Suka Lari? Perlu 5 Makanan Sehat Ini

Suka Lari? Perlu 5 Makanan Sehat Ini
DIET & NUTRISI 24 April 2018

Halodoc, Jakarta – Lari adalah olahraga mudah yang tak membutuhkan modal neko-neko. Namun ada yang tidak kalah penting dengan lari itu sendiri adalah yaitu makanan sehat untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Apabila kamu suka berlari, kamu harus sadar bahwa makanan sehat adalah sumber energi utama agar kamu memiliki stamina dan tenaga yang cukup untuk berlari.

Sebelum berlari, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan sesuai berat badan dan intensitas latihan. Jika kamu berencana berlari dengan jarak yang cukup jauh, maka kamu harus mengonsumsi karbohidrat lebih banyak. Makanlah 30 menit sebelum kamu berlari dan jangan lupa untuk minum secukupnya. (BACA JUGA: Olahraga Saat Menstruasi, Bolehkah?)

Setelah berlari pun kamu juga harus segera mengonsumsi makanan berkarbohidrat untuk mengganti energimu yang hilang tadi. Waktu yang disarankan adalah 30-45 menit setelah lari. Selain bisa mengganti energimu dengan cepat, kamu juga akan terhindar dari makan berlebihan, karena makan berlebihan bisa mengurangi manfaat lari yang baru saja kamu lakukan. Agar tenaga dan staminamu semakin kuat selama berlari, berikut ini adalah makanan yang dapat kamu coba:

Pisang

Menurut studi yang dilakukan Appalachian State University, pisang mengandung banyak vitamin B6 yang baik untuk menaikan performamu selama belari. Kandungan karbohidrat di dalam pisang juga mudah dicerna oleh tubuhmu sehingga pasokan energimu cukup untuk berlari. Dengan mengonsumsi pisang pun kamu akan terhindar dari kram otot berkat kandungan potasiumnya.

Apel

Kandungan quercetin pada apel baik untuk metabolisme tubuh dan sehingga apel masuk ke dalam daftar makanan yang tepat untuk dikomsumsi sebelum berlari. Quercetin ini juga akan membantu menjaga ketahanan tubuhmu. Makanlah secara rutin buah apel ini niscaya performamu saat berlari akan meningkat.

Kopi

Selain menghindarkamu dari rasa kantuk saat olahraga pagi, kandungan kafein dalam kopi ternyata juga mampu membuat sesi lari kamu menjadi lebih maksimal. Namun kopi ini hanya boleh diminum satu jam sebelum berlari dan tidak dicampur dengan gula atau susu. Kopi akan mencegahmu dari nyeri otot, melancarkan sirkulasi darah, dan meningkatkan ketahanan fisikmu. Rutinlah meminum kopi tanpa gula dan susu sebelum olahraga. Namun jangan lupa untuk mengimbanginya dengan meminum air putih yang cukup, karena kopi bersifat diuretik atau memicu tubuhmu untuk buang air kecil.

Kismis

Buah kering satu ini menyimpan banyak karbohidrat yang memberikan asupan energi untuk tubuh. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan University of California, orang yang mengonsumsi buah kismis sebelum berlari akan mampu berlari lebih cepat ketimbang mereka yang hanya meminum air putih. Konsumsilah buah ini 30 menit sebelum berolahraga untuk merasakan manfaatnya.

Sayuran Hijau

Tak hanya baik untuk diet, sayuran hijau juga baik untuk mengatasi gangguan ototmu sehabis berolahraga. Menurut laporan British Journal of Nutrition, kandungan beta karoten dan vitamin E yang terdapat dalam sayuran hijau baik untuk merawat ototmu dan membantu mempercepat proses pengistirahatannya setelah berolahraga. Konsumsilah tiga ons sayuran hijau perhari sebelum olahraga untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Agar manfaat dari olahraga lari yang sedang kamu lakukan bisa terasa  maksimal, kamu bisa mengikuti saran di atas. Namun apabila kamu butuh saran lain, jangan ragu juga untuk menghubungi dan meminta saran dari dokter yang ada di Halodoc menggunakan pilihan metode komunikasi chat, voice call, dan video call mengenai kondisi tubuh kamu. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc  kapan saja dan di mana saja asal terkoneksi dengan internet. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.  BACA JUGA: Tips, Manfaat, dan Waktu yang Tepat Untuk Lari Pagi)


Rekomendasi Artikel

SEKS

17 July 2018

Perasaan cinta memang bisa menciptakan ‘pertempuran’ hormon di dalam tubuh, terutama otak. Namun, benarkah pe...

Selengkapnya

KEHAMILAN

17 July 2018

Umumnya pada kehamilan 36 minggu kepala bayi sudah berada di bawah, bukannya berada dalam posisi sungsang. Lal...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 July 2018

1000 kehidupan ini dimulai dari fase kehamilan (270) hari hingga Si Kecil berusia dua tahun (730) hari. Lalu, ...

Selengkapnya