• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bumil, Ini 5 Daftar Persiapan Sebelum Persalinan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bumil, Ini 5 Daftar Persiapan Sebelum Persalinan

Bumil, Ini 5 Daftar Persiapan Sebelum Persalinan

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 September 2022

“Ada beberapa daftar persiapan melahirkan yang sebaiknya ibu penuhi sebelum persalinan tiba. Salah satunya adalah dengan membuat rencana persalinan.”

Bumil, Ini 5 Daftar Persiapan Sebelum PersalinanBumil, Ini 5 Daftar Persiapan Sebelum Persalinan

Halodoc, Jakarta – Setelah mengandung selama sembilan bulan, persalinan merupakan momen yang paling ditunggu oleh para pasangan suami istri. Khususnya para pasutri yang telah menantikan kehadiran anak, dalam waktu yang lama. 

Kendati demikian, hari persalinan juga memerlukan persiapan yang matang, agar berjalan secara optimal. Bahkan, persiapannya juga perlu dipikirkan matang-matang dari sebelum hari persalinan tiba. Maka dari itu, pastikan untuk mengetahui apa saja daftar persiapan sebelum persalinan. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di sini! 

Daftar Persiapan Sebelum Persalinan

Berikut adalah beberapa daftar persiapan melahirkan yang sebaiknya ibu penuhi sebelum persalinan: 

1. Buat Rencana Persalinan

buat rencana persalinan

Rencana persalinan merupakan catatan tertulis tentang apa yang ibu inginkan terjadi sebelum dan sesudah persalinan. Sebab, merencanakan segala hal mendasar mengenai persalinan bisa membantu ibu untuk lebih siap menghadapi proses tersebut. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah persalinan, antara lain: 

  • Mengetahui kapan harus pergi ke rumah sakit untuk persalinan. 
  • Tentukan preferensi ibu mengenai cara melahirkan atau posisi melahirkan yang ingin dilakukan.
  • Membuat pengaturan bila ibu berencana untuk menyumbangkan darah tali pusat ibu.

2. Memilih Lokasi Persalinan

memilih lokasi persalinan

Daftar persiapan yang juga perlu dipenuhi adalah memilih lokasi persalinan. Meski terkesan sepele, nyatanya hal ini sangatlah penting untuk memastikan persalinan berjalan dengan nyaman. 

Nah, ibu dapat memilih lokasi persalinan seperti bidan, atau rumah sakit ibu dan anak dengan beberapa pertimbang. Contohnya seperti jarak dari rumah ke lokasi, berapa biayanya, hingga fasilitas apa saja yang dapat diperoleh dari setiap lokasi. Pastikan juga untuk memilih dokter persalinan yang sekiranya cocok untuk ibu. 

3. Pastikan Istirahat Terpenuhi 

istirahat

Cukup tidur di trimester ketiga dapat membantu ibu merasa beristirahat dan segar. Jadi, cobalah untuk memastikan kalau waktu tidur terpenuhi dengan baik. Selain itu, tidur yang cukup tentunya juga dapat mengatasi stres atau cemas sebelum persalinan. Jika ibu sulit tidur, cobalah untuk melakukan olahraga intensitas ringan seperti berjalan kaki di sore hari. 

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

mengkonsumsi makanan sehat

Persalinan membutuhkan banyak energi dan kondisi tubuh yang prima. Karena itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, hingga hari persalinan akan tiba. Ibu bisa mengonsumsi beberapa makanan sehat yang padat nutrisi namun rendah lemak. Contohnya seperti yoghurt, ikan salmon, kacang-kacangan, sayuran hijau, hingga biji-bijian. 

5. Persiapkan Tas Persalinan

persiapkan tas persalinan

Mempersiapkan tas untuk persalinan setidaknya dapat ibu siapkan seminggu sebelum tanggal perkiraan persalinan. Nah, pastikan untuk membawa segala hal penting yang dibutuhkan. 

Misalnya seperti bra menyusui, bantalan payudara, peralatan mandi, baju ganti yang longgar dan nyaman, hingga kaus kaki. Di samping itu, ibu juga perlu membawa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan oleh bayi. Mulai dari popok, selimut bayi, baju bayi, hingga minyak telon dan lain-lain. 

Itulah beberapa daftar persiapan sebelum persalinan yang perlu ibu penuhi. Mulai dari membuat rencana persalinan, memilih lokasi persalinan, memastikan istirahat terpenuhi, hingga mempersiapkan tas persalinan.  

Sebenarnya persiapan melahirkan dapat dilakukan kapan saja menjelang waktu persalinan. Namun, akan lebih baik untuk mempersiapkannya dari jauh-jauh hari sebelum persalinan. Sebab, persiapan yang lebih matang tentunya dapat membantu melancarkan persalinan, sehingga prosesnya akan berjalan lebih optimal.

Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar persalinan, atau memiliki keluhan kesehatan selama mengandung, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Pregnancy Birth Baby.Au. Diakses pada 2022. Preparing for the birth. 
What to Expect. Diakses pada 2022. 12 Ways You Can Prepare for Labor. 
Halodoc. Diakses pada 2022. 5 Persiapan Untuk Menyambut Persalinan.