• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengasuh Anak yang Mengidap Sindrom Down

Cara Mengasuh Anak yang Mengidap Sindrom Down

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Mengasuh Anak yang Mengidap Sindrom Down

Halodoc, Jakarta - Anak yang mengidap sindrom Down perlu perlakuan khusus. Sindrom ini adalah kondisi keterbelakangan fisik dan mental, akibat kelainan genetik kromosom 21. Sering kali, orangtua merasa bingung tentang bagaimana cara mengasuh anak yang mengidap sindrom Down?

Sebenarnya, cara mengasuh anak dengan sindrom Down tidak berbeda dengan anak lainnya. Hanya saja, orangtua perlu banyak mencari informasi yang tepat tentang sindrom ini, dengan bertanya pada dokter atau orangtua yang juga memiliki anak yang mengidap sindrom Down. Pemahaman tentang sindrom ini sangat penting, agar orangtua tahu cara menghadapi anak. 

Baca juga: Mengenal Sindrom Down Lebih Dalam

Begini Cara Mengasuh Anak dengan Sindrom Down

Meskipun membutuhkan perhatian lebih, cara mengasuh anak yang mengidap sindrom Down sebenarnya sama saja dengan anak pada umumnya. Berikut ini hal yang penting untuk diingat, yaitu: 

1.Cintai Anak Sebagaimana Mestinya

Setiap anak punya keunikan masing-masing. Meski ada beberapa hal unik yang membuat anak yang mengidap sindrom Down terlihat berbeda, ia tetaplah anak-anak. Jadi, perlakukan dan cintai ia sebagaimana mestinya. 

2.Hindari Membanding-bandingkan

Jangan membanding-bandingkan anak yang mengidap sindrom Down dengan anak lain seusianya, atau dengan saudara kandungnya. Biarkan anak tumbuh dan berkembang dengan keunikannya, sambil terus memberinya stimulasi, yang sama seperti anak pada umumnya. Jika anak membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai milestone tertentu bukan menjadi masalah. Nikmati saja prosesnya.

Baca juga: Memilih Pendidikan yang Tepat Bagi Anak Sindrom Down

3.Pahami Emosi Anak

Meski terlihat selalu menunjukkan wajah ceria, bukan berarti anak yang mengidap sindrom Down tidak bisa merasakan emosi. Sama seperti anak-anak seusianya, ia bisa marah, merengek, kesal, sedih, dan senang. Kenalilah emosi anak dan pahami apa yang mereka rasakan. 

4.Selalu Tanamkan Nilai-Nilai Positif

Memiliki anak yang mengidap sindrom Down bukan berarti akhir dari dunia. Fokuslah pada hal positif dan temukan kelebihan-kelebihan anak, karena setiap anak pasti memilikinya. Meski hari-hari harus dihabiskan dengan terapi dan kunjungan ke dokter, tetaplah jadi orangtua yang selalu menanamkan nilai-nilai positif pada anak. 

Itulah tips mengasuh anak yang mengidap sindrom Down. Memang akan terasa lebih melelahkan, karena harus memenuhi jadwal kunjungan anak ke dokter dan menjalani terapi. Maka, orangtua perlu lebih sabar dan kuat menjalaninya. Namun, jika terasa berat, jangan ragu untuk meminta bantuan pasangan, orangtua, atau anggota keluarga lainnya, dalam mengasuh anak. 

Baca juga: 4 Faktor Risiko Penyebab Memiliki Anak dengan Down Syndrome

Selain itu, penting juga untuk memerhatikan kebutuhan diri sendiri, agar tetap sehat dan bisa mengasuh anak yang mengidap sindrom Down dengan maksimal. Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan luangkan waktu untuk me time atau sekadar istirahat ketika merasa lelah. 

Perhatikan juga kesehatan diri sendiri, dengan menjalani pola makan sehat, istirahat yang cukup, dan olahraga rutin. Jika merasa tidak enak badan, segera download aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter, kapan dan di mana saja. 

Temukan juga teman untuk berbagi. Misalnya dengan berteman dengan orangtua yang juga memiliki anak yang mengidap sindrom Down, untuk berbagi kekhawatiran dan saling menguatkan. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Parenting a Child With Down Syndrome.
Parents. Diakses pada 2020. 7 Life Lessons From Raising a Child With Down Syndrome.
Pregnancy Birth Baby. Diakses pada 2020. Caring for a child with Down syndrome.