisa membangkitkan semangat dan suasana hati yang baik.

5.Masak Makanan yang Aromanya Enak

Aroma masakan adalah cara yang bagus untuk membangunkan anak. Memasak makanan yang disukai anak memberi mereka motivasi untuk bangun dari tempat tidur. 

6.Buat Kegiatan Seru di Pagi Hari

Agar anak semangat bangun di pagi hari, ajak ia melakukan kegiatan seru di pagi hari. Misalnya jalan-jalan sekitar rumah, joging, bersepeda, atau kegiatan seru lainnya.

7.Jadi Contoh Si Kecil

Beberapa anak akan mencontoh kebiasaan orang tuanya, termasuk kebiasaan bangun di pagi hari. Karena itu, salah satu cara agar Si Kecil terbiasa bangun di pagi hari adalah dengan memberikan contoh. Misalnya, setiap hari ibu bangun pukul lima pagi lalu segera beraktivitas agar Si Kecil dapat meniru kebiasaan baik ini.

8.Konsekuensi dari Telat Bangun Pagi

Jika semua cara gagal, anak harus menghadapi konsekuensi alami dari bangung telat. Daripada menciptakan suasana rumah di pagi hari menjadi tegang, lebih baik biarkan anak merasa jera dengan konsekuensi yang ditanggungnya. 

Misalnya dengan telat bagung pagi, ia jadi telat bangun sekolah, kelaparan karena telat sarapan, mendapatkan pekerjaan rumah tambahan atau ketinggalan dalam kegiatan seru di pagi hari. Menciptakan efek jera bisa baik bagi anak dalam jangka panjang. Dengan begitu keesokan harinya ia tidak mau lagi telat bangun pagi. 

Nah, agar aktivitas bangun di pagi hari menjadi kebiasaan baik Si Kecil, ibu bisa menerapkannya secara rutin. Jika ibu memiliki keluhan dengan pola tidur Si Kecil, jangan ragu tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!


Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2022. How Do I Wake Up My Child for School?
WebMD. Diakses pada 2022. 5 Tips to Get Your Kids Up for School


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan