Suka Petai? Ini 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

manfaat petai, manfaat petai untuk kesehatan, manfaat mengonsumsi petai
MAKANAN SEHAT 25 June 2018

Halodoc, Jakarta – Petai termasuk dalam salah satu jenis sayuran dengan bau yang begitu khas. Bentuknya bulat dan pipih laiknya kacang almond. Aromanya yang cenderung menyengat akan membuat aroma mulut menjadi kurang sedap setelah kamu menyantapnya. Inilah mengapa petai tidak begitu digemari oleh sebagian besar orang.

Namun, dibalik baunya yang tidak disukai, petai ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang tidak banyak diketahui. Apa saja manfaat petai? berikut beberapa di antaranya:

 

  • Mengatasi Penyakit Hipertensi

 

Ternyata, tidak banyak orang yang tahu kalau petai sangat kaya akan kalium, sehingga amat baik untuk mengontrol dan mengatasi penyakit hipertensi. Menariknya, sayuran ini dipercaya mampu mengurangi risiko seseorang terkena penyakit stroke, lho! Sebuah studi yang dimuat dalam The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi petai akan terhindar dari risiko stroke hingga sebesar 40 persen.

 

  • Membantu Melawan Bakteri pada Tubuh

 

Munculnya bakteri jahat adalah salah satu penyebab menurunnya kekebalan tubuh. Nah, coba atasi dengan mengonsumsi petai. Kabarnya, ekstrak biji petai mengandung thritiolane dan hexathionine yang berperan untuk melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh kamu. kedua senyawa ini juga membantu menekan pertumbuhan bakteri pada tubuh, lho!

Baca juga: 7 Manfaat Salmon untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Manfaat petai selanjutnya erat kaitannya dengan imunitas. Flavonoid menjadi senyawa yang berperan aktif sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan flanovoid yang tinggi bisa kamu temukan dalam petai. Studi menyebutkan bahwa petai menjadi satu-satunya tanaman dengan kandungan flavonoid yang paling tinggi. Rutin mengonsumsi petai akan membuat kamu terhindar dari risiko penyakit seperti diabetes, aterosklerosis, dan kanker.

 

  • Sebagai Obat Antidepresan

 

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh sejumlah pasien pengidap depresi, disimpulkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan terhadap tingkat depresi pada pasien yang rutin mengonsumsi petai. Hal ini disebabkan karena kandungan tryptophan pada petai yang akan diubah menjadi serotonin oleh tubuh, sehingga pengidap depresi akan merasa lebih relaks.

 

  • Membantu Mengobati Sembelit

 

Susah buang air besar tentu akan membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman. Kondisi ini terjadi karena tubuh kamu kekurangan serat. Nah, coba atasi dengan petai. Sayuran ini kaya akan serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga kamu tidak akan sulit buang air besar.

Baca juga: 6 Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

 

  • Membantu Memulihkan Suasana Hati akibat PMS

 

Bagi sebagian besar wanita, menstruasi menjadi masalah yang membuat tubuh menjadi sangat tidak nyaman. Rasa nyeri di bagian perut tentu akan berpengaruh pada suasana hati, sehingga tidak heran jika banyak wanita yang sering marah atau mengalami PMS. Namun, tidak perlu mengonsumsi obat-obatan untuk mengobati rasa nyeri tersebut, Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi petai, karena petai mengandung vitamin B6 yang membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga masalah mood pun teratasi.

 

  • Menyumbang Energi untuk Tubuh

 

Ada tiga macam gula yang terkandung dalam petai, yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Ketiganya akan berkombinasi dengan kandungan serat dan berubah menjadi energi untuk tubuh. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang mampu melakukan aktivitas yang terbilang berat setelah mengonsumsi dua porsi petai.

 

Itu tadi tujuh manfaat petai untuk kesehatan yang akan kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Apabila kamu ingin menanyakan kandungan petai dan khasiatnya untuk tubuh langsung pada pakar kesehatan, coba pakai aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi ini langsung di ponsel kamu. Halodoc juga bisa kamu pakai untuk memesan obat dan melakukan cek kesehatan tanpa perlu keluar rumah, lho!


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

13 July 2018

Cuaca ‘ekstrem’ di Rusia bisa memengaruhi performa pemain di lapangan. Lalu, bagaimana cara pemain menyesuaik...

Selengkapnya

OLAHRAGA

13 July 2018

Membahas fisik dan skill, kira-kira menu latihan seperti apa sih yang bisa membuat otot bagian bawah tubuh pem...

Selengkapnya

IBU & ANAK

13 July 2018

Bagaimana dampak suplemen anak jika diberikan dengan cara yang kurang tepat? Berikut ulasannya....

Selengkapnya