30 August 2017

Cantik dengan Dermaroller? Kenali Dulu Metodenya

Cantik dengan Dermaroller? Kenali Dulu Metodenya

Halodoc, Jakarta - Bekas jerawat yang membandel kadang membuat jengkel karena tak kunjung hilang. Cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan melakukan perawatan khusus di dokter atau salon kecantikan. Kini ada metode yang dianggap ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang mengganggu. Perawatan dermaroller disebut-sebut sebagai salah satu cara yang tepat untuk mengatasi bekas jerawat dan flek. Namun, sebelum melakukan jenis perawatan dermaroller, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Apa itu Dermaroller?
Untuk mengatasi masalah bekas jerawat, perawatan dermaroller dilakukan dengan cara menggunakan roller kecil. Roller ini dilengkapi dengan jarum-jarum yang sangat kecil. Lalu roller ini akan dijalankan di atas permukaan wajah atau di bagian tertentu yang diinginkan. Biasanya pada bekas jerawat atau luka yang cukup dalam. Jarum-jarum kecil pada roller ini akan “melukai” kulit sehingga merangsang produksi kolagen dan regenerasi kulit. Luka di permukaan kulit wajah inilah juga yang menjadi jalan masuk bagi serum kulit. Jadi bisa dibilang bahwa perawatan jenis dermaroller ini dilakukan dengan cara melukai untuk merangsang kulit terlebih dahulu sebelum akhirnya kulit akan meregenarisi dengan sendirinya.

Meskipun dermaroller merawat kulit dengan cara melukai terlebih dahulu, namun kamu enggak perlu khawatir. Luka akibat dermaroller ini tidak menimbulkan bekas luka dan akan menutup dengan sendirinya. Setelah melakukan perawatan ini, permukaan kulit wajah akan terlihat kemerahan yang akan berlangsung sekitar satu jam. Nah, agar kulit kembali mulus kamu perlu melakukan perawatan dermaroller ini sebanyak 4 hingga 6 kali perawatan.

Dokter Bruno Amendola dikutip dari Haute Living mengatakan bahwa ia merekomendasikan terapi dermaroller untuk pasien yang ingin menyamarkan bekas jerawat, kulit rusak akibat matahari, stretch marks, garis halus dan keriput. Menurut dokter yang sudah berpengalaman selama 20 tahun di dunia kecantikan ini, perawatan dermaroller akan merangsang regenerasi kulit dan membuatnya memperbaiki diri secara alami. Ini karena dermaroller dilengkapi dengan jarum yang berukuran mikro.

Untuk melakukan perawatan dermaroller perlu diketahui bahwa sangat penting agar proses perawatan ini berada di lingkungan yang steril. Oleh karena itu tidak disarankan untuk sembarang melakukan perawatan dermaroller di sembarang tempat atau bahkan di rumah karena dikhawatirkan tidak steril. Sebaiknya, perawatan dermaroller dilakukan di klinik dengan dokter atau ahli kecantikan profesional. Dengan begini risiko iritasi dan penularan berbagai jenis penyakit yang tidak diinginkan dapat dicegah.

Proses Perawatan Dermaroller
Sebelum melakukan perawatan dermaroller, kulit wajah akan diolesi krim anestesi dan didiamkan selama satu jam. Kemudian roller yang sudah dipasangi jarum-jarum mikro akan diijalankan berkali-kali pada permukaan kulit hingga berwarna kemerahan dan mengeluarkan sedikit bercak darah. Setelah itu, wajah akan diolesi recovery cream (yang biasanya berupa serum) agar kulit wajah yang luka bisa sembuh kembali.

Pasca Perawatan Dermaroller
Dokter Sach Mohan, seorang ahli kulit dan kecantikan menyatakan bahwa setelah melakukan perawatan dermaroller kulit akan lebih rentan dan sensitif selama beberapa hari. Untuk itu sebaiknya mencuci wajah dengan air tanpa sabun hingga bercak kemerahan di kulit hilang. Selain itu, hindari juga penggunaan makeup dan gunakan pelembab dengan SPF 50 untuk melindungi kulit dari sinar matahari.


Untuk hasil terbaik perawatan kulit dengan dermaroller, sebaiknya bicarakan masalah kulit pada dokter dan ahli kecantikan yang tepat. Terutama untuk perawatan dermaroller ini tidak boleh dilakukan sembarangan karena dapat menyebabkan iritasi. Jika kamu butuh saran dari dokter kecantikan, gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara langsung dengan dokter. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat di aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang kamu butuhkan melalui Halodoc. Cukup order dan pesanan kamu pun akan langsung diantar ke tempat tujuan. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.