19 February 2019

BPJS Bisa untuk Perawatan Gigi, Begini Caranya

BPJS Bisa untuk Perawatan Gigi, Begini Caranya

Halodoc, Jakarta - BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Salah satu manfaat dari BPJS, terutama BPJS Kesehatan, adalah untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mengobati penyakit yang terjadi tanpa perlu mengeluarkan biaya ekstra. BPJS Kesehatan yang kamu miliki ternyata dapat digunakan untuk perawatan gigi, lho.

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang harus selalu mendapat perawatan. Fungsinya yang penting untuk kehidupan sehari-hari, seperti untuk mengunyah makanan hingga menyempurnakan penampilan. Selain itu, pada gigi dan gusi terdapat banyak saraf di dalamnya. Apabila gigi tidak mendapat perawatan yang baik, maka akan menimbulkan sakit gigi yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apabila kamu ingin melakukan pengecekan, perawatan, hingga pengobatan terhadap kesehatan gigi dan gusi, kamu dapat pergi ke faskes 1. BPJS Kesehatan memang dapat menanggung hal tersebut, asalkan sesuai dengan prosedur dan aturan dari BPJS. Beberapa layanan BPJS yang dapat kamu lakukan untuk memeriksakan gigi, antara lain:

Fasilitas Kesehatan pada Tingkat Pertama

  1. Dokter Gigi di Puskesmas.

  2. Dokter Gigi di Klinik.

  3. Dokter Gigi Praktek Mandiri/Perorangan.

Baca Juga: 5 Tips Cara Atas Masalah Gigi Sensitif

Apabila gigi membutuhkan perawatan yang lebih insentif, perawatan bisa dilakukan di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan, yaitu melalui dokter gigi spesialis/sub-spesialis. Cakupan pelayanan yang dapat dipilih adalah:

  1. Administrasi perihal pelayanan. Hal tersebut menyangkut biaya administrasi untuk pendaftaran peserta yang harus dilakukan untuk berobat, pelayanan, dan pemberian surat rujukan ke faskes rujukan yang harus dilakukan apabila tidak dapat ditangani oleh faskes tingkat pertama.

  2. Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis.

  3. Pencabutan gigi sulung dan gigi permanen.

  4. Premedikasi dan kegawatdaruratan oro-dental.

  5. Obat pasca ekstraksi.

  6. Pembersihan karang gigi (scaling) hanya satu tahun sekali.

Dengan layanan tersebut, BPJS tidak akan menanggung biaya dari perawatan gigi dengan alasan kecantikan, seperti pemasangan kawat gigi, meratakan permukaan gigi, serta hal lainnya yang tujuannya untuk kecantikan dan bukan dikarenakan kesehatan.

Baca Juga: Perlu Tahu Bahayanya Radang Gusi pada Gigi

BPJS Kesehatan juga dapat digunakan untuk pemasangan gigi palsu atau protesa gigi. Ini merupakan salah satu layanan tambahan dari BPJS. Maka dari itu, terdapat batas atau plafon untuk pemasangan gigi palsu ini. Tindakan ini dapat diberikan oleh BPJS Kesehatan yang berbentuk badan subsidi yang jumlahnya telah disesuaikan sesuai dengan ketentuan.

Subsidi yang dapat diklaim oleh seorang pemilik BPJS Kesehatan untuk pemasangan gigi palsu adalah:

  • Pemasangan untuk 1 hingga 8 gigi palsu yang disubsidi sebanyak Rp 250.000 per rahang.

  • Pemasangan untuk 1 rahang sekaligus yang disubsidi sebanyak Rp 500.000.

  • Pemasangan untuk 2 rahang sekaligus yang disubsidi sebanyak Rp 1.000.000.

Setelah dilakukan tindakan oleh dokter, kamu akan menandatangani bukti dari pemeriksaan yang telah dilakukan oleh dokter tersebut. Apabila dibutuhkan, kamu dapat meneruskan perawatan kesehatan gigi yang dianjurkan oleh dokter tersebut untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada gigi kamu. Namun, apabila kamu membutuhkan perawatan tambahan, rujukan dari dokter tersebut dibutuhkan untuk dilakukan perawatan yang lebih intensif dari dokter spesialis.

Baca Juga: Miliki Gigi Sehat dengan Konsumsi 4 Makanan Berikut

Itulah cara penggunaan perawatan gigi dengan BPJS Kesehatan. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal masalah kesehatan gigi atau kesehatan lainnya, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!