Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan

Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan
DIET & NUTRISI 19 January 2018

Halodoc, JakartaMemilih makanan sehat juga perlu dilakukan saat liburan. Setiap tempat berlibur biasanya memiliki daya tarik tersendiri, termasuk makanannya. Namun tanpa disadari, makanan di tempat wisata biasanya mengandung lebih banyak lemak, garam, dan kolestrol. Sehingga tidak mengherankan jika beberapa orang mengalami kenaikan berat badan setelah pergi berlibur.

Tapi, jangan khawatir. Kamu tetap bisa menikmati waktu liburan dengan menjaga pola makan yang sehat, lho. Yuk, cari tahu tips berikut ini untuk memilih makanan sehat saat liburan!

Bawa Camilan

Selain bawa pakaian yang banyak, kamu juga bisa lho bawa banyak camilan untuk teman berlibur kamu. Kamu bisa membawa makanan ringan, seperti biskuit, buah potong, atau makanan ringan lain di dalam tas jinjing yang kamu bawa. Ini berguna untuk menahan rasa lapar, saat perut kamu sudah keroncongan.

Pilih Jajanan Sehat

Saat liburan, beberapa orang mungkin akan bingung memiliki jajanan yang sehat. Apalagi, di tempat wisata biasanya menyediakan pilihan makanan yang digoreng. Tapi tenang, kamu tetap bisa memilih jajanan yang sehat saat liburan. Kamu bisa membeli jajanan sehat seperti roti gandum dan salad, atau membeli makanan yang direbus, dikukus atau dipanggang dibandingkan makanan yang digoreng.

Jangan Lupa Sarapan

Sebelum menjelajah ke berbagai tempat, kamu perlu mengawali hari dengan sarapan. Dengan sarapan, tenaga kamu akan terpenuhi untuk melakukan aktivitas dari pagi sampai siang. Kamu bisa makan makanan yang disediakan di tempat kamu menginap, atau makan bekal makanan praktis yang kamu bawa dari rumah, seperti roti dan selai.

Tetap Pilih Makanan Berserat

Setiap tempat wisata memiliki keunikan masing-masing, termasuk makanannya. Banyaknya pilihan makanan di saat liburan mungkin buat kamu jadi ingin mencoba semua makanannya. Boleh saja, tapi harus pilih dengan cermat. Misalkan, kamu boleh saja membeli makanan yang digoreng, tapi seimbangkan juga kebutuhan serat tubuh kamu dengan minum jus atau buah potong.

Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji biasanya kaya akan lemak dan kalori. Selain tidak baik untuk kesehatan, sebenarnya kamu bisa menemukan makanan cepat saji di daerah asal kamu. Jadi dari pada mencoba makanan cepat saji, kamu bisa mencoba makanan khas di tempat wisata yang kamu kunjungi.

Perbanyak Minum Air Putih

Selain makan makanan sehat selama liburan, kamu juga perlu perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi. Pilihan minuman manis saat liburan memang menggoda, tapi kamu jangan sampai membuat kamu lupa mencukupi kebutuhan cairan tubuh kamu dengan perbanyak minum air putih saat liburan.

Nikmati liburanmu dengan tetap makan-makanan sehat, ya. Jika kamu punya keluhan dengan kesehatan, kamu bisa konsultasi ke dokter melalui aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 July 2018

Kelebihan atau kekurangan berat badan, sama-sama bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Na...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 July 2018

Berbeda letak sakit kepala, berbeda pula penyebabnya. Oleh sebab itu, berikut adalah penyebab sakit kepala ber...

Selengkapnya