Puasa Dapat Meningkatkan Kesuburan

Puasa Dapat Meningkatkan Kesuburan
SEKS 17 May 2018

Halodoc, Jakarta – Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa menjalani ibadah puasa malah akan mengurangi asupan gizi dan nutrisi yang akan masuk dalam tubuh kamu. Namun ternyata, banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan dengan menjalani ibadah puasa. Mulai dari membersihkan tubuh kamu hingga meningkatkan kesuburan kamu, lho.

Khususnya bagi para wanita, penelitian menemukan bahwa berpuasa atau membatasi asupan kalori, membuat masa subur wanita menjadi lebih panjang. Selain itu, saat melakukan puasa, sel telur wanita akan menjadi lebih banyak.

Biasanya pada awal puasa, kesuburan seseorang memang mengalami penurunan. Namun, beberapa hari setelah menjalani puasa, biasanya hormon reproduksi seseorang akan kembali meningkat dan hal inilah yang membuat kesuburan meningkat pada saat melakukan ibadah puasa.

Bagi Wanita yang Menjalankan Program Hamil

Tentu akan memiliki manfaat yang cukup besar jika pasangan suami istri ingin menjalani program hamil. Sebab, dengan berpuasa kesuburan pasangan akan meningkat. Namun tidak hanya berpuasa saja, makanan yang masuk saat sahur atau berbuka juga tetap harus diperhatikan agar tubuh tetap sehat. Kamu juga harus menghindari beberapa makanan atau minuman yang dapat menurunkan kesuburan kamu. Sebaiknya, saat berbuka kamu konsumsi beberapa makanan berikut:

  • Karbohidrat Kompleks

Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah biji-bijian atau kacang-kacangan. Selain bisa meningkatkan kesuburan kamu, berbuka dengan mengonsumsi karbohidrat akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sehingga, saat berbuka, kamu tidak perlu makan berlebihan yang justru bisa membuat kenaikan berat badan pada tubuh kamu.

  • Buah atau Sayuran

Pada saat berpuasa, sebaiknya kamu berbuka puasa dengan yang manis. Salah satunya kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki pemanis alami dan juga yang mengandung air yang cukup banyak, agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi sayuran. Sayuran dan buah-buahan dipercaya dapat membersihkan tubuh dari racun-racun yang bisa memperlambat pembuahan sel telur oleh sperma.

(Baca juga: Rahasia Tingkatkan Kesuburan dengan Buah & Sayur)

  • Telur

Kamu mengonsumsi telur untuk menu berbuka atau sahur. Telur memang salah satu makanan yang bisa meningkatkan kesehatan reproduksi. Selain itu, saat kamu mengonsumsi telur untuk menu berbuka atau sahur, kamu bisa merasa kenyang lebih lama dibandingkan jika kamu mengonsumsi makanan yang lain. Namun ingat, kamu harus mengonsumsi telur dalam keadaan matang, baik direbus atau pun digoreng.

Rajin Berolahraga Saat Puasa

Jika selama ini olahraga sudah menjadi gaya hidup kamu, sebaiknya kamu teruskan gaya hidup kamu yang sehat ini. Namun jika kamu jarang berolahraga, sebaiknya kamu mulai mencoba untuk berolahraga, khususnya di bulan puasa ini. Karena selain akan menghindari tubuh kamu dari penyakit, nyatanya berolahraga saat menjalankan ibadah puasa juga mampu meningkatkan kesuburan kamu. Kamu bisa melakukan olahraga setelah sahur atau sebelum berbuka puasa untuk meningkatkan hormon reproduksi kamu. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti aerobik, senam, atau yoga.

Ya, menjalankan ibadah puasa memang kewajiban bagi muslim di seluruh dunia. Namun tidak ada salahnya, saat kamu menjalankan ibadah, kamu juga memiliki rencana baik untuk ke depannya. Jika kamu memiliki masalah kesuburan, kamu bisa download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter dengan fitur Contact Doctor melalui Voice Call, Video Call, atau Chat.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya