23 November 2017

Cara Bersihkan Kulit Kepala Bayi dari Kerak

Cara Bersihkan Kulit Kepala Bayi dari Kerak

Halodoc, Jakarta – Tidak semua ibu newborn langsung berani emandikan Si Kecil. Terkadang untuk beberapa hari pertama, ibu akan membutuhkan bantuan dari perawat, bidan, atau bahkan meminta tolong pada orang yang sudah lebih ahli untuk memandikan Si Kecil.

Setelah terlatih memandikan Buah Hati yang baru lahir, muncul kekhawatiran kedua yang biasa juga dirasakan oleh ibu. Membersihkan kulit kepala bayi bukanlah hal yang mudah, karena kulitnya masih sensitive, jadi ibu harus berhati-hati membersihkannya. Pada kulit bayi terdapat sisa lapisan (venix) yang belum bersih. Venix ini juga biasa cradle cap yang kalau tidak langsung dibersihkan bisa membuat lapisan ini menempel dan mengendap. Akhirnya, cradle cap ini pun akan mengeras lalu menjadi kerak. Tak hanya disebabkan oleh venix, cradle cap juga bisa disebabkan oleh sisa sampo. Jika ibu tidak membilas sampo dengan bersih maka dapat menyisakan kerak.

 Seperti halnya orang dewasa, Buah Hati ibu ini juga memiliki kelenjar lemak yang memproduksi minyak. Kalau produksi minyak  ini tidak dibersihkan atau jarang dibersihkan maka otomatis kotoran akan mudah menempel di kulit kepala. Akhirnya, kotoran ini menjadi kerak yang menempel di kulit kepala dan sulit dihilangkan.

 

Cara Membersihkan Kerak di Kulit Kepala Bayi

Tidak Mudah membersihkan kerak di kulit kepala Buah Hati ibu. Kulit serta kepala bayi masih rentan dan sensitif, sehingga ibu perlu sangat berhati-hati dalam membersihkannya. Ini dilakukan agar, kulit tidak iritasi dan bayi pun merasa nyaman ketika kerak dibersihkan dari kepalanya.

Agar bisa membersihkan kerak di kulit bayi dengan cara yang tepat, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Gunakan Baby Oil

Baby oil adalah salah satu peralatan bayi yang sudah pasti ada di rumah. Untuk menghilangkan kerak, tuangkan baby oil secukupnya di telapak tangan lalu balurkan ke kulit kepala bayi sambil diberi pijatan selembut mungkin. Diamkan setidaknya selama 12 jam agar kerak di kulit kepala menjadi lunak dan nantinya akan mudah dibersihkan. Baby oil memang tidak membuat kerak mengelupas dengan sendirinya, namun dapat lebih mudah membuatnya “terlepas” dari kulit kepala.

2. Gunakan Sisir Tumpul

Ibu bisa menggunakan sisir dengan gerigi yang tumpul untuk menyisir rambut Si Kecil. Menyisir rambut bayi ini bertujuan untuk mengangkat kerak yang melunak karena sudah dibalur dengan baby oil semalaman. Selain tumpul, perhatikan juga gerigi sisir rapat sehingga dapat mengelupas kerak dari kulit kepala bayi dengan lebih mudah.

3. Gunakan Sampo

Setelah menggunakan baby oil dan disisir, sebaiknya tunggu sehari hingga keesokan harinya untuk mencuci rambut bayi. Pilih sampo dengan kandungan yang lembut, lalu aplikasikan lembut untuk membersihkan rambut dan kulit kepala bayi. Lakukan dengan perlahan untuk mengangkat sisa kerak yang menempel. Setelah itu bilas rambut hingga benar-benar bersih agar sampo tidak tertinggal di kulit kepala. Sampo yang tidak dibilas bersih nantinya bisa menimbulkan kerak baru di kepala.

 

Itulah cara mudah bagi ibu jika ingin menghilangkan kerak pada kulit kepala bayi. Yang perlu diperhatikan dalam membersihkan kerak kepala bayi adalah tidak mengelupas kerak dalam keadaan kulit kepala kering. Tindakan ini bisa membuat kulit bayi iritasi. Jadi cara paling tepat adalah dengan menggunakan baby oil yang berfungsi untuk melunakan dan melembabkan kulit.

Untuk membersihkan kerak di kulit kepala bayi ini, tidak bisa dilakukan dalam sekali coba. Ibu butuh beberapa kali dan sebaiknya tidak dipaksakan. Jika ibu membutuhkan arahan dan tips yang lebih baik dari dokter, ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc sebelum melakukannya. Melalui Halodoc, ibu bisa berbicara dengan dokter melalui Voice/Video Call  dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan akan diantarkan ke lokasi tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google App.