06 July 2018

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Daging Kambing?

nutrisi ibu hamil, daging kambing untuk ibu hamil, tips makan daging kambing

Halodoc, Jakarta – Daging kambing adalah salah satu menu favorit yang cukup banyak penggemarnya, mungkin salah satunya ibu? Namun, jika ibu sedang hamil, pasti akan bertanya-tanya apakah boleh mengonsumsi daging kambing. Ya, meskipun daging kambing termasuk makanan yang cukup aman untuk ibu hamil, sebaiknya kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi daging kambing. Makan secukupnya dan jangan terlalu berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi daging kambing bisa menyebabkan kadar kolesterol ibu hamil naik, serta penumpukan lemak tak jenuh dalam tubuh semakin banyak.

Baca juga: Ingin Ibu & Bayi Sehat? Ini 6 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Hal ini akan rentan untuk ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit jantung. Apalagi, jika ibu memiliki berat badan yang sudah cukup berlebihan. Meskipun demikian, nyatanya daging kambing banyak memiliki manfaat untuk ibu hamil.

Manfaat Daging Kambing untuk Ibu Hamil

Daging kambing nyatanya memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Daging kambing mengandung protein yang sangat baik. Protein yang ada pada daging kambing nyatanya akan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Selain itu, daging kambing juga mengandung zat besi yang akan membantu membentuk sel darah merah pada tubuh ibu hamil, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari penyakit anemia.

Tingginya zinc pada daging kambing juga akan membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh pada janin dan memastikan pertumbuhan bayi akan sehat. Daging kambing juga mengandung beberapa nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ibu yang sedang hamil, seperti vitamin B12. Vitamin B12 ini nyatanya dapat membantu membentuk sistem saraf yang sehat.

Tips Mengonsumsi Daging Kambing untuk Ibu Hamil

Tidak ada salahnya ibu hamil mengonsumsi daging kambing, tapi dalam porsi yang tidak berlebihan. Sebab, daging kambing memiliki manfaat yang cukup banyak untuk ibu hamil. Berikut adalah tips jika ibu ingin mengonsumsi daging kambing agar tidak berlebihan dan menyebabkan kolesterol ke depannya.

  • Pilih Daging Kambing yang Masih Segar

Konsumsi daging kambing yang masih segar, serta hindari untuk mengonsumsi daging kambing yang sudah dibekukan atau disimpan dalam pendingin selama beberapa hari. Sebab, daging kambing berpotensi untuk tercemar bakteri jika sudah didiamkan beberapa hari. Selain daging kambing yang masih segar, kebersihan daging juga perlu diperhatikan. Pilihlah daging kambing yang higienis.

  • Dampingi dengan Sayuran

Tidak ada salahnya mengonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung kalsium sesaat setelah ibu mengonsumsi daging kambing untuk meningkatkan gizi dan nutrisi pada bayi yang ada di dalam kandungan ibu.

  • Masak hingga Matang dengan Cara yang Tepat

Olah daging kambing yang akan dikonsumsi hingga matang dengan cara yang tepat. Hal ini karena, daging kambing rentan terpapar bakteri toksoplasma. Bakteri ini sangat berbahaya untuk ibu hamil, karena dapat menyebabkan bayi lahir dengan prematur. Ibu hamil juga disarankan tidak mengonsumsi sate, karena bahaya pembakarannya. Sebaiknya, hindari mengonsumsi sate kambing.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Setelah mengonsumsi daging kambing, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: 6 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter mengenai manfaat daging kambing untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ibu bisa tanya melalui aplikasi Halodoc dengan fitur Contact Doctor. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!