• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Menangani Batuk Berdahak pada Ibu Menyusui

3 Cara Menangani Batuk Berdahak pada Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Batuk berdahak bisa sangat mengganggu, apalagi jika menyerang ibu yang tengah menyusui. Saat kondisi ini terjadi, ibu mungkin berpikiran untuk mengonsumsi obat agar Si Kecil tidak ikut tertular. Namun hati-hati, ibu yang tengah dalam masa menyusui sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi obat. Pasalnya, kandungan di dalam obat yang dikonsumsi mungkin akan sedikit mengontaminasi ASI yang akhirnya tertelan anak. 

Sebelumnya perlu diketahui, batuk berdahak merupakan jenis batu yang terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Pada batuk berdahak, sebenarnya batuk ini bertujuan mendorong lendir dari sistem pernapasan, sehingga pengidapnya bisa bernapas lebih mudah. Kondisi ini merupakan respon tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Meski begitu, batuk juga bisa muncul sebagai tanda dari penyakit tertentu.

Baca juga: Sering Batuk Berdahak, Apa Penyebabnya?

Obat Batuk Berdahak untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi obat batuk. Ada yang menyebut bahwa ibu menyusui harus menghindari obat batuk yang mengandung potassium iodide sebagai ekspektoran pada obat batuk. 

Sebab kandungan obat ini bisa diserap ke dalam ASI dan meningkatkan risiko penghambatan fungsi tiroid pada bayi. Maka dari itu, ibu menyusui sebaiknya selalu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat batuk ataupun obat lainnya.

Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter dengan lebih mudah. Sampaikan keluhan batuk berdahak selama menyusui dan dapatkan rekomendasi pengobatan terbaik dari ahlinya. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: Begini Cara Memilih Obat Batuk untuk Ibu Menyusui

Namun jika batuk berdahak yang muncul masih tergolong ringan, disarankan untuk tidak panik dan langsung minum obat. Ibu menyusui bisa mencoba untuk meredakan batuk berdahak secara alami. Cara yang bisa dicoba adalah dengan cukup minum air putih, beristirahat, dan melakukan terapi uap, serta berkumur dengan air garam. Selain  itu, ada berbagai ramuan dan bahan alami lain yang bisa dicoba untuk mengatasi batuk pada ibu menyusui, di antaranya: 

  • Madu

Salah satu bahan alami yang paling sering dimanfaatkan untuk meredakan batuk adalah madu. Oleh karena bersifat alami, bahan yang satu ini tentu akan lebih aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kandungannya bisa menjadi obat batuk untuk ibu menyusui yang sangat aman dikonsumsi. 

Konsumsi madu untuk mengatasi gejala batuk bisa dilakukan secara langsung atau dengan mencampurkannya pada satu gelas teh hangat. Ramuan obat batuk yang bisa dicoba adalah satu sendok madu alami dicampur ke dalam segelas teh hangat tanpa gula, kemudian tambahkan perasan lemon. Minuman ini disebut ampuh untuk melegakan tenggorokan. 

  • Jeruk Nipis dan Kecap

Campuran jeruk nipis dan kecap manis sudah dikenal sebagai obat alami yang dapat meredakan batuk berdahak. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis dapat melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan dan berkhasiat mengatasi suara serak akibat batuk. 

  • Nanas

Saat batuk berdahak menyerang, ibu bisa coba untuk mengonsumsi buah nanas. Buah yang satu ini mengandung bromelain yang diduga dapat membantu mengeluarkan lendir dari dalam tenggorokan, serta meredakan batuk.

Baca juga: Obat Batuk yang Aman dan Alami untuk Ibu Menyusui

Selain dengan konsumsi bahan alami, barengi juga dengan membuat tubuh lebih nyaman dan mandi dengan air hangat. Nyatanya, hal ini bisa membantu melegakan pernapasan dan membuat gejala batuk mereda. Ibu juga akan menjadi lebih nyaman dan bisa menyusui tanpa merasa khawatir. Namun jika tubuh sudah terasa sangat lelah, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk menyusui langsung dan beristirahatlah. Sebagai gantinya, ibu bisa memompa ASI dan minta bantuan suami atau keluarga untuk memberikannya pada bayi. 

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2020. Breastfeeding and Medicines.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Breast-feeding and Medications: What's Safe?
Healthline. Diakses pada 2020. The Best Natural Cough Remedies.
Web MD. Diakses pada 2020. Potassium Iodide Solution.