• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menanamkan Pola Makan Sehat pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menanamkan Pola Makan Sehat pada Anak

Cara Menanamkan Pola Makan Sehat pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 November 2021
Cara Menanamkan Pola Makan Sehat pada Anak

“Hal-hal baik tentu harus dibiasakan sejak dini. Termasuk saat menanamkan pola makan sehat berikut pola hidup sehat. Ini, tentunya, akan mengajarkan anak bagaimana sebaiknya kebiasaan makan dilakukan.”

Halodoc, Jakarta – Anak-anak memainkan peran penting dalam menentukan masa depan suatu negara. Guna memastikan masa depan yang cerah, sangat penting untuk merawat dan menyediakan fasilitas serta kesempatan bagi anak-anak untuk berkembang dengan kondisi kesehatan yang baik. Terkait dengan kesehatan dan kesejahteraan, diet merupakan faktor yang krusial.  

Pasalnya, melalui kebiasaan makan yang baik, kesehatan tubuh akan muncul secara alami dan bertahan dalam waktu yang lama. Sayangnya, tak banyak orangtua yang menyadari bahwa pola makan sehat yang diikuti dengan pola hidup sehat sangat penting ditanamkan pada anak sejak dini. Jadi, mereka akan bertumbuh menjadi generasi penerus yang baik dan tentunya dengan tubuh yang sehat.

Cara Menanamkan Pola Makan Sehat pada Anak

Lalu, bagaimana pola asuh anak yang bisa dilakukan orangtua untuk membiasakan pola makan sehat kepada sang buah hati? Beberapa tips berikut tak ada salahnya untuk dicoba:

  • Tidak Melewatkan Waktu Sarapan

Sarapan dianggap sebagai salah satu hal penting. Sayangnya, gaya hidup yang sibuk cenderung membuat sarapan menjadi hal yang sulit dibiasakan. Padahal, menanamkan kebiasaan untuk sarapan selama tahap pertumbuhan akan memungkinkan anak-anak untuk menyantap makan pagi yang sehat setiap hari.

Tentunya, hal ini akan berdampak baik pada tubuhnya. Ia tidak akan mudah mengantuk, perut tidak kosong, lebih mudah fokus, dan tidak kalap ketika jam makan siang tiba. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga tentu akan sangat berbahaya bagi sistem pencernaannya.

  • Jangan Lupa Minum Air Putih

Meski terdengar mengejutkan, tetapi kebanyakan orang tidak memiliki kebiasaan minum air putih. Padahal, sangat penting untuk tetap terhidrasi dan hal tersebut adalah kebiasaan yang harus ditanamkan sejak kecil. Mengganti air putih dengan minuman lain, seperti soda atau jus saat makan justru menjadi kebiasaan umum.  

Namun, tak hanya menambah asupan gula yang tidak sehat, kebiasaan mengonsumsi minuman tersebut juga meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang. Oleh karena itu, penting untuk membatasi asupan minuman tinggi gula dan minum air putih sebagai minuman utama.

  • Buat Memasak Jadi Aktivitas yang Menyenangkan

Jadikan anak-anak bagian dari proses persiapan makanan sehingga mereka merasa dilibatkan dan bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang mereka makan. Ibu perlu tahu bahwa memasak bisa menambah unsur kesenangan saat makan. Tak hanya itu, menanamkan kebiasaan memasak pada anak selama masa pertumbuhan akan mencegah mereka mengasosiasikan memasak dengan pekerjaan yang membosankan. Hal ini, tentu saja akan mendorong anak untuk lebih banyak mengonsumsi makanan rumahan. 

  • Konsumsi Camilan Sehat

Camilan dapat membantu mengatasi rasa lapar yang mengganggu di tengah hari. Anak-anak cenderung mudah lelah dan lapar. Sayangnya, beberapa orang tua menahan diri untuk tidak memberikan makanan ringan kepada anak-anak karena khawatir mereka akan kehilangan nafsu makan. Padahal, makanan ringan yang sehat dapat menjadi kebiasaan makan yang baik dan menambah kesehatan anak-anak dengan meningkatkan asupan nutrisi harian.

  • Hindari Pemberian Makanan Manis sebagai Hadiah

Jangan mengasosiasikan makanan manis dan permen dengan hadiah. Misalnya, anak akan mendapatkan makanan manis hanya jika mereka menghabiskan makanan utama. Pasalnya, hal ini akan menjadi kebiasaan dan anak akan percaya bahwa sayuran adalah makanan yang buruk dan makanan penutup adalah makanan yang baik.

Hal ini membuat konsumsi makanan tertentu menjadi terpaksa dan rawan dihindari oleh anak-anak. Guna menghindari hal ini terjadi, berhentilah menggunakan makanan manis sebagai hadiah dan jadikan makanan tersebut bagian dari menu sehingga mereka tidak punya pilihan.

Nah, itu tadi cara mudah yang bisa ibu coba saat sedang mengajarkan pola makan sehat untuk anak. Jika anak mengalami masalah makan, ibu bisa bertanya langsung pada dokter ahli anak untuk mendapatkan penanganan terbaik. Pakai saja aplikasi Halodoc, ibu bisa download dengan mudah melalui App Store maupun Play Store.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Timesnownews.com. Diakses pada 2021. Children’s day 2021: Inculcating healthy eating habits in kids.